Profil Budi Arie Setiadi, Wamendes yang Akan Dilantik Presiden Jokowi Jadi Menkominfo Gantikan Johnny G Plate

Cek artikel berikut ini untuk mengetahui profil Wamendes saat ini Budi Arie Setiadi yang dikabarkan akan menjadi Menkominfo baru.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 17 Jul 2023, 11:29 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2023, 08:31 WIB
'Banyak Pilihan Untuk Jokowi'
Ketua Umum DPP Projo Budi Arie Setiadi berbicara saat diskusi polemik bertajuk 'Banyak Pilihan Untuk Jokowi' di Jakarta, Sabtu (7/2/2015). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Nama Wamendes Budi Arie digadang-gadang akan menjadi salah satu sosok yang akan dilantik oleh Presiden Jokowi pada hari ini, Senin (17/7/2023) pukul 10.00 WIB di Istana Negara. Menurut kabar yang beredar, Budi akan dilantik menjadi Menteri Kominfo (Komunikasi dan Informatika).

Ia disebut akan menggantikan Johnny G. Plate, Menkominfo sebelumnya yang menjadi tersangka kasus korupsi BTS 4G. Sementara posisi Budi Arie sebagai Wamendes dikabarkan akan diisi oleh Paiman Raharjo.

Sebelum menjabat sebagai Wamendes, Budi Arie sendiri dikenal sebagai Kooordinator Nasional Relawan PROJO (Pro Jokowi) pada 2013 hingga 2014. Lalu dari 2014 hingga saat ini, ia merupakan Ketua Umum DPP PROJO.

Sejak kuliah, Budi Arie memang dikenal sebagai sosok yang aktif berorganisasi. Mengutip informasi dari situs Kemendes, Budi yang menempuh pendidikan di jurusan Ilmu Komunikasi UI ini telah bergabung dengan beberapa organisasi kemahasiswaan.

Ia pernah menjadi Ketua Forum Studi Mahasiswa UI pada 1992, lalu menjadi Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa FISIP UI di 1994. Budi juga diketahui aktif di organisasi pers mahasiswa dengan menjadi Redaksi Pelaksana Suara Mahasiswa UI pada 1993.

Pada 1994, ia juga pernah menjadi Presidium Senat Mahasiswa UI. Usai mendapat gelar S1 pada 1996, dia menyelesaikan studi paska sarjana di Managemen Pembangunan Sosial UI dan lulus tahun 2006.

Saat ini, Budi Arie Setiadi juga terpilih menjadi ketua ILUNI FISIP UI periode 2022-2025. Budi juga diketahui pernah menjadi wartawan dan redaksi mingguan Kontan mulai tahun 1996 hingga 2001

Pria kelahiran 20 April 1969 ini pun sempat menjadi pendiri harian Bergerak pada 1998. Tidak hanya itu, ia pernah menjadi sebagai Direktur Utama sejumlah perusahaan.

Dalam karir politiknya, Budi diketahui pernah menjabat sebagai Wakil Ketua PDI Perjuangan DKI Jakarta dan Ketua Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta.


Jokowi Reshuffle Kabinet Hari Ini, Ketum Projo Dikabarkan Jadi Menkominfo

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat sambutan Peringatan Hari HAM Sedunia Tahun 2021 pada 10 Desember 2021. (Dok Sekretariat Kabinet RI)

Perlu diketahui, Presiden Jokowi dijadwalkan akan melantik sejumlah anggota Kabinet Indonesia Maju, termasuk Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di Istana Negara, Senin (17/7).

"Benar, besok (Senin) pagi akan ada pelantikan oleh Bapak Presiden," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin.

Berdasarkan sumber Liputan6.com di lingkaran pemerintahan, Jokowi akan melantik satu menteri, empat wakil menteri, dan satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi dikabarkan menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Budi Arie yang juga Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) menjadi Menkominfo menggantikan Johnny G.Plate yang menjadi tersangka kasus korupsi Base Transceiver Station (BTS) 4G. Posisi Budi Arie sebagai Wamendes dikabarkan akan diisi oleh Paiman Raharjo.

Jokowi juga akan melantik mantan wartawan Nazer Patria sebagai Wamenkominfo. Dia saat ini menjabat sebagai Staf Khusus V Menteri BUMN.

Kemudian, Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury akan dilantik menjadi Wakil Menteri Luar Negeri. Posisi Pahala akan digantikan oleh pengusaha sekaligus Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS), Rosan Roeslani.

Sementara itu, anggota Majelis Kehormatan PPP Djan Faridz akan dilantik menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Budi Arie sendiri tak mau berbicara banyak soal kabar dirinya akan mengisi posisi Menkominfo. Dia menunggu pengumuman langsung dari Presiden Jokowi.

"Kami menunggu pengumuman dari Presiden. Karena itu hak preogratif Presiden," ucap Budi Arie saat dikonfirmasi, Minggu (16/7/2023).  


Nama Sudah Dikantongi

Jokowi Pimpin Rapat Terbatas
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Rapat terbatas perdana dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju itu mengangkat topik Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Perekonomian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku sudah mengantongi nama Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) definitif pengganti Johnny G.Plate yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi. Dia masih menunggu hari yang tepat untuk melantik Menkominfo.

"Sudah (namanya). Tapi nunggu," kata Jokowi di Pasar Palmerah Jakarta, Senin (26/6/2023).

"Nunggu hari," sambungnya

Adapun posisi Menkominfo saat ini dijabat Menko Polhukam Mahfud Md sebagai Pelaksana Tugas (Plt). Jokowi sendiri tak mengungkapkan siapa sosok yang akan mengisi posisi Menkominfo.

"Belum belum. Nanti kalau sudah waktunya akan segera diselesaikan," ujarnya.

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya