Apple Mau Setop Produksi iPhone 13 Mini Setelah iPhone 15 Rilis

Apple dikabarkan akan menghentikan produksi dan penjualan iPhone 13 Mini seiring dengan kehadiran iPhone 15 series.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 12 Sep 2023, 19:00 WIB
Diterbitkan 12 Sep 2023, 19:00 WIB
iPhone 13 Mini
iPhone 13 Mini. Dok: Apple

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah orang suka dengan smartphone berlayar besar karena bisa menampilkan hiburan lebih luas di perangkat. Namun, ada juga yang lebih suka dengan smartphone layar kecil.

Nah, Apple dalam beberapa tahun lalu meluncurkan seri iPhone yang memiliki ukuran kecil. Misalnya di iPhone 13 mini yang rilis dua tahun lalu.

Kini dua tahun sejak peluncurannya, Apple dikabarkan berencana untuk menghentikan produksi iPhone 13 mini. Hal ini dilakukan seiring dengan rencana peluncuran iPhone 15 series pada 12 September 2023.

Informasi ini berdasarkan keterangan dari Mark Gurman dari Bloomberg. Sebagaimana dikutip dari XDA Developer, Selasa (12/9/2023), Gurman bilang saat ini stok iPhone 13 Mini terus berkurang.

Oleh karenanya, butuh waktu setidaknya dua hingga tiga minggu pengiriman unit bagi mereka yang memesan iPhone 13 Mini di toko online Apple di Amerika Serikat.

Ia berpendapat, minimnya stok ini bisa jadi mulai berakhirnya penjualan iPhone 13 Mini. Di mana, Apple akan menghentikan penjualan iPhone 13 Mini setelah iPhone 15 series diluncurkan.

Penjualan model iPhone 13 Mini memang tak begitu menggembirakan sejak dirilis dua tahun lalu. Hal ini bisa jadi alasan kuat bagi Apple untuk menghentikan model Mini.

 


iPhone versi Mini Tak Begitu Laku

iPhone 13
Spesifikasi iPhone 13 dan iPhone 13 Mini. (Doc: Apple)

Sebelumnya, buruknya angka penjualan juga menjadi pemicu Apple menyetop produksi iPhone Mini setahun setelah resmi dirilis.

Karena penerimaan konsumen yang buruk terhadap iPhone versi Mini, Apple bahkan tidak merilis iPhone 14 Mini tahun lalu. Ke depan, mungkin Apple tak lagi merilis iPhone versi Mini, setidaknya sampai ada permintaan yang kuat untuk ponsel dengan layar lebih kecil.

Terlepas dari itu, dihentikannya iPhone 13 Mini membuat pengguna hanya memiliki opsi iPhone model SE sebagai satu-satunya pilihan iPhone dengan harga lebih terjangkau (entry level).

Namun, kemungkinan besar pengguna tidak akan mendapatkan iPhone layar 5,4 inci pada iPhone SE 4 mendatang. Pasalnya, rumor menyebut bahwa Apple menyiapkan layar 6,1 inci untuk iPhone SE mendatang.

 


Jadwal Peluncuran iPhone 15

Catat! iPhone 15 Akan Diumumkan di Apple Event 12 September 2023
Catat! iPhone 15 Akan Diumumkan di Apple Event 12 September 2023. (Doc: Apple)

Sementara itu, Apple secara resmi bakal meluncurkan smartphone teranyar mereka, iPhone 15 melalui gelaran Apple Event pada Selasa, 12 September 2023 waktu setempat.

Dalam keterangan di situs resminya, Apple Event 2023 akan diselenggarakan pada 12 September pukul 10.00 Waktu Pasifik, atau pada Rabu, 13 September jam 00.00 Waktu Indonesia Barat.

Untuk tahun ini, Apple Event 12 September 2023 mengusung tagline "Wonderlust", plesetan kata "wanderlust" yang berarti keinginan kuat untuk bepergian.

Kemungkinan hal ini diterjemahkan sebagai "keinginan kuat untuk dibuat kagum" dengan deretan HP iPhone 15 series ini, sebagaimana dikutip dari GSM Arena, Selasa (12/9/2023).

Seperti biasa, acara ini juga dapat disaksikan melalui live streaming yang disiarkan di kanal-kanal resmi milik Apple seperti YouTube Apple, Apple TV, dan Apple.com.


Link Nonton Peluncuran iPhone 15

iPhone 14 Pro Max
Generasi iPhone 14 akan segera diteruskan oleh iPhone 15 series. (unsplash/Victor Serban)

Berikut tautan atau link live streaming untuk peluncuran iPhone 15 di Apple Event pada 13 September 2023, pukul 00.00 WIB:

  • Apple.com: www.apple.com/apple-events/
  • Apple TV: tv.apple.com
  • YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=ZiP1l7jlIIA

Tak cuma jajaran iPhone 15 Series, mengutip 9to5mac, Apple kemungkinan juga akan meluncurkan lini smartwatch terbaru mereka yaitu Apple Watch Series 9, Apple Watch Ultra 2, serta AirPods Pro dengan USB-C

Pengumuman lain yang mungkin diungkap dalam Apple Event September ini adalah mengenai detail lebih lanjut dari iOS 17.

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya