Top 3 Tekno: Bocoran Desain Realme C67 hingga UU Kecerdasan Buatan di Eropa Bikin Penasaran

Pembaca kenal Tekno Liputan6.com penasaran dengan bocoran desain Realme C67 hingga UU kecerdasan buatan yang diterapkan di Eropa.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 12 Des 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 12 Des 2023, 12:00 WIB
Realme umumkan bahwa mereka akan merilis Realme C67 di Indonesia (Realme)
Realme umumkan bahwa mereka akan merilis Realme C67 di Indonesia (Realme)

Liputan6.com, Jakarta - Informasi seputar bocoran smartphone baru Realme C67 membuat penasaran pembaca kanal Tekno Liputan6.com pada Senin, 11 Desember 2023.

Artikel mengenai bocoran Realme C67 mengungkap tentang video teaser terbaru yang dibagikan perusahaan.

Lewat video itu, Realme seolah mau memberikan gambaran tentang desain dan fitur unggulan dari Realme C67.

Selain informasi bocoran tentang Realme C67, pembaca kanal Tekno Liputan6.com juga penasaran dengan kabar soal pemerintah yang memakai notifikasi untuk memata-matai pengguna Google dan Apple.

Bukan hanya itu, satu berita lainnya yang juga disorot pembaca adalah Eropa yang menjadi benua pertama di dunia yang merumuskan undang-undang tentang penggunaan AI alias kecerdasan buatan.

Berikut informasi selengkapnya tentang berita yang banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com, per Senin 11 Desember 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Desain HP Android Realme C67 Bocor di Medsos

Bocoran Realme C67
Teaser Realme C67. (X/Realme Indonesia)

Realme sedang bersiap untuk menggebrak pasar global dengan meluncurkan smartphone terbarunya, Realme C67.

Sebuah video teaser baru telah dibagikan oleh perusahaan, memberikan gambaran tentang desain dan fitur unggulan perangkat tersebut.

Dari cuplikan video, terlihatRealme C67 memiliki desain sangat tipis, dan tidak menggunakan bracket berbahan plastik seperti kebanyakan ponsel lainnya.

Desain belakang perangkat ini menampilkan modul kamera kapsul berukuran miini, memberikan sentuhan estetika menarik. Pilihan warna hijau juga dikonfirmasi dalam teaser.

Melansir GizmoChina, Senin (11/12/2023), peluncuran Realme C67 5G di pasar India dijadwalkan pada tanggal 14 Desember 2023.

Sementara itu, Indonesia akan menjadi tempat rilis global pertama HP ini. Kendati demikian, belum ada tanggal pasti yang dibagikan Realme mengenai peluncuran ini.

Dalam tampilan teaser versi India dan Indonesia, tampak perbedaan konfigurasi di bagian kamera di HP Android ini.

Di India, kamera Realme C67 menggunakan aksen bulat di sisi ujung atas, sementara di versi Indonesia menggunakan konfigurasi dua kamera dengan aksen Mini Capsule 2.0.

Meskipun harga resminya belum diumumkan, perkiraan menyebutkan bahwa banderol harganya akan berada di kisaran Rp 2 hingga 3 jutaan.

Simak informasi selengkapnya di sini.

 


2. Pemerintah Pakai Notifikasi untuk Mata-matai Pengguna Google dan Apple

iOS
Cara matikan notifikasi yang menganggu di perangkat iOS. (Doc: iMore)

Sebuah kabar mengejutkan diungkap oleh senator Amerika Serikat (AS), Ron Wyden. Ia mengatakan, pemerintah memata-matai pengguna ponsel di Amerika Serikat.

Mengutip Reuters, Senin (11/12/2023), pemerintah memata-matai pengguna Apple dan Google lewat notifikasi aplikasi.

Dalam surat senator Ron Wyden ke Departemen Kehakiman, dia mengatakan "agensi pemerintah di negara asing meminta data notifikasi dari Alphabet--induk Google--dan Apple."

Wyden menyebutkan, "karena notifikasi di smartphone, seperti email, update berita, dan media sosial itu dikirim melalui server Apple dan Google."

"Data tersebut berpotensi mengungkap informasi tentang bagaimana seseorang menggunakan aplikasi tertentu," jelas Ron Wyden dalam suratnya.

Ron Wyden sendiri mengungkap kekhawatirannya tersebut, dengan menyatakan Google dan Apple memiliki posisi penting memfasilitasi pemerintah untuk memata-mati pengguna.

Disebutkan, pemerintah dapat memaksa Apple dan Google menyerahkan data atau informasi ini, sama seperti mereka dapat dipaksa membagikan informasi sensitif lainnya.

Simak informasi selengkapnya di sini.

 


3. Eropa Jadi Benua Pertama yang Rumuskan UU Penggunaan AI

AI
Ilustrasi tools AI yang bisa digunakan untuk memudahkan proses pembuatan konten. (unsplash/Steve Johnson)

Uni Eropa (UE) mencapai kesepakatan bersejarah dengan merumuskan Undang-Undang kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), menjadikannya benua pertama yang mengatur penggunaan teknologi AI.

Kesepakatan ini memberikan kerangka aturan yang jelas untuk layanan AI, termasuk ChatGPT yang populer, seperti dikutip dari GizmoChina, Senin (11/12/2023).

Kendati sudah dirumuskan, rincian undang-undang (UU Penggunaan AI) ini masih harus diperjelas, dan diperkirakan akan berlaku pada tahun 2025 setelah melalui serangkaian penyempurnaan.

Eropa juga berupaya menetapkan standar global dalam regulasi AI setelah langkah awal pada 2021 kemarin. Seiring pertumbuhan pesat AI generatif, UU Penggunaan AI ini menjadi krusial dan harus terus diperbarui.

Undang-Undang AI UE tidak hanya tentang pembuatan aturan, tetapi juga menanggapi risiko yang ditimbulkan oleh AI, seperti kehilangan pekerjaan, pelanggaran privasi, dan potensi ancaman terhadap kehidupan manusia.

Simak informasi selengkapnya di sini.

Infografis Misi Peluncuran Satelit Indonesia Satria-1. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Misi Peluncuran Satelit Indonesia Satria-1. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya