Serunya Jelajahi Singapura Ala Warlok dengan Bantuan Galaxy AI di Samsung Galaxy S24 Ultra

Galaxy S24 Ultra hadirkan sederetan fitur berbasis AI yang memudahkan pengguna untuk berkomunikasi dengan orang asing di luar negeri hingga kemampuan edit foto untuk konten liburan. Seperti apa pengalaman kami, yuk simak di sini.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 06 Feb 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 06 Feb 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi Kota Singapura dijepret menggunakan smartphone Samsung (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)
Ilustrasi Kota Singapura dijepret menggunakan smartphone Samsung (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Jakarta - Galaxy AI yang tersemat pada Samsung Galaxy S24 series memudahkan pengguna dalam berbagai hal, termasuk saat sedang traveling atau bepergian ke luar negeri.

Deretan fitur berbasis AI yang bisa dipakai di Galaxy S24 Ultra membantu pengguna dalam hal komunikasi, menemukan lokasi dan informasi tentang landmark, sampai membantu pengguna hasilkan konten terbaik untuk diunggah ke medsos.

Kemampuan Galaxy AI memudahkan pengguna ini bukan sekadar gimmick Samsung belaka. Kami membuktikannya sendiri saat berjalan-jalan di Singapura, usai menyaksikan konser Coldplay di National Stadium beberapa waktu lalu.

Berbekal fitur-ftur berbasis Galaxy AI di Galaxy S24 Ultra, momen liburan singkat di Singapura pun jadi lebih efektif dan efisien. Yuk cek apa saja fitur yang bisa kamu pakai untuk memudahkan liburanmu.

1. Pakai Circle To Search with Google untuk Kenali Bangunan di Singapura

Salah satu fitur yang membantu saat kami berada di Singapura adalah Circle To Search with Google.

Selain untuk kepo pakaian atau tas lucu milik stranger yang tak sengaja bertemu di jalan, Circle To Search with Google juga bisa dipakai untuk berbagai keperluan lainnya.

Misalnya, kamu bisa mengetahui nama bangunan yang dilihat atau landmark tertentu ketika berjalan-jalan di Singapura atau negara lain yang dikunjungi.

Saat berjalan-jalan di Singapura misalnya, ada sebuah bangunan berkubah emas layaknya kubah masjid di area Jalan Bugis, Singapura, yang terlihat dari Jalan Victoria.

Penasaran dan ingin tahu apakah bisa numpang beribadah di dalamnya, Circle To Search with Google membantu kami mengetahui tempat seperti apa itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Pakai Circle To Search untuk Kenali Bangunan

Penampakan masjid di area Jalan Bugis Singapura
Penampakan masjid di area Jalan Bugis Singapura yang ingin dicari tahu melalui fitur Circle To Search with Google di Samsung Galaxy S24 Ultra (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Untuk mengenali bangunan tersebut pakai Circle To Search di Galaxy S24 Ultra, ini yang perlu dilakukan pengguna:

- Buka kamera HP Samsung Galaxy S24 Ultra.

- Arahkan kamera ke bangunan atau objek lain yang ingin diketahui.

- Selain dari kamera langsung, kamu juga bisa menggunakan Circle To Search dari gambar yang sudah ada di HP kamu. Misalnya kalau sebelumnya kamu sudah foto gambar tersebut.

- Tekan dan tahan tombol Home agak lama hingga tertutupi selubung transparan warna

<p>Penggunaan Circle To Search with Google di Samsung Galaxy S24 Ultra (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

- Buat bentuk lingkaran pada objek yang diketahui dengan jari atau dengan S Pen. Selain gestur lingkaran, kamu juga bisa memakai gestur arsir pada objek yang ingin diketahui.

- Lalu, Galaxy AI otomatis akan mencarikan informasi sesuai gambar yang ingin diketahui.

Dalam kasus bangunan berkubah yang mirip masjid di sekitar Jalan Bugis, Singapura, dari Circle To Search with Google kami akhirnya tahu kalau bangunan tersebut memang sebuah masjid bernama Sultan Mosque.

<p>Hasil pencarian lewat Circle To Search di Samsung Galaxy S24 Ultra (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Contoh lain, di Jalan Orchard, Singapura, kami banyak menemukan pedagang kaki lima yang memakai gerobak. Pedagang kali lima itu banyak dikelilingi oleh turis dari Indonesia sehingga menimbulkan kerumunan.

Kami pun mencoba kepo, sebenarnya apa sih yang dijual oleh sang pedagang kaki lima, kok bisa dagangannya dikelilingi turis Indonesia?

Menggunakan Circle To Search dengan cara yang sama, kami akhirnya tahu kalau yang dijajakan adalah One Dollar Ice Cream alias es krim 1 dolar yang dijual oleh bapak tua yang kerap disapa uncle oleh pembelinya.

Sepanjang jalan, kami juga kepo dengan berbagai hal. Berbekal fitur Circle To Search di Glaaxy S24 Ultra, kami akhirnya tahu kalau pusat perbelanjaan terkenal di Orchard, Takashimaya, ternyata punya nama resmi Nge Ann City.

<p>Mengenali salah satu landmark Singapura, Fort Canning Tree Tunnel, yang jadi tujuan turis mancanegara dengan Circle To Search with Google milik Samsung Galaxy S24 Ultra. (Liputan6c.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Lalu, kami juga jadi tahu tempat wisata bersejarah Fort Canning Tree Tunnel yang banyak dikunjungi turis mancanegara.


2. Tahu Sejarah Objek Wisata di Singapura Berkat Fitur Summary di Web Assist

Samsung Galaxy S24 Ultra yang dirilis dengan layar lebih datar dan bodinya terbuat sepenuhnya dari titanium (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)
Samsung Galaxy S24 Ultra yang dirilis dengan layar lebih datar dan bodinya terbuat sepenuhnya dari titanium (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Kadangkala, orang pergi traveling ke suatu tempat tanpa mengetahui apa cerita di balik tempat yang dikunjungi atau berbagai aturan dan informasi penting tentang tempat tersebut.

Padahal, dengan informasi tentang aturan-aturan kunjungan ke tempat tertentu, kita jadi bisa mempersiapkan berbagai hal sebelum kunjungan.

Misalnya untuk berkunjung ke Masjid Sultan di Jalan Bugis, Singapura, kita bisa memperkirakan berapa lama untuk sampai ke sana dan rute bus serta stasiun MRT terdekat dengan tempat tersebut, sampai ke jam buka masjid tersebut.

Bukan cuma itu, kalau kita teliti membaca informasi, kita juga bakal tahu kalau Masjid Sultan bukan sekadar masjid tempat ibadah, tetapi juga menjual berbagai suvenir dan oleh-oleh.

Namun, kadang orang malas membaca dengan detail tentang objek wisata yang ingin dikunjunginya. Tak perlu khawatir, kalau kamu bepergian dengan Galaxy S24 Ultra yang didukung Galaxy AI, ada sebuah fitur bernama Web Assist di dalamnya.

Fitur ini sangatlah berguna bagi kamu yang ingin cari tahu tentang berbagai hal tapi tak punya cukup waktu untuk membaca web secara lengkap.

Web Assist memungkinkan pengguna untuk mendapatkan rangkuman atau intisasi dari sebuah laman web hanya dalam sekali klik. Kok bisa, caranya gimana?

Setelah Circle To Search, kita bisa lanjut mencari informasi berbagai hal melalui Web Assist. Kalau tadi kita sudah tahu tentang Masjid Sultan di area Jalan Bugis, kita kini bisa mengetahui lebih lengkap tentang masjid ini lewat Summarize.

<p>Untuk mengetahui berbagai informasi soal Sultan Mosque di area Jalan Bugis Singapura, kami menggunakan fitur Web Assist Summarize berbasis Galaxy AI di Galaxy S24 Ultra (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

  • Pertama kamu bisa buka di internet tentang Sultan Mosque, selanjutnya akan muncul banyak artikel tentang masjid tersebut.
  • Pilih salah satu yang informasinya paling relevan menurut kamu.
  • Untuk memudahkan, kamu bisa buka website tersebut, lalu pada bagian bawah ponsel, akan ada simbol Galaxy AI. Klik simbol itu, nantinya akan muncul dua opsi yakni Summarize (ringkas) dan Translate (terjemahkan).
  • Pilih Summarize untuk meringkas informasi-informasi penting dari website tersebut.

<p>Hasil Summarize di Samsung Galaxy S24 Ultra (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Sementara Translate adalah fitur untuk menerjemahkan rangkuman isi website tersebut. Namun saat ini, bahasa yang didukung oleh Galaxy AI baru sebanyak 13 bahasa, dan Bahasa Indonesia baru akan datang beberapa waktu lagi.

Tapi tak masalah, kamu tetap bisa terjemahkan hasil ringkasan web tadi dengan Translate atau terjemahan yang bisa dipakai langsung di Samsung Internet, kan?

Perlu diketahui, saat ini belum semua situs atau website dapat diringkas dengan Summarize.


3. Interpreter

Samsung Galaxy S24 Series
Seperti tahun-tahun sebelumnya, Samsung meluncurkan tiga model yang hadir pada seri ini, yaitu Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra. Dalam peluncuran ketiga smartphone ini, President and Head of Mobile eXperience (MX) Business Samsung Electronics, TM Roh, mengatakan bahwa ini adalah era AI seluler baru yang akan datang. (AP Photo/Lee Jin-man)

Fitur Interpreter memungkinkan pengguna untuk memiliki penerjemah pribadi di smartphone mereka. Pengguna Galaxy S24 dapat berkomunikasi dengan orang asing yang berbeda bahasa melalui fitur Interpreter.

Ketika traveling ke luar negeri, mungkin kita tak paham dengan bahasa yang dipakai penjual chinese food. Karena, alih-alih memakai bahasa Inggris, penjual makanan china kadang hanya bisa berbahasa Tiongkok.

Kendala bahasa tentunya bisa menghambat pengguna memesan makanan lokal yang begitu diidamkan.

Oleh karenanya, fitur Interpreter di Galaxy S24 Ultra memungkinkan kita komunikasi tentang menu yang mau dipesan dengan penjual yang berbahasa Tiongkok atau bahasa lain yang didukung Galaxy AI.

Cara pakainya?

  • Buka Setting
  • Gulirkan layar sampai terlihat menu Advanced Intelligence

<p>Interpreter di Galaxy S24 Ultra (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

  • Pilih opsi Interpreter
  • Pilih menu Back
  • Akan muncul layar percakapan Interpreter. Kamu bisa dekatkan HP saat bicara, ketika memesan makanan yang diinginkan dan menekan tombol mic setelah selesai berbicara.
  • Galaxy AI akan menerjemahkannya ke bahasa yang dimengerti oleh penjual.
  • Lalu, ketika si penjual menjawab dalam bahasa misalnya Tiongkok, arahkan HP lagi kepadanya. Tekan tombol mic setelah ia selesai bicara dan terjemahan pun akan muncul di layar.

4. Pakai AI Suggest Editing untuk Edit Konten Lebih Mudah

Galaxy S24 Ultra
Kamera Samsung Galaxy S24 Ultra. (Liputan6.com/Yuslianson)

Saat traveling, mengabadikan kenangan lewat foto jadi hal yang wajib dilakukan. Foto-foto tersebut nantinya juga bisa dibagikan ke media sosial untuk dipamerkan ke teman-teman dan keluarga.

Sayangnya, kadang hasil foto liburan kurang sempurna karena tiba-tiba ada orang lewat atau objek yang tak diinginkan.

Tak perlu khawatir, Galaxy AI juga mendukung pembuatan konten jadi lebih mudah lewat fitur Edit Suggestion yang muncul pada hasil foto jepretan Samsung Galaxy S24 Ultra.

Fitur Edit Suggestion ini bisa kamu temukan di bawah foto yang sudah dijepret. Caranya:<p>Memanfaatkan Edit Suggestion berbasis Galaxy AI di Samsung Galaxy S24 Ultra (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

  • Pilih dan buka salah satu foto traveling atau foto apa pun yang ingin diunggah ke medsos
  • Selanjutnya, usap layar ke atas untuk melihat saran pengeditan apa yang diperlukan guna membuat hasil foto lebih baik.
  • Biasanya akan muncul pilihan-pilihan saran dari Galaxy AI, mulai dari Remaster, erase reflection, long exposure, colorize, dan lain-lain. Semua saran pengeditan ini muncul berbeda-beda pada tiap foto, tergantung penilaian dari Galaxy AI.
  • Kamu bisa pilih salah satu saran pengeditan yang disediakan. Misalnya pilih erase reflection untuk menghapus refleksi yang terdeteksi pada sebuah foto.
  • Biarkan AI bekerja dalam proses yang berlangsung beberapa detik. Lalu, kamu bisa lihat hasilnya lebih lanjut.
  • Bisa juga Galaxy AI memberikan saran untuk membuat time lapse 24 jam pada foto-foto tertentu. Kamu bisa memilihnya dan membiarkan AI bekerja dalam proses beberapa detik. Hasilnya bisa kamu lihat setelah kerja AI selesai.

<p>Penggunaan Suggestion Edit di Samsung Galaxy S24 Ultra (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Mudah banget kan edit foto dengan bantuan fitur Edit Suggestion berbasis Galaxy AI di Samsung Galaxy S24 Ultra?

Kalau kamu mau traveling dengan mudah layaknya warga lokal seperti pengalaman di atas, kamu bisa mendapatkan Galaxy S24 series dengan promo khusus selama masa pre-order.

<p>Fitur Edit Suggestion berbasis Galaxy AI di Samsung Galaxy S24 Ultra (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Pre-order Galaxy S24 series berlangsung hingga 6 Februari 2024. Selama masa PO ini, pembeli Samsung Galaxy S24 Ultra bisa mendapatkan warna-warna ekslusif dan upgrade ruang penyimpanan.

Misalnya kamu pilih untuk beli Galaxy S24 Ultra dengan memori 128GB akan otomatis mendapatkan perangkat dengan kapasitas memori internal 256GB. Sementara kalau beli perangakat memori 256GB akan mendapatkan versi 512GB dan seterusnya.

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya