Kapasitas Baterai iPhone 16 Pro bakal Lebih Besar Daripada iPhone 15 Pro

iPhone 16 Pro hadir dengan peningkatan kapasitas baterai signifikan! Siap pakai seharian tanpa khawatir lowbat. Cek detail lengkapnya di sini.

oleh Yuslianson diperbarui 04 Agu 2024, 08:00 WIB
Diterbitkan 04 Agu 2024, 08:00 WIB
iPhone 16 Pro Lebih Besar dan Berat?
iPhone 16 Pro Lebih Besar dan Berat? (Doc: @SonnyDickson | Phone Arena)

Liputan6.com, Jakarta - Apple dijadwalkan akan meluncurkan lini iPhone 16 mereka pada September 2024. Jelang debut, dunia internet sudah dibanjiri bocoran tentang ponsel baru tersebut.

Rumor terkini datang dari media sosial (medsos) Weibo, di mana akun Instant Digital menyebutkan, Apple akan membuat kejutan fans setianya dengan kapasitas baterai di salah satu iPhone 16 series.

Adapun seri yang disebut adalah iPhone 16 Pro. Mengutip Phone Arena, Minggu (4/8/2024), iPhone 16 Pro akan mengalami peningkatan kapasitas baterai lebih besar ketimbang iPhone 15 Pro.

Disebutkan, iPhone 16 Pro akan menggunakan baterai berkapasitas 3,577mAh. Sementara itu, iPhone 15 Pro dilengkapi baterai sebesar 3,274mAh.

Sedangkan untuk model iPhone 16 Pro Max, ponsel ini akan dilengkapi baterai berkapasitas 4,676mAh atau naik sebesar 5 persen ketimbang versi iPhone 15 Pro Max.

Lalu bagaimana dengan ketiga model iPhone 16 lainnya? Walau tidak menyebutkan secara detail, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus tetap mendapatkan kapasitas baterai lebih tinggi.

Akan tetapi, besar kapasitas kedua model tersebut tidak sebesar di varian iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max.

Sementara itu, bocoran lain juga mengunkap opsi warna salah satu seri iPhone baru tersebut, yaitu iPhone 16 Pro Max. Kabarnya, model paling tinggi seri iPhone 16 ini akan hadir dengan pilihan warna yang sudah lama dinanti oleh penggunanya.

Hal ini dibeberkan leaker Sonny Dickson lewat unggahan foto dummy iPhone 16 Pro Max di akun X miliknya. Seperti yang terlihat dalam foto di bawah, ponsel baru Apple ini hadir dengan warna hitam pekat.

Berbeda dari dummy iPhone 16 series sebelumnya, foto kali ini terlihat lebih 'mulus' dan sudah siap dirilis. Bisa jadi, ini adalah desain akhir yang sudah Apple tetapkan untuk HP iPhone barunya tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


iPhone 16 Series bakal Hadir dengan Baterai Lepas Pasang?

<p>Bocoran warna baru iPhone 16 Pro Max. (Doc: Sonny Dickson | X)</p>

Sebelumnya, analis kenamaan Ming-Chi Kuo menyebutkan Apple berencana pakai wadah stainless steel untuk baterainya.

Dilaporkan, Apple sedang mencari cara agar baterai iPhone mudah diganti untuk mematuhi peraturan Uni Eropa. Kuo mengatakan, "dengan wadah baterai stainless steel ini akan menjadikan pengguna untuk melepas baterai iPhone."

Tak hanya itu, pemakaian casing baterai ini juga memungkinkan Apple untuk meningkatkan kepadatan sel baterai sebesar 5 hingga 10 persen.

Dengan begini, baterai iPhone pun akan memiliki kapasitas lebih besar, awet, dan punya daya tahan lebih baik dari seri iPhone 15 Pro series saat ini.

Kuo berspekulasi, iPhone 16 Pro Max akan menjadi HP Apple pertama yang memanfaatkan casing baterai baru.

Peraturan dari Uni Eropa mengharuskan, baterai smartphone dapat diganti oleh pengguna pada tahun 2027.

Hal ini berarti semua ponsel harus menawarkan cara baru yang lebih mudah untuk mengganti baterai HP Apple.


iPhone 16 Pro dan Pro Max bakal Punya Ukuran Lebih Besar

Ilustrasi iPhone (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

iPhone 16 Pro diperkirakan akan jadi iPhone dengan bezel tertipis. Kini, meski peluncurannya masih sekitar September mendatang, sejumlah bocoran tentang iPhone 16 pun beredar. 

 Salah satunya adalah dimensi dan ukurannya. Sebuah laporan baru-baru ini dari IT Home menunjukkan bahwa iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari pendahulunya, iPhone 15 Series. 

Meski begitu, ketebalannya tetap sama dengan versi sebelumnya. Mengutip Gizmochina, Rabu (19/6/2024), sumber informasi tersebut adalah render tidak resmi dari perangkat iPhone 16 series, yang juga mencakup dimensi.

Model iPhone 15 Pro Max misalnya, memiliki tinggi 159,9 mm, lebar 76,7 mm, dan ketebalan 8,25mm. Sementara iPhone 16 Pro Max memiliki tinggi 163,03 mm, lebar 77,58mm, dan ketebalan 8,25mm. 

Adapun model iPhone 15 Pro memiliki tinggi 146,6 mm, lebar 70,6 mm, dan tebal 8,25 mm. Model iPhone 16 Pro memiliki tinggi 149,61 mm, lebar 71,45 mm dan tebal 8,25 mm. 

Jika dilihat data di atas, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus memiliki ukuran yang sama dengan ukuran pendahulunya. Namun, modul kameranya didesain baru dan memungkinkan ponsel untuk menangkap video spasial, seperti headset Apple Vision Pro. 


Masa Pakai Baterai Lebih Panjang Dibanding iPhone 15 Pro

<p>Apple Bakal Luncurkan iPhone, MacBook Pro, dan Apple Watch dengan Desain Super Tipis! (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Analisis Apple Ming-Chi Kuo sebelumnya mencatat bahwa iPhone 16 Pro Max mungkin hadir dengan masa pakai baterai lebih lama dibandingkan dengan iPhone 15 Pro Max. 

Bisa jadi karena baterai yang lebih besar di bagian dalamnya. Menurut rumor sebelumnya yang beredar awal tahun ini, model iPhone Pro kemungkinan didukung sensor utama 1/1,14 inci yang sedikit lebih besar dan lensa telepoto periskop. 

Semua hal di atas tentunya butuh lebih banyak ruang internal. Bisa jadi hal inilah yang menjadi alasan Apple meningkatkan ukuran model iPhone 16 Pro.  

Infografis Muncul Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Muncul Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya