Bukan Galaxy Z Fold6 Slim, Ini Nama Pilihan Samsung untuk HP Layar Lipat Terbaru

Samsung dilaporkan tidak memilih nama Galaxy Z Fold6 Slim untuk perangkat layar lipat terbaru yang akan diperkenalkan di akhir 2024.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 29 Agu 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 19:00 WIB
Galaxy Z Fold 6
Smartphone layar lipat terbaru Samsung Galaxy Z Fold 6 dalam warna Pink. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Jakarta - Rumor terbaru mengenai Samsung Galaxy Z Fold6 Slim kembali beredar di internet. Kali ini, bocoran terbaru membahas soal nama yang akan digunakan perangkat tersebut.

Berdasarkan informasi dari leakster Evan Bless, seperti dikutip dari GSM Arena, Kamis (29/8/2024), Samsung disebut tidak akan menggunakan nama Galaxy Z Fold6 Slim saat perangkat ini rilis, melainkan Galaxy Z Fold Special Edition.

Dilaporkan, perangkat ini akan memiliki layar luar 6,5 inci, sedangkan layar utamanya 8 inci. Perangkat ini disebut akan memiliki ketebalan 4,9mm saat dibuka, serta 10,6mm saat dilipat.

Ukuran itu disebut memang lebih kecil dibandingkan dengan ukuran HP layar lipat Samsung saat ini, termasuk Galaxy Z Fold6 regular. Namun, ukuran itu belum bisa menyamai perangkat layar lipat lain seperti Honor Magic V3 dan Xiaomi Mix Fold 4.

Kendati demikian, bocoran terkini menyebut kalau Galaxy Z Fold6 Special Edition hanya tersedia di Korea Selatan dan Tiongkok. Meski ada kemungkinan, perangkat ini juga akan diperkenalkan untuk pasar global.

Kabarnya, Galaxy Z Fold SE ini akan diperkenalkan di Korea Selatan pada September 2024. Sementara untuk pasar Tiongkok, smartphone ini hadir di Oktober 2024.

Sebelumnya, rumor seputar kehadiran smartphone ini memang sudah santer beredar. Disebutkan, HP lipat ini akan memiliki desain lebih ramping dan layar lebih besar, dibandingkan Galaxy Z Fold6 standar.

Menurut laporan The Elec, Samsung saat ini tengah berada dalam tahap akhir untuk memutuskan apakah perangkat ini akan memakai stainles steel atau titanium pada pelat belakang Galaxy Z Fold6 Slim ini.

Jika benar, ini akan menjadi kali pertama Samsung mengaplikasikan material tersebut di perangkat lipat. Sebab, perusahaan lebih dulu memperkenalkan material titanium pada Galaxy S24 Ultra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mulai Diproduksi Massal

Galaxy Z Fold 6
Smartphone layar lipat terbaru Samsung Galaxy Z Fold 6 dalam warna Pink (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).

Laporan ini juga menyebutkan, beberapa komponen Galaxy Z Fold 6 Slim telah mulai diproduksi massal, dan Samsung akan segera membuat keputusan akhir tentang material pelat belakangnya.

Ponsel layar lipat ini mungkin akan diluncurkan pada kuartal keempat 2024, tetapi hanya di Tiongkok dan Korea Selatan.

Namun, jika perubahan ini sukses, kita akan melihat di Galaxy Z Fold 7 tahun depan. Inovasi ini sangat dinantikan!


Spesifikasi Galaxy Z Fold6, HP Layar Lipat Paling Ringan dan Tipis dari Samsung

Galaxy Z Fold 6
Smartphone layar lipat terbaru Samsung Galaxy Z Fold 6 dalam warna Pink. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Sebelumnya, Samsung Galaxy Z Fold 6 resmi meluncur di Indonesia dengan desain tipis dan ringan, chipset Snapdragon 8 Gen 3, kamera mumpuni, dan berbagai fitur menarik lainnya. 

Perbedaan utama dari Galaxy Z Fold 6 dengan pendahulunya, Galaxy Z Flip 5 adalah pada sisi desain hingga peningkatan kemampuan Galaxy AI yang makin cerdas dan memudahkan penggunanya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana smartphone layar lipat model fold memiliki bobot yang berat dan begitu tebal, Galaxy Z Fold 6 menjadi smartphone layar lipat model buku dengan desain tertipis dan teringan dari Samsung.

Kini, desain Galaxy Z Fold 6 hadir dengan frame yang lebih kotak, simetris, dan pinggiran lurus. Durabilitasnya juga ditingkatkan berkat penggunaan engsel dual rail hinge dan folding edge yang diperkuat.


Layar Galaxy Z Fold6

Galaxy Z Fold 6
Smartphone layar lipat terbaru Samsung Galaxy Z Fold 6 dalam warna Pink. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Adapun HP Android ini memiliki layar utama (layar dalam) seluas 7,6 inci jenis Dynamic Amoled 2X (Infinity Flex) dengan resolusi 2.160x1.856 piksel. Perangkat ini masih mengusung refresh rate 120Hz.

Sementara, layar depannya adalah 6,3 inci jenis yang sama dengan resolusi 2.376x 986 pixel, juga dengan refresh rate 120Hz. Adapun tingkat kecerahan layar Galaxy Z Fold 6 adalah 2.600 nits.

Bobot smartphone ini adalah 239 gram, berkurang 14 gram dari bobot Galaxy Z Fold 5 yang mencapai 253 gram.

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya