YouTube Permudah Kreator Bagikan Channel: Cukup Scan QR Code

YouTube kini hadirkan fitur QR code untuk channel, sehingga kreator bisa dengan mudah membagikan link channel mereka.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 30 Agu 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 12:00 WIB
Ilustrasi YouTube, Aplikasi YouTube
Ilustrasi YouTube, Aplikasi YouTube. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Jakarta - YouTube dilaporkan akan memberikan cara baru yang memudahkan para kreator membagikan channel mereka ke audiens. Cara ini dilakukan melalui QR code.

Fitur ini bakal tersedia buat semua kreator di seluruh dunia, serta bisa diakses langsung lewat aplikasi YouTube. Dikutip dari Phone Arena, Jumat (30/08/2024), ini cara untuk membuat QR code channel di platform ini: 

  1. Buka aplikasi YouTube di HP kamu (Android atau iOS).
  2. Tap tab "You" di bagian bawah.
  3. Di bawah nama channel kamu, bakal ada tombol "Share channel".
  4. Tap deh. Di menu yang muncul, tap "QR code".
  5. Nah, bakal muncul QR code full-screen yang bisa kamu simpen di galeri atau screenshot. QR code ini juga nunjukin logo channel kamu, jadi gampang dikenali.

Dulu, kreator seringnya harus pakai aplikasi pihak ketiga buat bikin QR code channel YouTube mereka. Dan, kadang mereka harus berurusan dengan iklan atau opsi kustomisasi yang terbatas.

Kendati demikian, YouTube sekarang sudah menghadirkan fitur ini langsung di aplikasinya. Jadi, kreator bisa makin gampang membagikan kanal mereka, dan tentu makin user-friendly.

Intinya, fitur ini benar-benar jadi solusi untuk pengguna YouTube, terutama mereka yang merupakan kreator konten. Sebab, fitur ini  bisa dimanfaatkan untuk menambah subscriber atau merekomendasikan konten keren ke penonton lain. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


YouTube Permudah Pengguna untuk Berbagi Video Momen Lebih Spesifik

YouTube
YouTube mengumumkan sejumlah perubahan tampilan dan fitur baru di aplikasinya. (Dok: YouTube)

Sebelumnya, YouTube meluncurkan fitur share video pada bagian moment tertentu yang ingin kamu tunjukkan ke orang lain. Walaupun begitu, fitur baru ini belum sempurna.

Kamu belum bisa mengetikkan timestamp secara manual, di mana aplikasi hanya akan berbagi dari titik waktu yang sedang kamu tonton.

Jika ingin lebih presisi, kamu harus menggeser timeline video hingga menemukan momen yang dicari. Tapi tetap, ini merupakan peningkatan besar dibanding cara lama.

Dikutip dari PhoneArena, Rabu (28/8/2024), fitur ini belum tersedia untuk semua pengguna. Jadi, jika belum muncul di aplikasi kamu, coba untuk update aplikasi YouTube dan bersihkan cache.


Fitur Menarik Ini Membuat Kamu Lebih Mudah berbagi Moment Seru yang Spesifik

Ilustrasi Aplikasi YouTube
Ilustrasi Aplikasi YouTube (Szabó Viktor on Pexels)

Ini mungkin hanya pembaruan kecil, tapi sangat berarti dalam membuat YouTube di ponsel semakin ramah pengguna.

Kini, berbagi momen spesifik dalam video entah itu cuplikan lucu, informasi penting, atau bagian yang ingin kamu orbrolkan, semudah beberapa kali tap aja.

Fitur baru ini sangat berguna untuk konten edukasi, tutorial, dan video panjang, di mana hanya segmen tertentu yang lebih relevan daripapa keseluruhan video.

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya