Mengenal Apple Intelligence yang akan Launching di iPhone 16 Malam Ini

Bersamaan dengan pengumuman smartphone terbaru Apple, iPhone 16 Series, Apple juga akan memperkenalkan kecerdasan buatan mereka yakni Apple Intelligence, apa itu?

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 09 Sep 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2024, 17:00 WIB
Apple Intelligence
Apple Perkenalkan Apple Intelligence (Dok: Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Bersamaan dengan peluncuran iPhone 16 Series, kabarnya Apple juga akan meluncurkan fitur kecerdasan buatannya, Apple Intelligence.

Kehadiran AI mungkin jadi satu-satunya alasan bagi para fans untuk memiliki iPhone 16, apalagi katanya perangkat tersebut tak akan hadir dengan peningkatan yang signifikan dibandingkan versi lalu.

Lantas, apa itu Apple Intelligence? Mengutip laman ZDNet, Apple Intelligence merupakan fitur AI terbaru yang hadir di sistem operasi besutan Apple, termasuk iOS, iPadOS, MacOS, dan WatchOS.

Sebelumnya di acara Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) yang digelar awal tahun 2024, perusahaan mengumumkan integrasi fitur AI ke dalam produk dan layanannya.

Apple Intelligence sendiri akan fokus pada fitur AI yang lebih luas dan tidak sebatas pada pembuatan gambar dan video tingkat lanjut. Perusahaan mengembangkan model AI internal dan bermitra dengan OpenAI untuk mendukung chatbot yang memiliki cara kerja seperti ChatGPT.

Apple Intelligence, sebagaimana dikutip dari The Guardian, juga menggabungkan teknologi ChatGPT dengan asisten suara Apple, Siri. Para eksekutif pun menjanjikan mode interaksi yang lebih alami dengan Siri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apple Intelligence Bakal Rilis di 18.1

Apple Intelligence di Siri
Apple Intelligence di Siri (Dok: Apple)

Adapun Apple Intelligence akan hadir bersamaan dengan software iOS 18. iOS 18 sendiri akan memulai debutnya di model iPhone 16 yang akan rilis nanti malam. Sementara, fitur AI lainnya akan tiba belakangan, melalui update iOS 18.1 yang kemungkinan rilis akhir Oktober.

Fitur di iOS 18.1, Apple Intelligence pertama akan tersedia dalam versi beta. Meliputi tools penulisan, balasan yang disarankan di aplikasi Message, ringkasan email, dan transkripsi panggilan telepon.

Fitur AI lain yang juga akan hadir akhir tahun ini atau awal 2025 meliputi Image Playground yakni sebuah kemampuan untuk membuat gambar animasi si pengguna dalam aplikasi. Lalu ada juga emoji khusus yang disebut Genmoji.

Peningkatan AI yang sangat diantisipasi untuk chatbot Apple, Siri, termasuk integrasi ChatGPT yang memiliki pemahaman bahasa yang lebih kaya dan integrasi yang lebih dalam dengan aplikasi individual.

Siri juga nantinya akan bisa melihat kalender, foto, dan pesan agar bisa merespon teks dengan lebih baik. Misalnya, pengguna bisa bertanya kapan jadwal penerbangan akan mendarat. Siri pun akan mengetahuinya berdasarkan pesan dan email terbaru.

 


Apple Intelligence Bisa Ngapain Aja?

Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18, Punya Kamu Termasuk?
Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18, Punya Kamu Termasuk? (Doc: Apple)

Beberapa fitur AI yang diharapkan dari Apple Intelligence antara lain:

  • Pengeditan foto yang ditingkatkan, seperti penghapusan objek, dengan AI di Photos
  • Kontrol Siri yang lebih besar atas aplikasi dan tindakan, termasuk meminta Siri menghapus email atau mengedit foto
  • Pembuatan emoji khusus AI berdasarkan perintah teks
  • Menghasilkan rekap cepat catatan, rangkaian pesan teks, email, dan teks lainnya
  • Secara otomatis menyarankan tanggapan untuk email dan pesan
  • Aplikasi Mail yang ditingkatkan yang dapat mengkategorikan email dan menghasilkan pesan
  • Transkripsi otomatis memo suara
  • Peningkatan AI untuk Xcode untuk melengkapi kode secara otomatis

Peluncuran iPhone 16

iOS 18
Tampilan iOS 18 Public Beta, di mana hadir dengan segudang fitur kustomisasi. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Buat para Apple fans, hari paling ditunggu di dunia teknologi akhirnya datang juga! Event peluncuran iPhone 16 dari Apple bakal digelar tanggal 9 September pukul 13.00 siang waktu setempat di Cupertino, California, Amerika Serikat. 

Kabar baiknya, kamu bisa nonton langsung peluncuran iPhone 16 ini di YouTube atau situs Apple. Selain itu, akan ada live blog untuk kamu yang ingin mengikuti update secara real-time dan lihat lebih dekat iPhone terbaru terbaru usai event.

Yang paling ditunggu pastinya peluncuran iPhone 16 series. Selain itu, kita juga bisa berharap bakal ada Apple Watch baru, bahkan mungkin tiga model sekaligus kalau Apple memamerkan versi SE baru.

Dikutip dari Engadget, Senin (9/9/2024), rumor lain juga menyebut akan ada update untuk AirPods standar. Namun, untuk kamu yang menunggu Mac M4, HomePods, atau iPad Mini, harus sabar dulu sampai akhir tahun atau tahun depan. 


iPhone 16 dan iPhone 16 Pro

Perangkat ini akan jadi bintang utama di Apple Event sekarang. Namun, kabarnya perubahan tahun ini lebih ke arah penyempurnaan fitur, sehingga jangan terlalu berharap ada teknologi baru yang revolusioner.

Menurut analisis indutstri, Mark Gurman, akan ada empat model baru: iPhone 16, 16 Plus, 16 Pro, dan 16 Pro Max.  Desainnya mirip dengan iPhone 15, sehingga rumor soal Apple bakal pakai nama iPhone Ultra kurang beralasan. 

Layar untuk iPhone model Pro akan sedikit lebih besar. Varian Pro reguler diprediksi naik jadi 6,3 inci dari 6,1 inci, sedangkan Pro Max menjadi 6,9 inci dari 6,7 inci.

Seperti biasa, Apple juga kemungkinan akan hadirkan warna baru. Gurman menyebut warna biru akan digantikan oleh rose gold, dan 9to5Mac melaporkan iPhone 16 Pro mungkin hadir dengan warna titanium keemasan.

 

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya