Berkunjung ke Markas Zeiss di Jerman, Perusahaan Lensa Premium yang Bikin Kamera HP Vivo Naik Kelas

Tekno Liputan6.com diundang Vivo Indonesia dan Zeiss mengunjungi kantor pusat Zeiss di Oberkochen, Jerman, untuk melihat secara langsung proses pengujian kamera modul yang dirancang khusus untuk HP Vivo.

oleh Iskandar diperbarui 21 Sep 2024, 10:16 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2024, 08:00 WIB
Kantor Pusat Zeiss di Oberkochen. Liputan6.com/Iskandar
Kantor Pusat Zeiss di Oberkochen. Liputan6.com/Iskandar

Liputan6.com, Oberkochen - Vivo dan Zeiss telah bekerja sama sejak 2020 untuk membuat desain komponen dan fitur optik hingga menentukan kualitas berstandar tinggi dalam memproduksi kamera smartphone secara massal.

Maret 2024, Vivo dan Zeiss menandatangani perjanjian perpanjangan kemitraan untuk riset dan pengembangan bersama. Dalam hal ini kedua perusahaan membentuk Joint Imaging Lab untuk menguji modul kamera smartphone.

Vivo fokus untuk mengembangkan software kamera beserta user interface dan user experience kamera. Sementara Zeiss lebih mengedepankan pengujian modul kamera. 

Tekno Liputan6.com diundang Vivo Indonesia dan Zeiss mengunjungi kantor pusat Zeiss di Oberkochen, Jerman, untuk melihat secara langsung proses pengujian kamera modul yang dirancang khusus untuk HP Vivo. 

Namun sayangnya, kami dilarang untuk merekam maupun mengambil foto terkait proses pengujian tersebut. 

Senior Smartphone Technology Manager Zeiss Consumer Products, Oliver Schindelbeck, mengungkapkan bahwa setiap modul kamera smartphone harus melewati berbagai pengujian yang panjang. 

"Satu modul kamera akan kami uji untuk mengambil lebih dari 16.000 gambar. Tujuannya, agar output yang dihasilkan berkualitas tinggi, di mana kamera harus mampu menangkap gambar dengan detail dan natural," kata Oliver, Jumat (20/9/2024).

<p>Senior Smartphone Technology Manager Zeiss Consumer Products, Oliver Schindelbeck. Liputan6.com/Iskandar</p>

Ia menjelaskan, saat sebuah HP Vivo terbaru akan dirilis, beberapa bulan sebelumnya, Zeiss akan menguji modul kamera sampai ponsel terkait siap untuk diluncurkan ke pasar. 

"Bahkan, sehari sebelum HP itu dirilis, kami masih terus melakukan pengujian," ungkap Oliver. 

Sejumlah skenario pengujian modul kamera HP Vivo antara lain adalah uji kecepatam autofokus, pengenalan warna kulit (skin tone), tes kualitas gambar dalam mengurangi backlight hingga pengujian efek bokeh. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tur Museum Zeiss

Museum Zeiss. Liputan6.com/Iskandar
Museum Zeiss. Liputan6.com/Iskandar

Selain mengunjungi lab, kami juga melalukan tur ke Museum Zeiss untuk melihat sejarah perjalanan perusahaan yang berdiri sejak 1846. 

Berawal dari menciptakan mikroskop, kini Zeiss telah menjadi perusahaan besar yang berorientasi pada penelitian, yang mendistribusikan sejumlah besar produk optik di seluruh dunia.

Kurt Becker yang merupakan fisikiawan dan pensiunan dari Zeiss menjelaskan bahwa tujuan dari didirikannya museum adalah untuk memperkenalkan kepada semua pengunjung tentang semua lini produk optik Zeiss.

"Zeiss tak hanya dikenal sebagai penyedia lensa kamera, tetapi pembuat produk mikroskopi, metrologi, litografi, binokular, hingga teknologi medikal," Becker menjelaskan. 

<p>Kurt Becker, fisikiawan dan pensiunan dari Zeiss. Liputan6.com/Iskandar</p>

"Pada awal berdirinya perusahaan di tahun 1866, Carl Zeiss merekrut fisikawan Ernst Abbe untuk membantunya menyempurnakan mikroskop," ia menambahkan.

<p>Museum Zeiss. Liputan6.com/Iskandar</p>

Setelah meninggalnya Carl Zeiss pada 1889, Ernst Abbe mendirikan Yayasan Carl Zeiss, yang kemudian menjadi pemilik tunggal perusahaan tersebut. Keuntungannya digunakan untuk proyek sains, sosial, dan budaya, serta untuk tenaga kerja.

 


Terima 3 Kali Piala Oscar

Senior Director of Operations at Zeiss, Josef Kohnle. Liputan6.com/Iskandar
Senior Director of Operations at Zeiss, Josef Kohnle. Liputan6.com/Iskandar

Tekno Liputan6.com juga diajak untuk mengunjungi line produksi lensa kamera sinema. Dalam kesempatan ini kami diperlihatkan lensa kamera sinema Master Anamorphic seharga 45.000 ribu euro atau sekitar Rp 760.000 yang masih prototipe. 

Senior Director of Operations at Zeiss, Josef Kohnle, menekankan bahwa Zeiss lebih mengutamakan kualitas ketimbang kuantitas sehingga tidak memproduksi lensa secara massal dan lebih fokus ke produk premium.

"Zeiss selalu berusaha menciptakan sesuatu yang baru untuk menjadi pemimpin pasar. Kami memiliki visi dan mengerjakan proyek-proyek untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari dan alur kerja para pengguna," ujar Josef.

Ia mengklaim lensa sinema Zeiss sangat andal mengabadikan berbagai situasi yang berbeda untuk memberi pengguna keyakinan agar tidak gagal dalam menghasilkan sebuah karya. 

"Kami bukan pengikut, kami menciptakan pasar dan mendengarkan pelanggan," ucap Josef menambahkan.

<p>Kamera sinema dengan lensa Zeiss. Liputan6.com/Iskandar</p>

Dengan rangkaian produknya yang luas, Zeiss telah menyediakan lensa kamera pilihan selama lebih dari 100 tahun. Kisahnya dimulai dengan penemuan Planar yang ditemukan pada tahun 1896. 

Saat ini, Zeiss juga dikenal sebagai perusahaan terkemuka di dunia dalam hal pengembangan dan produksi lensa kamera berkinerja tinggi untuk semua bidang fotografi dan sinematografi.

Baik untuk fotografi arsitektur atau sport, mode potret atau lanskap, Zeiss berhasil menyediakan lensa yang tepat untuk semua skenario.

Lensa kamera yang dibuat oleh Zeiss bahkan telah menerima tiga Academy Awards atau Piala Oscar dalam kategori Sains dan Teknik (1987, 1999, dan 2012).


Infografis Fitur Baru Kamera Tilang Elektronik di Jakarta. (Liputan6.com/Triyasni)

Infografis Fitur Baru Kamera Tilang Elektronik di Jakarta
Infografis Fitur Baru Kamera Tilang Elektronik di Jakarta. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya