Trafik 5G Telkomsel Naik 340 Persen selama PON XXI 2024 Dipicu Aktivitas Streaming hingga Browsing

Trafik layanan 5G Telkomsel mengalami peningkatan 340 persen sepanjang gelaran PON XXI 2024 pada 9-20 September 2024. Peningkatan trafik ini salah satunya dipicu oleh kegiatan streaming, komunikasi, hingga browsing.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 30 Sep 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2024, 08:30 WIB
Deretan use case 5G dipamerkan Telkomsel di booth showcase Telkomsel di PON XXI 2024
Deretan use case 5G dipamerkan Telkomsel di booth showcase Telkomsel di PON XXI 2024 (Foto: Corpcomm Telkomsel)

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel mengumumkan trafik jaringan 5G mereka mengalami peningkatan 340 persen ketika penyelenggaraan PON XXI 2024 di Aceh dan Sumut, dibandingkan hari biasa.

Sebelumnya, Telkomsel memang menghadirkan akses broadband 5G untuk mendukung kelancaran aktivitas digital masyarakat dan pengunjung selama PON XXI 2024 pada 9-20 September lalu.

Berdasarkan data perusahaan, selain lonjakan trafik jaringan 5G, Telkomsel juga mencatat mengalami kenaikan trafik payload hingga lebih dari 11,2 persen.

Pertumbuhan trafik broadband ini seiring dengan meningkatnya pemanfaatan layanan digital. Mulai dari akses media sosial yang naik 9,61 persen, penggunaan layanan pesan instan dan video conference yang mencapai 8,05 persen, streaming video 7,65 persen, gim mobile naik 10,5 persen, dan akses browsing tumbuh 8,58 persen.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses beberapa aplikasi favorit. Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain adalah WhatsApp yang tumbuh 8,09 persen, TikTok 10,5 persen, Instagram 10,45 persen, YouTube 8,46 persen, dan Facebook naik 8,38 persen.

Mengutip keterangan Telkomsel, Senin (30/9/2024), perusahaan memang memiliki komitmen menghadirkan konektivitas digital dengan teknologi terkini. Salah satunya dengan menambah jaringan 5G di 12 lokasi penyelenggaraan PON XXI.

Telkomsel juga mengoptimalisasi jaringan 4G di 257 site eksisting dan memasang 14 unit BTS mobile. Telkomsel tidak hanya ingin memudahkan akses digital tetapi juga memastikan pengalaman komunikasi terbaik bagi seluruh peserta, atlet, official, volunteer, hingga pengunjung PON XXI 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lokasi dengan Kenaikan Trafik Tertinggi saat PON XXI 2024

Telkomsel menggelar showcase jaringan 5G di PON XXI 2024
Telkomsel menggelar showcase jaringan 5G di PON XXI 2024 untuk memamerkan kemampuan penggunaan jaringan 5G bagi berbagai use case (Foto: Telkomsel)

Data Telkomsel menyebutkan, kenaikan trafik data tertinggi ada di area Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara di Deli Serdang. Tercatat, peningkatan trafik lebih dari 45,2 persen. Lokasi ini merupakan tempat penyelenggaraan bulu tangkis, basket, futsal, sepak bola putri, dan lain-lain.

Sementara, lonjakan trafik juga terjadi di Sport Center Universitas Syah Kuala Aceh sebesar 42,6 persen. Lokasi ini tempat diselenggarakannya cabor baseball, judo, petanque, dan rugby.

VP Area Network Operations Sumatera Utara Nugroho Adi Wibowo mengatakan, Telkomsel berupaya mendukung kesuksesan penyelenggaraan PON XXI 2024 dengan layanan konektivitas digital terbaik.

"Hal ini sejalan dengan visi dan misi kami untuk mendorong kemajuan, memastikan kelancaran komunikasi dan pengalaman digital optimal bagi seluruh peserta," kata Nugroho.


Perkenalkan Use Case 5G

Telkomsel menyediakan jaringan 5G dan memperkuat seluruh jaringan 4G di lokasi penyelenggaraan PON XXI 2024
Telkomsel menyediakan jaringan 5G dan memperkuat seluruh jaringan 4G di lokasi penyelenggaraan PON XXI 2024 (Foto: Corpcomm Telkomsel)

Telkomsel menghadirkan berbagai inovasi use case 5G dalam ajang PON XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara. Kolaborasi dengan mitra global seperti Ericsson, Huawei, dan Qualcomm mempersembahkan beragam teknologi terkini, mulai dari 5G Cyber Dog, AI UU Robot, hingga Virtual Reality (VR), yang memberikan pengalaman digital imersif bagi peserta, pengunjung, dan masyarakat sekitar.

Inovasi lain yang dipamerkan meliputi 5G Smart Glasses, Smart Home, 5G Smart Live Broadcast, serta Sports Fan Engagement.

Showcase ini menarik lebih dari 3.200 pengunjung yang antusias mencoba teknologi 5G, yang terbukti mendukung berbagai aktivitas sehari-hari dengan kecepatan tinggi dan latensi rendah.

Selain itu, untuk memeriahkan penutupan PON XXI, Telkomsel memperkenalkan teknologi 5G Cloud Gaming, memungkinkan pengunjung bermain game dengan cepat tanpa memerlukan perangkat keras canggih.


Streaming dan Interaksi AR

Telkomsel menyediakan jaringan 5G dan memperkuat seluruh jaringan 4G di lokasi penyelenggaraan PON XXI 2024 (Foto: Corpcomm Telkomsel)
Telkomsel menyediakan jaringan 5G dan memperkuat seluruh jaringan 4G di lokasi penyelenggaraan PON XXI 2024 (Foto: Corpcomm Telkomsel)

Pengalaman multimedia dengan 5G Smart Desktop melalui kacamata AR juga menjadi daya tarik, memungkinkan streaming video berkualitas tinggi dan interaksi AR yang mulus.

Telkomsel juga menghadirkan 5G MR Multiplayer yang menggabungkan interaksi virtual dan fisik, memungkinkan pengalaman bermain bersama di satu ruang meski berada di lokasi berbeda.

Untuk memastikan konektivitas optimal, Telkomsel memperkenalkan 5G FTTR (Fiber to The Room) yang menyediakan internet stabil hingga 1 Gbps di seluruh ruangan.

Dalam aspek keamanan, teknologi 5G AI Camera menghadirkan sistem pengawasan real-time, sementara 5G Portable HD memungkinkan live streaming berkualitas tinggi dengan konsumsi daya rendah dan latensi minimal.

Menurut Nugroho , pencapaian ini memperkuat posisi Telkomsel sebagai pemimpin layanan digital, yang terus mendorong kemajuan Indonesia melalui inovasi teknologi berkelanjutan di era transformasi digital.

 

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya