WhatsApp Tingkatkan Keamanan Pengguna, Siap Hadirkan Fitur Verifikasi Link

Penipuan online di WhatsApp tidak dimungkiri masih terus terjadi, karenanya aplikasi chatting itu pun bersiap meluncurkan fitur baru untuk membantu pengguna melakukan verifikasi link yang dibagikan.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 01 Okt 2024, 10:30 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2024, 10:30 WIB
WhatsApp
WhatsApp menggumumkan kehadiran fitur baru untuk memudahkan pengguna memilih kontak favorit mereka. (Dok: WhatsApp)

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp tidak dimungkiri sudah jadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari pengguna smartphone saat ini. Hal itu terbukti dengan jumlah pengguna aplikasi chatting tersebut telah lebih dari dua miliar. 

Selain untuk ngobrol dengan teman dan keluarga, banyak orang juga memakai WhatsApp buat urusan bisnis. Sayang, popularitas ini juga menarik perhatian para penipu online dan pelaku kejahatan siber. 

Fitur Baru WhatsApp Cegah Scam dan Link Berbahaya

Salah satu trik yang sering dipakai penipu adalah mengirim pesan palsu berisi link berbahaya sehingga pengguna tanpa sadar mengklik dan akhirnya berbagi informasi pribadi.

Dikutip dari Gizchina, Selasa (1/10/2024), aksi ini bisa berujung pada pencurian data, akun, bahkan membawa infeksi malware.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, aplikasi chatting itu dilaporkan tengah mengembangkan fitur WhatsApp terbaru yang bisa membantu pengguna mengecek keamanan link sebelum mengkliknya. 

Adapun fitur yang dimaksud adalah verifikasi link yang dibagikan di WhatsApp. Fitur ini akan membantu kamu mengecek link yang diterima aman atau tidak. 

Dengan fitur baru ini, pengguna WhatsApp pun disebut bisa memverifikasi keaslian link atau tautan sebelum mengkliknya. 

Kenapa Scam di WhatsApp Semakin Banyak?

Seperti disebutkan, WhatsApp diketahui menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan. Karenanya, penjahat siber pun menyasar aplikasi ini, mengingat jumlah pengguna yang memakainya. 

Di sisi lain, penjahat siber pun makin canggih. Mereka kerap menyaman menjadi orang kepercayaan pengguna, seperti teman, kerabat, bahkan lembaga resmi. 

Dengan memanfaatkan kelengahan pengguna WhatsApp, para penjahat siber ini merancang pesan palsu agar bisa mengelabui korbannya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Verifikasi Link WhatsApp

WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Untuk memanfaatkan fitur ini pun terbilang gampang. Kalau kamu menerima pesan berisi link, tinggal pilih opsi verifikasi.

WhatsApp kemudian akan mengirimkan link tersebut ke Google untuk dicari infonya. Berdasarkan hasil pencarian, kamu bisa memutuskan apakah link tersebut aman atau tidak. 

Fitur ini akan sangat berguna terutama buat link yang sering di-forward berkali-kali, karena biasanya link seperti ini lebih rawan berbahaya.

Dengan proses verifikasi cepat ini, WhatsApp ingin bantu kamu tetap aman dan menjaga perangkatmu dari ancaman.

Pentingnya Verifikasi Link

Walaupun WhatsApp punya banyak fitur keamanan, seperti two-factor authentication dan enkripsi, penipuan masih terjadi karena penjahat siber mengandalkan kesalahan manusia.

Mereka memanfaatkan kepercayaan pengguna, dan seringkali pengguna juga tidak berpikir dua kali ketika mendapatkan pesan dari orang yang dikenal. 

Misalnya, kamu dapat pesan dari teman berisi link ke video lucu. Ada kemungkinan pengguna akan langsung mengkliknya, tanpa pikir panjang karena merasa aman. 

Untuk itu, fitur ini memberi kekuatan lebih bagi pengguna agar bisa selangkah lebih maju dari penipu siber. Sebab, pengguna bisa dengan mudah mengecek keamanannya lebih dulu, tanpa perlu mengkliknya. 


Meningkatkan Keamanan WhatsApp

Imbas dari WhatsApp, Instagram dan Facebook Down, Mark Zuckerberg Rugi Rp99,5 Triliun
Bos besar Facebook, Mark Zuckerberg alami kerugian besar usia tiga aplikasinya down hingga 6 jam. (Instagram/zuck).

Fitur verifikasi link ini melengkapi fitur keamanan lain yang sudah ada di WhatsApp.

Meski two face-factor authentication melindungi akunmu dan enkripsi menjaga agar pesan hanya bisa dibaca oleh kamu dan penerima, kedua fitur itu belum cukup mencegah kamu dari klik link berbahaya. 

Nah, fitur ini hadir untuk membantu pengguna memastikan link tersebut. Fitur ini juga mengingatkan pengguna, meski teknologi bisa memberi keamanan, mereka tetap harus waspada.

Dengan kebiasaan simpel seperti selalu memverifikasi link dan waspada terhadap pesan yang mencurigakan, pengguna bisa lebih mengontrol keamanan diri sendiri.

Fitur ini bakal hadir di update mendatang dan tersedia untuk semua pengguna WhatsApp. Fitur ini diperkirakan akan sangat membantu di grup chat atau thread pesan besar, mengingat di sana link yang dibagikan sering muncul.

 

Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker
Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya