Top 3 Tekno: YouTube Blokir Adele Dkk hingga Fitur Eksklusif Baru di Android 15

YouTube memblokir sejumlah lagu karya musisi papan atas, dua di antaranya Adele dan Green Day.

oleh Iskandar diperbarui 01 Okt 2024, 12:30 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2024, 12:30 WIB
FOTO: Adele Raih 3 Penghargaan BRIT Awards 2022
Adele menerima penghargaan Album of the Year pada BRIT Awards 2022 di London, Inggris, 8 Februari 2022. Album 30 milik Adele berhasil menjadi Album of the Year pada BRIT Awards 2022. (Photo by Joel C Ryan/Invision/AP)

Liputan6.com, Jakarta - YouTube memblokir sejumlah lagu karya musisi papan atas, dua di antaranya Adele dan Green Day. Berita ini menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Senin (30/9/2024) kemarin.

Berita lain yang juga populer datang dari Android 15 yang memiliki fitur eksklusif baru yaitu PDF Viewer di Files by Google.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. YouTube Blokir Lagu Adele hingga Green Day, Kok Bisa?

YouTube memblokir sejumlah lagu karya musisi papan atas yang bahkan viewer-nya terbilang tinggi. Dua di antaranya yang paling menarik perhatian adalah Adele dan Green Day.

Lantas, apa alasan YouTube memblokir beberapa lagu milik artis papan atas tersebut?

Mengutip Engadget, Senin (30/9/2024), hilangnya lagu-lagu mereka dari YouTube karena kesepakatan platform dengan organisasi hak pertunjukan SESAC (Society of European Stage Authors and Composers) mendekati tanggal kedaluwarsa.

Seperti dilansir Variety, lagu-lagu tertentu dari Adele, Green Day, Bob Dylan, R.E.M., Burna Boy, dan artis lainnya telah diblokir di Amerika Serikat--meskipun seluruh katalog mereka tidak sepenuhnya terpengaruh.

Video yang telah ditarik, seperti 'Rolling in the Deep' milik Adele, kini hanya menampilkan layar hitam dengan pesan: "Video ini berisi konten dari SESAC. Video ini tidak tersedia di negara Anda."

Namun sepertinya, klip milik Adele itu masih bisa diputar di luar pasar AS. Tekno Liputan6.com pun coba mengakses video tersebut dan hingga berita ini naik, kami bisa menikmati klip lagu itu dengan mulus.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Eksklusif, Android 15 Punya Fitur Baru PDF Viewer di Files by Google

Android 15. Credit: Google
Android 15. Credit: Google

Google memiliki banyak aplikasi yang terhubung, bahkan ponsel Android terbaik saat ini mendapatkan manfaat dari koneksi ini. Salah satu contohnya adalah pengelolaan file PDF yang sering kita gunakan.

Walau kamu mengunduh aplikasi pembaca atau editor PDF khusus, untuk kebutuhan sesekali, aplikasi Files by Google yang merupakan file manager default di ponsel Pixel sudah cukup membantu.

Namun, saat ini aplikasi Files hanya berfungsi sebagai perantara yang mengarahkan pengelolaan PDF ke aplikasi Google Drive, yang dilengkapi dengan alat baca dan edit yang lengkap.

Dikutip dari Andoid Police, Senin (30/9/2024), bahkan Browser Chrome yang digunakan oleh miliaran orang juga bergantung pada Drive untuk menangani PDF. Tanpa Drive, aplikasi Files cuma bisa membaca PDF secara dasar, tanpa kemampuan lebih selain menggulir dokumen.

Kabar baiknya, perubahan besar sedang terjadi. Tipster Google @AssembleDebug melaporkan kepada Android Authority bahwa ada fitur tersembunyi di versi beta terbaru (1.4955.677425801.0-release) dari aplikasi Files.

Fitur ini memungkinkan aplikasi Files mengelola PDF secara mandiri, tanpa bantuan dari Drive.

Namun, fitur baru ini hanya tersedia di Android 15. Alat pengeditan PDF yang disematkan pada aplikasi Files meliputi kemampuan buat zoom, memilih teks, mencari kata dalam dokumen, sampai membuka file PDF yang dilindungi kata sandi.

Baca selengkapnya di sini 

 


3. Infinix Zero Flip Resmi Meluncur, HP Layar Lipat Harga Terjangkau

Infinix Zero Flip
Infinix Zero Flip yang telah diperkenalkan ke publik. (Dok: Infinix)

Infinix resmi mengumumkan smartphone layar lipat perdana mereka yakni Infinix Zero Flip. Smartphone ini tampil dengan desain clamshell.

Mengutip informasi dari Gadgets 360, Senin (30/9/2024), Infinix Zero Flip hadir dengan layar utama berukuran 6,9 inci dan menggunakan panel AMOLED beresolusi Full HD+. Layar utama ini mendukung refresh rate 120Hz.

Sementara layar sekunder yang berada di bagian depan memiliki ukuran 3,64 inci dengan panel AMOLED dan refresh rate 120Hz. Infinix menyebut engsel perangkat memiliki desain zero-gap dan mampu meminimalisir lipatan di layar saat dilipat.

Untuk urusan performa, HP Infinix ini mengandalkan chipset MediaTek Dimensity 8020 yang dipadukan RAM hingga 16GB dan memori internal 512GB.

Dari departemen fotografi, Infinix Zero Flip memiliki dua kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 50MP dan lensa ultrawide 50MP. Sementara di bagian depan, ada kamera selfie 50MP.

Lalu, kamera depan maupun belakang perangkat ini mampu merekam video hingga resolusi 4K. Infinix membenamkan juga fitur AI Vlog Mode untuk membantu pengguna mengolah rekaman video menjadi vlog yang menarik.

Baca selengkapnya di sini 


Infografis 10 Venue Konser Musik Berstandar Internasional di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis 10 Venue Konser Musik Berstandar Internasional di Indonesia
Infografis 10 Venue Konser Musik Berstandar Internasional di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya