Eksklusif, Android 15 Punya Fitur Baru PDF Viewer di Files by Google

Android 15 kini hadirkan PDF Viewer lebih canggih di File Manager Google, simak di sini.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 30 Sep 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2024, 12:00 WIB
Aplikasi Files by Google
Aplikasi Files by Google

Liputan6.com, Jakarta - Google memiliki banyak aplikasi yang terhubung, bahkan ponsel Android terbaik saat ini mendapatkan manfaat dari koneksi ini. Salah satu contohnya adalah pengelolaan file PDF yang sering kita gunakan.

Walau kamu mengunduh aplikasi pembaca atau editor PDF khusus, untuk kebutuhan sesekali, aplikasi Files by Google yang merupakan file manager default di ponsel Pixel sudah cukup membantu.

Namun, saat ini aplikasi Files hanya berfungsi sebagai perantara yang mengarahkan pengelolaan PDF ke aplikasi Google Drive, yang dilengkapi dengan alat baca dan edit yang lengkap.

Dikutip dari Andoid Police, Senin (30/9/2024), bahkan Browser Chrome yang digunakan oleh miliaran orang juga bergantung pada Drive untuk menangani PDF. Tanpa Drive, aplikasi Files cuma bisa membaca PDF secara dasar, tanpa kemampuan lebih selain menggulir dokumen.

Perubahan Besar di Android 15

Kabar baiknya, perubahan besar sedang terjadi. Tipster Google @AssembleDebug melaporkan kepada Android Authority bahwa ada fitur tersembunyi di versi beta terbaru (1.4955.677425801.0-release) dari aplikasi Files.

Fitur ini memungkinkan aplikasi Files mengelola PDF secara mandiri, tanpa bantuan dari Drive.

Namun, fitur baru ini hanya tersedia di Android 15. Alat pengeditan PDF yang disematkan pada aplikasi Files meliputi kemampuan buat zoom, memilih teks, mencari kata dalam dokumen, sampai membuka file PDF yang dilindungi kata sandi.

Fitur-fitur tersebut tidak bisa diaktifkan di Android 14, makanya ini akan menjadi fitur eksklusif di Android 15.

Kemampuan ini tampaknya terkait dengan pembaruan API PDFRenderer di Android 15. Harapannya, dengan hadirnya pembaruan ini, lebih banyak aplikasi lain juga bisa lepas dari ketergantungan pada Google Drive untuk mengelola PDF.

Tapi, sampai ada bukti yang lebih jelas, pembaruan di aplikasi Files ini adalah hal yang paling dinanti di Android 15.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Google Tunda Peluncuran Android 15 hingga Oktober 2024, Ada Apa?

Android 15. Credit: Google
Android 15. Credit: Google

Sebelumnya, Google baru merilis jajaran terbaru dari seri Pixel, yakni Pixel 9, Pixel 9 Pro, dan Pixel 9 Pro XL di pasaran.

Namun, ada satu hal yang mungkin mengejutkan para penggemar: ketiga ponsel ini tidak dilengkapi dengan Android 15.

Meski tampil sebagai ponsel terbaru, Google masih menggunakan Android 14, OS pertama kali diluncurkan bersamaan dengan Pixel 8 pada 3 tahun lalu.

Kabar ini mungkin mengecewakan bagi mereka yang menantikan untuk bisa langsung mencicipi giru baru di Android 15 saat membeli Pixel 9 series.

Sebelumnya, sempat beredar rumor Google akan meluncurkan update Android 15 pada bulan depan. Namun, recana tersebut harus ditunda karena OS baru ini masih belum sepenuhnya stabil.

Lalu, kapan Android 15 dirilis ke perangkat Pixel? Mengutip Android Authority, Selasa (27/8/2024), perusahaan berencana untuk mengulirkan update Android 15 pada Oktober 2024.

Perusahaan berbasis di Mountain View ini biasanya merilis pembaruan Android bersamaan dengan tersedianya source code OS ke publik.

Namun, perlu diingat jadwal peluncuran ini bisa saja berubah sewaktu-waktu jika Google menemukan bug yang signifikan atau jika OS Android tersebut masih dianggap belum stabil untuk digunakan secara luas.


Ini Deretan Perbaikan Bug Penting di Android 15 Beta 4.2

Logo Android 15
Logo Android 15 (Dok.Google)

Sejak pertama kali diperkenalkan pada April 2024, sejumlah versi beta Android 15 telah dirilis.

Meskipun banyak yang berharap Android 15 sudah siap diluncurkan secara resmi, Google masih melakukan beberapa perbaikan untuk memastikan kualitas terbaik.

Pembaruan ini menunjukkan bahwa raksasa Google serius dalam menghadirkan sistem operasi yang mulus dan menjamin tidak ada masalah.

Terkait dengan hal tersebut tim pengembang Android mengumumkan melalui bahwa versi terbaru Android 15 Beta 4.2, untuk memperbaiki berbagai bug.

Versi ini diberi kode AP31.240617.015, di mana menunjukkan pembaruan kecil yang berisi sejumlah perbaikan bug penting, seperti:

  • Memperbaiki masalah beberapa perangkat yang perlu dihidupkan.
  • Memperbaiki masalah bilah abu-abu transparan saat menggunakan kamera.Memperbaiki masalah kamera yang menyebabkan frekuensi gambar rendah.
  • Memperbaiki masalah kamera yang menyebabkan kerusakan saat mengubah besaran zoom.
  • Mengatasi masalah saturasi kamera.Memperbaiki masalah yang menyebabkan kedip pada antarmuka layar.
  • Memperbaiki masalah yang menyebabkan aplikasi YouTube tidak berjalan dengan lancar.

Infografis Google dan Facebook (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Google dan Facebook (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Google dan Facebook (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya