RI Akan Jadi Anggota Forum Transportasi Negara Maju

ITF merupakan forum yang beranggotakan negara maju, yang mayoritas berasal dari Benua Eropa.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 26 Mei 2014, 16:00 WIB
Diterbitkan 26 Mei 2014, 16:00 WIB
Jalan Menuju Puncah Mulai Macet - Liputan6 Malam
(Liputan6 TV)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia akan menjadi anggota forum transportasi dunia (International Transport Forum/ITF), di mana nantinya negara ini bisa mendapatkan kemudahan akses informasi terkait permasalahan transportasi.

Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono mengatakan, ITF merupakan forum yang beranggotakan negara maju, yang mayoritas berasal dari Benua Eropa.

"Internasional Transport Forum, forum transportasi negara maju," kata Bambang, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (26/5/2014).

Dia mengaku Indonesia sedang dalam proses menjadi anggota forum tersebut. Jika telah terlaksana, dikatakan ini akan menguntungkan Indonesia, karena akan mendapat kemudahan akses kerjasama di bidang transportasi.

"Yang menarik adalah secara mendadak sebelum saya pulang saya diundang Sekjen ITF, kebetulan dari Portugal,  Indonesia akan menjadi anggota, keuntungan banyak kita punya akses kerjasama di bidang transportasi lebih besar. Kita negara yang sudah pantas ikut ini, yang diundang di Asia cuma dua Indonesia dan Singapura," papar dia.

Bambang menambahkan, untuk bergabung dengan forum ini, Indonesia tidak perlu melakukan persiapan khusus, karena Indonesia sudah mumpuni.

"Persiapan kita ITF nggak ada, yang kita punyai saat ini sudah mumpuni jadi anggota. Sifat bertukar informasinya yang kuat," pungkas dia. (Pew/Nrm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya