H-7 Lebaran, Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Merak

Memasuki H-7 lebaran Pelabuhan Merak mulai dipadati penumpang. Kepadatan terjadi pada malam hari.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 11 Jul 2015, 18:45 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2015, 18:45 WIB
Pantauan Arus Mudik Di Merak
Antrean panjang sudah terjadi di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Para pemudik bahkan harus menunggu hingga 10 jam untuk bisa menaiki kapal penyebarangan ke Pulau Sumatera.

Liputan6.com, Jakarta - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melaporkan kepadatan penumpang di Pelabuhan Merak mulai terlihat memasuki H-7 lebaran. Kepadatan itu sendiri terjadi pada malam hari tadi.

Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Christine Hutabarat mengungkapkan data hingga Sabtu (11/7/2015) terjadi peningkatan pemudik sekitar 30 persen jika dibandingkan tahun lalu.

Penumpang naik dari 26 persen dari 39.612 orang menjadi 49.773 orang malam tadi. Motor naik dari 1.746 unit menjadi 2.250 unit (naik 29 persen) kendaraan roda empat atau lebih naik 25 persen dari 6.370 unit menjadi 7.965 unit pada H-7 tahun ini.

"Indikasi peningkatan signifikan pemudik di Pelabuhan Merak H-7 malam tadi karena lonjakan tertinggi terjadi pada jenis kendaraan kecil sedan dan minibus yang meningkat 34% dari 4.100 unit pada H-7 tahun lalu menjadi 5.495 unit tahun ini," ujar Christine, Sabtu (11/7/2015)

Menurut Christine, mengacu data semalam maka malam minggu ini berpotensi terjadi kenaikan penumpang lagi, oleh karena itu Ia menghimbau agar penumpang melakukan perjalanan pada siang hari agar bisa terhindar kepadatan di pelabuhan pada malam sampai dini hari

"Semalam pelabuhan sempat penuh, sementara pagi kemarin dan pagi ini sudah kembali kosong. Pemudik pasti akan terhindar dari kepadatan di pelabuhan jika bisa melakukan perjalanan mudik dan sampai di pelabuhan merak pada siang hari," tegasnya.

Seperti diketahui, dalam penyelenggaraan arus mudik tahun ini, ASDP juga telah memasang 60 unit closed circuit television (CCTV) mulai dari pintu masuk hingga bagian dalam Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

"Pemasangan kamera CCTV ini untuk memudahkan pengawasan di semua sudut yang tergolong rawan di areal pelabuhan," kata Humas PT ASDP Cabang Merak, Mario Sardadi Oetomo.

Pemasangan CCTV ini juga nantinya berguna sebagai alat pemantau kepadatan arus kendaraan para pemudik Lebaran di Pelabuhan Merak. Bahkan, di dalam kapal penyebrangan Ro-Ro pun akan dipasangi CCTV yang bisa mengetahui kondisi keamanan di dalam kapal tersebut. (Yas/Ndw)

"Untuk di luar areal pelabuhan yang kerap dijadikan kantong parkir saat terjadi kepadatan kendaraan, akan berkoordinasi dengan instansi lain. Instansi terkait lainnya seperi pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan setempat," tegas Mario. (Yas)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya