Mau Punya Kondisi Finansial Sehat? Pakai 6 Trik Ini

Demi memiliki kondisi keuangan yang sehat, seseorang ternyata harus memiliki pola pikir finansial yang sehat.

oleh Vina A Muliana diperbarui 23 Apr 2016, 23:39 WIB
Diterbitkan 23 Apr 2016, 23:39 WIB
[Bintang] Empat mata uang paling murah sedunia
Ilustrasi Dongs Vietnam | Via: tuoitrenews.vn

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi keuangan seseorang ternyata tidak hanya ditentukan dari seberapa banyak penghasilan yang didapat. Demi memiliki kondisi keuangan yang sehat, seseorang ternyata harus memiliki pola pikir finansial yang sehat.

Apa saja pola pikir finansial yang sehat itu? Pola pikir finansial yang sehat terdiri dari beberapa hal. Seperti kemampuan berinvestasi, menabung ataupun mengatur keuangan.

Melansir lifehack.org, Sabtu (23/4/2016) berikut beberapa hal yang dapat Anda perhatikan.

1. Uang bukanlah tujuan utama

Uang memang dapat membantu Anda untuk membeli apa yang diinginkan. Namun bukan berarti bahwa uang adalah tujuan utama dari hidup. Anda harus tetap tahu apa tujuan besar yang ingin Anda raih dalam hidup. Dengan begitu Anda pun dapat mengalokasikan uang dengan lebih bijak.

2. Habiskan untuk pengalaman

Penghasilan Anda pun akan semakin bertambah setiap tahunnya. Cobalah untuk manfaatkan uang yang dimiliki tersebut untuk merasakan pengalaman yang belum pernah dicoba. Memanfaatkan uang untuk pengalaman akan mampu membuat Anda lebih bahagia dibanding menghabiskannya untuk membeli barang.

3. Berpikir panjang

Salah satu hal yang sering lupa untuk orang lakukan adalah mempersiapkan dana darurat ataupun dana pensiun yang bisa dimanfaatkan di masa depan. Untuk menghindari hal ini, Anda harus mampu untuk berpikir jangka panjang. Hal ini akan membantu Anda untuk mengurangi tindakan yang tidak diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Trik Lain

4. Berinvestasi

Teknologi yang sudah semakin maju sekarang ini memungkinkan orang untuk menjadi investor di mana saja. Apabila dulu investasi hanya dapat dilakukan di tempat tertentu, sekarang Anda bisa melakukannya dimana saja.

Selain mempunyai manfaat yang besar, investasi juga merupakan salah satu cara yang sangat tepat untuk menjadikan kondisi finansial lebih tepat

5. Pintar mengatur keuangan

Kondisi finansial yang sehat dimulai dengan mampu mengatur keuangan yang tepat. Selain harus lihai dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran, Anda juga harus mampu membagi keuangan pada beberapa pos kebutuhan tertentu.

6. Sumber pendapatan yang tepat

Sumber pendapatan dapat didapat dari mana saja. Namun apabila Anda ingin untuk memiliki kondisi finansial yang sehat, maka Anda juga harus mampu memilih sumber pendapatan yang tepat. Salah satu sumber pendapatan tepat yang dapat dipilih adalah profesi yang dapat membuat Anda terus menyebarkan nilai positif pada masyarakat luas. (vna/nrm)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya