Bukan Bill Gates, Orang Terkaya di Dunia Ternyata Vladimir Putin?

ternyata ada sosok lain yang ditengarai memiliki harta lebih banyak dibanding miliarder Bill Gates

oleh Vina A Muliana diperbarui 01 Agu 2017, 19:10 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2017, 19:10 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin
Vladimir Putin disinyalir memiliki harta yang lebih banyak dibanding miliarder dunia

Liputan6.com, New York - Untuk waktu yang singkat, miliarder pendiri Amazon Jeff Bezos mampu duduk sebagai orang terkaya di dunia. Ia mengalahkan Bill Gates yang sebelumnya menduduki posisi tersebut. Namun sayang, Jeff Bezos tidak bisa mempertahankan pencapaiannya dalam waktu lama. Hanya dalam kurun waktu empat jam, ia harus rela kembali terlempar ke peringkat dua.

Namun di tengah perebutan sengit Jeff Bezos dan Bill Gates untuk menduduki peringkat pertama orang terkaya dunia, ternyata ada sosok lain yang ditengarai memiliki harta lebih banyak dibanding dua miliarder tersebut. Ia adalah Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Seorang ahli keuangan mengestimasi kekayaan presiden satu ini mencapai US$ 200 miliar. Mantan CEO Hermitage Capital Management Bill Browder menyampaikan hal ini saat memberi kesaksian ke Komite Kehakiman Senat minggu lalu.

Bill Browder merupakan pendiri dan bos dari Hermitage Capital Management yang merupakan perusahaan penasihat investasi di Rusia. Ia memimpin perusahaan tersebut dari 1996 hingga 2005 dan memiliki investasi sebesar US$ 4 miliar di pasar saham Rusia.

"Saya mengestimasi bahwa dia (Putin) telah mengumpulkan kekayaan senilai US$ 200 miliar," ungkap Browder di depan Kongres seperti dilansir dari CNBC, Selasa (1/8/2017)

"Ia menyimpan uangnya di negara barat. Semua uangnya di Barat berpotensi terkena pembekuan aset dan penyitaan," lanjut Browder.

Browder juga menjelaskan, pada tahun 2005, ia menjadi incaran pemerintah Rusia dan dianggap sebagai ancaman terhadap keamanan nasional. Ia juga dibuang dari Rusia dan tidak diijinkan untuk kembali melakukan investasi.

Setelah dia dipaksa keluar negara, pejabat Rusia menyita dana investasi Hermitage Capital Management. Pejabat Putin mengambil tanpa izin US$ 230 juta uang perusahaannya.

Browder mengatakan kekayaan Putin adalah hasil dari praktik jahat.

"Ada sekitar 10.000 pejabat di Rusia yang bekerja untuk Putin. Mereka diberi instruksi untuk membunuh, menyiksa, menculik, memeras uang dari orang-orang dan merebut properti mereka," ungkap Browder.

Apabila ini benar adanya, maka kekayaan yang dimiliki Putin jauh melebihi apa yang dimiliki Bill Gates dan Jeff Bezos. Menurut laporan Forbes, kekayaan Bill Gates saat ini berada di angka US$ 90 miliar, sementara kekayaan Bezos adalah US$ 85 miliar.

Browder bersaksi di hadapan Kongres karena kasus pembunuhan yang membelit pengacara Rusia yang dipekerjakannya, Sergei Magnitsky. Sejak saat itu, Browder telah menjadi advokat melawan korupsi di Rusia.

Simak video menarik di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya