Jokowi Ingin Kampung Nelayan di Bengkulu Jadi Contoh Wilayah Lain

Pemerintah terus mendorong penerbitan sertifikat dan merampungkan pembangunan fasilitas umum dan rumah-rumah nelayan.

oleh Ayu Lestari Wahyu Puranidhi diperbarui 17 Feb 2019, 12:45 WIB
Diterbitkan 17 Feb 2019, 12:45 WIB
Kunjungan Jokowi
Presiden Joko Widodo dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti meninjau penataan kawasan Kampung Nelayan Sumber Jaya, Kampung Melayu, Bengkulu, Jum’at (15/2/2019). Dok KKP

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo bersama Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti meninjau penataan kawasan Kampung Nelayan Sumber Jaya, Kampung Melayu, Bengkulu, Jum’at (15/2/2019). Ini merupakan rangkaian dari kunjungan kerja ke Provinsi Bengkulu.

Kedatangan rombongan disambut oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Walikota Bengkulu Helmi Hasan. Dalam kegiatan tersebut turut serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. 

Jokowi beserta rombongannya menyusuri perkampungan nelayan, singgah di beberapa rumah, dan menyapa warga sekitar. Selanjutnya mengunjungi dermaga tempat bersandarnya kapal-kapal nelayan. Dermaga tersebut tampak bersih dan rapi.

Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan penataan permukiman nelayan yang tinggal di pesisir pantai berjalan sebagaimana mestinya.

“Ini penataan kampung nelayan yang sudah 3 tahun kita kerjakan. Tidak hanya di Bengkulu, tetapi juga ada di Tegal, Jawa Tengah dan Pontianak. Kurang lebih hasilnya seperti ini,” ungkap Jokowi di Bengkulu.

Jokowi menambahkan bahwa progress penataan perkampungan nelayan ini masih sekitar 20 persen. Untuk itu, pemerintah terus mendorong penerbitan sertifikat dan merampungkan pembangunan fasilitas umum dan rumah-rumah nelayan.

“Setelah dimulai penataan, rumah-rumah lebih tertata bersih. Nelayan jadi (kapalnya) bisa bersandar,” ujarnya.

Selanjutnya, Jokowi menginginkan agar Kampung Nelayan Sumber Jaya ini dapat menjadi ‘prototype' (percontohan) bagi kampung-kampung nelayan lainnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dibangun di Atas Lahan 12 Hektare

Kunjungan Susi Pudjiastuti
Presiden Joko Widodo dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti meninjau penataan kawasan Kampung Nelayan Sumber Jaya, Kampung Melayu, Bengkulu, Jum’at (15/2/2019). Dok KKP

Sebagai informasi, Kampung Nelayan Sumber Jaya ini dibangun di lahan seluas 12 hektare dan menampung 800 kepala keluarga (KK). Penataan kampung nelayan ini bertujuan untuk menjadikannya lebih ramah dan layak huni serta dapat dijadikan sebagai daerah destinasi wisata.

Tak hanya penataan Kampung Nelayan Sumber Jaya, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah juga mengusulkan agar kawasan Pulau Bai dijadikan kawasan industri kelautan guna mendorong pembangunan ekonomi kelautan masyarakat sekitar.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Menteri Susi juga menyempatkan diri menyapa dan berbincang dengan nelayan sekitar. Adalah Fajri Sinaga dan Rusdalifah, sepasang suami istri nelayan yang baru saja pulang menangkap ikan. Menteri Susi menghampiri keduanya dan membeli cumi-cumi hasil tangkapannya.

“Kita bilang harganya Rp150.000, tapi Ibu Susi kasih Rp300.000. Lumayan untuk beli beras 3 hari," ungkap Fajri sumringah.

Menurut Fajri, selain menangkap cumi-cumi, dirinya juga biasa menangkap ikan yang disebut oleh warga sekitar sebagai ikan gole-gole dan pinang-pinang.

Terakhir, Menteri Susi mengimbau masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan tidak menggunakan alat tangkap yang merusak. Terkait dengan masih maraknya penggunaan alat tangkap merusak jenis trawl, Menteri Susi menyebutkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan segera menyelesaikannya. “Saya akan segera bereskan,” tegasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya