MIND ID Dorong Pengembangan Aplikasi Digital Pertambangan Karya Anak Bangsa

Aplikasi digital yang dikembangkan berperan sebagai problem solver bagi kegiatan operasional Grup MIND ID sekaligus untuk kemajuan industri pertambangan Indonesia. Ceremony pengumuman pemenang dan apresiasi penghargaan dilakukan pada 6 Agustus 2021 secara virtual.

oleh Liputan6.com diperbarui 09 Agu 2021, 15:27 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2021, 14:54 WIB
MIND ID Dorong Pengembangan Aplikasi Digital Pertambangan Karya Anak Bangsa
(Foto:@MIND ID)

Liputan6.com, Jakarta BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, atau Mining Industry Indonesia, yang beranggotakan diantaranya PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk memberikan dana pengembangan sampai dengan Rp 1,5 Milyar untuk tiga pengembang aplikasi digital terbaik dalam ajang MIND ID Goes Digital. 

Aplikasi digital yang dikembangkan berperan sebagai problem solver bagi kegiatan operasional Grup MIND ID sekaligus untuk kemajuan industri pertambangan Indonesia. Ceremony pengumuman pemenang dan apresiasi penghargaan dilakukan pada 6 Agustus 2021 secara virtual. 

MIND ID Goes Digital merupakan ajang kompetisi pengembangan aplikasi digital pertambangan pertama di Indonesia. Program ini diharapkan mendorong para pengembang aplikasi digital karya anak bangsa bisa memecahkan tantangan dunia pertambangan serta melahirkan inovasi pada aspek Sustainable Mining Development; Plant and processing; Asset Management; Exploration; Mining Optimization; dan Safety Technology

“Program ini merupakan upaya MIND ID dalam memberikan nilai tambah kepada dunia pertambangan dan pengolahan mineral di Indonesia khususnya terkait digitalisasi proses bisnis. Diharapkan, pengembangan aplikasi digital ini dapat menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi oleh industri pertambangan dalam mewujudkan salah satu mandatnya untuk menjadi perusahaan kelas dunia,” kata Dany Amrul Ichdan, Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID.  

MIND ID Goes Digital berlangsung selama tujuh bulan sejak Februari hingga Agustus 2021. Terdapat empat tahapan seleksi yakni Pendaftaran, pitch deck proposal penelitian, Perkenalan fitur produk, dan Presentasi dengan purwarupa aplikasi serta hardware yang sudah dikembangkan peserta. MIND ID Goes Digital 2021 diikuti sebanyak 60 peserta/grup dari seluruh Indonesia. 

Tiga pengembang terpilih di ajang ini adalah sebagai berikut:

  1. Tim Safepedia-2 di kategori Exploration dengan judul penelitian/produk bernama "Geologging" yang mendigitalisasi identifikasi mineral dengan model Artificial Intelegence (AI), machine learning akan memungkinkan mengidentifikasi mineral melalui spektrum warna untuk keperluan eksplorasi.
  2. Tim POWERxWIT di kategori Sustainable Mining Development dengan judul penelitian/produk bernama "Mastermine" (An Intergrated Wastewater Treatment Monitoring, and Control Software Application). Mastermine merupakan rangkaian hardware dan software untuk perawatan air di daerah pertambangan. Software dirancang untuk mendeteksi air dan jika terdapat indikasi diperlukan perawatan maka secara otomatis senyawa kimia akan dilepaskan untuk melakukan perawatan.
  3. Tim AMDE di kategori Mine Operation, dengan judul penelitian/produk bernama Mining Integration (Mintegra). Software berbasis manajemen sistem Android ini akan me-record aktivitas pertambangan yang diinput secara manual maupun otomatisasi (OEM unit) untuk menghasilkan real time reporting.

“Kegiatan ini sejalan dengan salah satu pilar strategis Perusahaan yakni Digitalisasi. MIND ID akan berupaya untuk terus mengoptimalkan dan mengintegrasikan program research and development demi mewujudkan visi dan misi besar MIND ID yakni menjadi perusahaan bertaraf global yang mampu bersaing dengan korporasi pertambangan global,” tambah Dany Amrul Ichdan.

 

(*)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya