Cerita Peserta Tes SKD CPNS 2021 Ikut Ujian dalam Kondisi Hamil

Tes SKD CPNS 2021 yang berlangsung sejak 2 September 2021 berhak diikuti oleh peserta yang memiliki kondisi khusus seperti ibu hamil.

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Sep 2021, 14:55 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2021, 14:00 WIB
Peserta Tes SKD CPNS 2021 di Kemenko Kemaritiman dan Investasi.
Peserta Tes SKD CPNS 2021 di Kemenko Kemaritiman dan Investasi.

Liputan6.com, Jakarta Seleksi Kompetensi Dasar atau Tes SKD CPNS 2021 yang berlangsung sejak 2 September 2021 tetap berhak diikuti oleh peserta yang lulus seleksi administrasi meski memiliki kondisi khusus seperti hamil. 

Apabila ada peserta dengan kondisi tersebut, panitia pelaksana Tes SKD CPNS 2021 memastikan memberikan perhatian khusus kepada mereka.

Salah satunya, peserta bernama Annisa Irvo Putri Fahdillah yang sedang menjalani masa trisemester 2 kehamilan. Dia merupakan peserta SKD CPNS 2021 di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Meski dalam kondisi hamil, dia bercerita bahwa bisa menjalani tes SKD dengan baik tanpa kendala apa pun.

“Tidak ada kesulitan, panitianya juga membantu. Karena saya hamil, jadi diprioritaskan (masuk ke ruang ujian),” ujar Annisa melansir laman Menpan.go.id, Senin (20/9/2021).

Diketahui Annisa mengikuti tes SKD di Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Padang, Sumatra Barat pada Minggu, 19 September 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Persiapan Matang

Peserta Tes SKD CPNS 2021  di Kemenko Kemaritiman dan Investasi.
Peserta Tes SKD CPNS 2021 di Kemenko Kemaritiman dan Investasi.

Seleksi CPNS 2021 bukanlah seleksi pertama yang diikuti oleh Annisa. Tahun ini adalah seleksi CPNS ketiganya.  

Persiapan matang dibutuhkan oleh peserta untuk menjalani SKD. Pasalnya, peserta sudah maju selangkah lebih dekat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diimpikan.

Belum menyerah dengan impiannya, wanita berusia 25 tahun itu terus melakukan persiapan dengan rajin latihan dan mengikuti simulasi CAT BKN yang ada di laman resmi BKN.

Selain itu, aturan pelaksanaan SKD juga dianggap penting untuk diketahui oleh peserta. “Baca juga aturan ujian yang telah ditetapkan agar tidak menghambat pelaksanaan SKD,” jelas Annisa.

Tidak hanya Annisa, peserta SKD lainnya yaitu Syifa Nur Islam juga mengungkapkan persiapan yang sudah dilakukan untuk menghadapi SKD. Kisi-kisi yang sudah diberikan sangat membantunya untuk belajar.

“Persiapannya, tentu dengan belajar semua materi yang sudah ditetapkan,” ujar Syifa.

Sebagai tambahan informasi, materi yang dimaksud adalah Tes Wawasan Kebangsaaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). SKD akan terdiri dari 110 butir soal.

Selain itu, Syifa juga sempat mengungkapkan bahwa pelaksanaan SKD kali ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan aturan yang berlaku.

Tercatat sebanyak 49 peserta terdaftar untuk mengikuti SKD CPNS Kementerian PANRB di Kota Padang. Akan tetapi, ada lima peserta yang tidak hadir dan dipastikan gugur dari seleksi CPNS 2021.

Reporter: Shania

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya