Tumbuhkan Sektor Pertanian, Kementan Imbau Petani Lebak Akses KUR Pertanian

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengaku cukup senang oleh karena serapan KUR Pertanian sejak kali pertama diluncurkan hingga kini tetap berkembang cukup baik.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 08 Apr 2022, 21:14 WIB
Diterbitkan 08 Apr 2022, 21:14 WIB
Penuhi Target Kebutuhan Stok Jagung Nasional, Mentan SYL Kejar Tanam Jagung di Jeneponto
(Dok. Kementerian Pertanian RI)

Liputan6.com, Lebak Untuk menumbuh kembangkan sektor pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan) menghimbau para petani di Kabupaten Lebak, Banten memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian.

KUR merupakan merupakan sarana yang sangat baik untuk mengembangkan sektor pertanian. Dengan begitu, petani dapat memanfaatkan KUR untuk berbagai kegiatan seperti membeli alat mesin pertanian (alsintan), maupun pengembangan lainnya dari hulu hingga hilir.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengaku cukup senang oleh karena serapan KUR Pertanian sejak kali pertama diluncurkan hingga kini tetap berkembang cukup baik.

"Pertumbuhannya sangat pesat karena memang KUR Pertanian ini amat berguna bagi petani dalam mengembangkn budidaya pertaniannya," kata Mentan SYL.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil menuturkan, KUR Pertanian tak hanya mendorong pertumbuhan produktivitas pertanian, tetapi juga pendapatan petani itu sendiri.

Menurut dia, hal tersebut sejalan dengan tujuan pembangunan pertanian nasional yakni menyediakan pangan untuk seluruh rakyat, meningkatkan pendapatan petani dan menggenjot ekspor.

"Kami akan terus bekerja agar serapan KUR ini semakin besar di masyarakat. Saya meminta kepada kepala daerah di Indonesia dan juga pihak perbankan untuk bersama-sama menggenjot penyerapan KUR Pertanian ini," ujar Ali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


KUR Bangkitkan Perekonomian Masyarakat

KUR Bangkitkan Perekonomian Masyarakat
(Dok. Kementerian Pertanian RI)

KUR Pertanian, Ali melanjutkan, kembali menggeliatkan perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Pemanfaatan KUR Pertanian oleh petani membuat roda ekonomi dasar kembali bergerak yang artinya memiliki kontribusi besar bagi pergerakan perekonomian secara nasional.

"KUR mendorong pergerakan roda ekonomi dasar masyarakat sehingga dapat kembali meningkatkan daya beli, khususnya petani yang memiliki modal untuk mengembangkan budidaya pertanian mereka," ujar Ali.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya