Erick Thohir Buka Program Magang Magenta BUMN, Bisa Daftar di magenta.fhcibumn.com

Pendaftaran MAGENTA BUMN dapat diakses melalui link https://magenta.fhcibumn.com.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 17 Jan 2023, 10:59 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2023, 10:35 WIB
Gedung Kementerian BUMN
Gedung Kementerian BUMN (dok: Humas KBUMN)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membuka pendaftaran program Magang Generasi Bertalenta (Magenta) di lingkungan kementerian BUMN. Pendaftaran Magenta BUMN dapat diakses melalui link https://magenta.fhcibumn.com.

Registrasi Magenta BUMN dijadwalkan pada 16 Januari sampai dengan 22 Januari 2023, serta seleksi dan pengumuman ditetapkan pada 23 Januari - 27 Januari 2023.

"Pendaftaran Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA) BUMN sudah resmi dibuka," tulis akun Instagram FHCI BUMN, dikutip Selasa (17/1/2023).

Magenta BUMN merupakan program magang terpadu bagi mahasiswa dan fresh graduate agar dapat mengaktualisasikan ilmu yang telah diperoleh di dunia perkuliahan. serta merasakan langsung pengalaman bekerja di BUMN dengan budaya kerja AKHLAK yang profesional, jelas FHCI BUMN.

"Selain mendapatkan peluang mengembangkan soft skill dan hard skill, kamu juga bisa mendapatkan sertifikat eksklusif yang ditandatangani oleh Menteri BUMN dan Ketua Umum FHCI, loh Sob," tulisnya. 

Namun, saat dikunjungi, link pendaftaran Magenta BUMN magenta.fhcibumn.com terpantau "sedang dalam pemeliharaan".

"Terima kasih atas antusiasmenya. Saat ini Web sedang kami perluas kapasitasnya untuk memberikan kesempatan mendaftar yang lebih baik kepada seluruh peserta MAGENTA," terang laman itu.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Forum Human Capital Indonesia (@fhci.bumn)

Sebelumnya, dalam unggahan terpisah FHCI BUMN, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa program Magenta BUMN merupakan salah satu upaya membuka peluang yang luas bagi generasi muda di Indonesia.

"Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA) BUMN merupakan upaya dari Kementerian BUMN untuk membuka ruang seluas-luasnya bagi generasi muda dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan pembangunan ke depan, dengan teribat dan merasakan langsung budaya keria AKHLAK vang profesional di BUMN," kata Erick Thohir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Forum Human Capital Indonesia (@fhci.bumn)


Harapan BUMN dengan Kehadiran Program Magang MAGENTA

20160725-Gedung Kementrian BUMN-AY
Gedung Kementrian BUMN. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Adapun Deputi Bidang SDM, Teknologi dan informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata yang mengatakan bahwa "MAGENTA sUMN meniadi salah satu cara untuk menjawab tantangan link and match antara dunia industri dan dunia pendidikan. Program ini juga diharapkan memberikan magang experience yang lesih baik melalui sistem informasi digital yang terintegrasi, serta memberikan peserta kesempatan untuk balajar, bertumbuh, dan berkontribusi untur Indonesia".

"Transformasi SDM merupakan salah satu prioritas utama dalam pembangunan bangsa. Oleh karena itu, program MAGENTA BUMN hadir dengan harapan menjadi sarana bagi para mahasiswa dan fresh graduates untuk dopat mengembangkan kapasitas dirinya, baik dari aspek soft skill maupun hard skill serta memperoleh experience berkarya," kata Ketua Umum FHCI, Alexandra Askandar.


Lowongan Kerja 2023 BUMN di Taspen, Intip Posisi dan Kualifikasinya

PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah BUMN yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi ASN dan Pejabat Negara. (Dok Taspen)
PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah BUMN yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi ASN dan Pejabat Negara. (Dok Taspen)

Lowongan kerja 2023 di BUMN kali ini datang dari PT Taspen (Persero). Perusahaan asuransi ini membuka peluang berkarier bagi lulusan S1 berpengalaman.

Mengutip informasi dari laman karier perusahaan di rekrutmen.taspen.co.id, Senin (16/1/2023), PT Taspen buka lowongan pekerjaan untuk posisi Legal Division Head dan Accounting Division Head. Akan tetapi, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pelamar jika ingin mengisi posisi tersebut.

Sebelum mengetahui kualifikasinya, sekilas mengenai perusahaan, PT Taspen (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bdiang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi ASN dan Pejabat Negara.

Bagi yang tertarik bergabung dengan perusahaan asuransi ini dan memenuhi persyaratan, silakan mendaftarkan diri melalui laman karier perusahaan.

Adapun kualifikasi lowongan kerja yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut:

Persyaratan Umum

1. Warga Negara Indonesia;

2. Pendidikan Minimal Strata 1 (S1);

3. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan Putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;

4. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai/Karyawan di suatu Instansi, baik Instansi Pemerintah maupun Instansi Swasta;

5. Tidak memiliki catatan kejahatan yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);

6. Tidak memiliki hubungan sebagai berikut:

a. Ayah/ibu/anak/adik/kakak/menantu dengan Direksi dan Dewan Komisaris PT TASPEN (Persero);

b. Anak/menantu dari Karyawan PT TASPEN (Persero) yang masih memiliki masa kerja lebih dari 1 (satu) tahun dari Batas Usia Pensiun (BUP) saat penerimaan Karyawan;

c. Adik/kakak dari Karyawan PT TASPEN (Persero).


Erick Thohir Blacklist Peserta Rekrutmen Bersama BUMN yang Terbukti Pakai Joki

Korupsi BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir mengumpulkan 41 direksi dari lembaga - lembaga dana pensiun di lingkungan BUMN di Jakarta, Rabu malam (11/1). Di sini dia menegaskan soal korupsi di BUMN.

Menteri BUMN Erick Thohir akan memasukkan nama-nama peserta Rekrutmen Bersama BUMN batch 2 yang kedapatan melakukan kecurangan dalam daftar hitam atau blacklist. Sehingga, nantinya, nama-nama tersebut tak akan bisa masuk ke BUMN manapun.

Langkah ini sebagai salah satu tindakan tegas Erick. Salah satu alasannya karena sangat bertolak belakang dengan nilai-nilai AKHLAK yang menjadi core values Kementerian BUMN.

"Saya menerima laporan ada sejumlah peserta yang melakukan kecurangan saat mengerjakan soal ujian. Tentu ini perbuatan tidak terpuji, saya minta mereka yang terbukti curang berdasarkan tangkapan sistem teknologi digital Kementerian BUMN untuk ditindak tegas," ujar Erick, Senin (16/1/2023).

Erick menambahkan dia telah menerima laporan dari Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata, bahwa ada sejumlah peserta yang tertangkap oleh sistem melakukan kecurangan itu. Bahkan, kata Erick, dia mendapat laporan adanya indikasi praktik joki dalam praktik ujian tersebut.

"Saya minta kepada Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi untuk melakukan investigasi secara seksama. Jika terbukti tindakan itu melanggar hukum, maka jangan segan melaporkannya ke penegak hukum. Jika terbukti bersalah, yang bersangkutan akan kami blacklist di BUMN," tegas Erick.

Para peserta ujian rekrutmen bersama BUMN yang umumnya generasi muda itu, kata Erick, sebaiknya menanamkan sikap jujur dan amanah sejak awal. Praktik curang adalah benih sikap yang buruk dan tidak sejalan dengan nilai agama dan budaya, serta juga merusak pembangunan karakter bangsa.

“Kita menghadapi tantangan global yang membutuhkan generasi muda yang mau bekerja keras serta dipandu etika kejujuran sebagai dasar sikap profesionalisme. Mereka yang curang sudah gagal di tahap paling awal. Semoga mereka tidak mengulangi lagi perbuatannya kelak di mana pun juga," paparnya.

Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir
Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya