Jemput Peluang Ekspor, Kemenperin Ajak Brand Sepatu Lokal Perluas Pasar

Brand sepatu dan sneaker lokal yang dihadirkan, antara lain Artemis Ethereal, Bitka, Brundi, Footwear Emba, Kanky, Ortuseight, Pijakbumi, dan Prabu Indonesia.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 25 Feb 2023, 17:55 WIB
Diterbitkan 25 Feb 2023, 17:55 WIB
Jakarta Sneaker Day (JSD) bersama sekolah fashion internasional ESMOD menghadirkan Sneaker Show dari brand lokal hasil kurasi Balai Pemberdayaan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) yang siap berlenggang di red carpet JSD Solebration 2023, ICE BSD, Kabu
Jakarta Sneaker Day (JSD) bersama sekolah fashion internasional ESMOD menghadirkan Sneaker Show dari brand lokal hasil kurasi Balai Pemberdayaan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) yang siap berlenggang di red carpet JSD Solebration 2023, ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Sabtu (25/2/2023).

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Balai Pemberdayaan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) kembali berkolaborasi dengan Jakarta Sneaker Day (JSD) untuk meningkatkan pemasaran brand sepatu lokal di 2023.

Kali ini, JSD bersama sekolah fashion internasional ESMOD menghadirkan Sneaker Show. Dalam gelaran ini brand lokal hasil kurasi BPIPI akan berlenggang di red carpet JSD Solebration 2023, ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Sabtu (25/2/2023).

Brand sepatu lokal yang dihadirkan, antara lain Artemis Ethereal, Bitka, Brundi, Footwear Emba, Kanky, Ortuseight, Pijakbumi, dan Prabu Indonesia.

Kepala BPIPI Kemenperin Syukur Idayati mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program dari kampanye Indonesia Melangkah, agar para pelaku Industri alas kaki Indonesia bisa lebih tampil di pasar domestik hingga menjemput peluang ekspor.

"Salah satu kekuatan terbesar Indonesia ada pada industri alas kaki. Data dari BPS menunjukan pada kuartal 4 tahun 2022, pertumbuhan terhadap PDB industri alas kaki sebesar Rp 30,8 triliun, dengan nilai ekspor sebesar USD 7,7 miliar," ujar Ida di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (25/2/2023).

Dalam pameran JSD kali ini, Ida menyampaikan, dari total 70 brand sepatu yang ikut serta, 27 diantaranya merupakan brand lokal hasil kurasi untuk skala merek internasional.

Sepaku Lokal Punya Tempat di Hati 

Menurut dia, itu menunjukan bahwa posisi merek sepatu lokal, khususnya dari pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) sudah semakin punya tempat di hati masyarakat. BPIPI Kemenperin pun bakal terus mengajak pengusaha sepatu untuk ikut menjemput peluang tersebut.

"Pasar domestik luar biasa, brand lokal kewalahan untuk penuhi pasar. Ada beberapa yang Brlum miliki workshop sendiri. Maka perlu kolaborasi dengan industri kecil. Industri kecil perlu pemenuhan kualitas. Kami beri pendampingan ke industri kecil," tuturnya.

CEO Sepatu Kanky Alphonsus Ivan Kurniadi mengamini, bantuan pemerintah sangat berarti bagi kelanjutan usaha pelaku industri sepatu di Tanah Air. Sebelum beranjak ekspor, Alphon ingin brand lokal bisa memperkuat posisinya di pasar domestik terlebih dulu.

"Kita harap bisa jadi tuan di negeri kita sendiri. Banyak support pemerintah, bisa adain event buat penggiat sneakers. Gaungkan produk lokal ini," kata Alphon.


Urban Sneaker Society 2022 Siap Digelar, Undang Ikon Streetwear Internasional dan Tanding Basket

Jakarta Sneaker Day
Pengunjung memilih berbagai macam sepatu yang ada pada pameran sneaker dan streetwear berskala internasional Jakarta Sneaker Day (JSD) di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (25/2/2023). Mengusung tema 'Solebration', JSD tahun ini berlangsung pada 23-26 Februari 2023. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Urban Sneaker Society (USS) bakal kembali digelar di Hall A & B Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada 9--11 Desember 2022. Acara yang diadakan USS Networks sejak 2017 itu akan diisi beragam kegiatan menarik, dari rilisan produk eksklusif, talkshow, hingga promo spesial.

Tahun ini, USS menghadirkan Bobby Hundreds dari The Hundreds selaku ikon streetwear internasional dan streetballer legendaris Hotsauce sebagai bintang tamu. Pengunjung juga berkesempatan untuk bertemu langsung dan mengikuti sharing session dari kedua bintang tamu, sekaligus menonton pertandingan basket antara Hotsauce dan streetballer Indonesia.

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Selasa (6/12/2022), USS 2022 juga bekerja sama dengan Bank Mandiri untuk menghadirkan promo spesial. Pengunjung juga berkesempatan membuat untuk memperoleh produk dengan harga di bawah harga ritel dan diskon hingga 80 persen.

 


Ada Hadiah Menarik

Selain itu, setiap transaksi dengan kelipatan Rp500,000 akan mendapatkan tiket raffle dan berkesempatan memenangkan hadiah berupa satu unit Subaru WRX Special Edition. Marketing manager Subaru Indonesia, Ismail Ashlan menjelaskan keterlibatan merek mobil itu di USS 2022 ingin mengangkat kembali timeline Rally Golden Era.

"Subaru mengajak Gen Z untuk melihat kembali masa keemasan dunia rally Indonesia di USS 2022 ini. Masa keemasan yang berlaku tidak hanya untuk Indonesia yang didapuk sebagai tuan rumah World Rally Championship (WRC) pada Rally of Indonesia di Medan, Sumatera Utara di tahun 1996-97, namun juga masa keemasan untuk Subaru, di mana Subaru menjadi World Manufacturers' Champion, serta Collin McRae menjadi World Drivers' Champion di WRC tahun 1995-97," ia menuturkan.

Subaru akan menghadirkan item fesyen 90an untuk memperingatinya, seperti varsity jacket dan racing jacket. "Subaru turut bangga dapat berkolaborasi dengan Urban Sneaker Society sebagai platform event dan kolaborasi, serta dengan brand lokal RawType-Riot yang berkualitas dan diakui secara luas," imbuhnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya