28,5 Km Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Bisa Dilalui Saat Arus Balik Mudik Lebaran 2023

PT Jasa Marga akan kembali membuka secara fungsional ruas tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan pada periode mudik lebaran 2023. Ada sepanjang 28,5 kilometer jalur di ruas ini yang bisa digunakan pemudik dari arah Bandung menuju Jakarta.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 11 Apr 2023, 17:20 WIB
Diterbitkan 11 Apr 2023, 17:20 WIB
Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan
PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) siap membuka Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan saat mudik lebaran 2022

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga akan kembali membuka secara fungsional ruas tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan pada periode mudik lebaran 2023. Ada sepanjang 28,5 kilometer jalur di ruas ini yang bisa digunakan pemudik dari arah Bandung menuju Jakarta.

Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) Charles Lendra mengungkap ada 2 opsi bagi masyarakat yang melalui jalur ini. Pertama, masuk melalui simpang Sadang dan keluar di Gerbang Tol Kutanegara. Kedua, masuk di simpang Sadang dan keluar di Taman Mekar.

Sebelumnya, Japek II Selatan ini juga dibuka pada periode mudik Natal dan Tahun Baru 2023. Namun, ruas yang dibuka hanya dari simpang Sadang ke Gerbang Tol Kutanegara.

"Dari sini kita kembali ke simpang susun Kutanegara ada jalur 20 kilo lagi, ini sampai ke akses keluar Taman Mekar, kemudian bisa masuk ke gerbang tol Karawang Barat. Bisa melalui jalan pangkalan, bisa San Diego Hills," ujarnya di Gerbang Tol Kutanegara, Selasa (11/4/2023).

Pada opsi pertama, pengguna jalan bisa menempuh jalur arteri setelah keluar dari Gerbang Tol Kutanegara. Untuk bisa masuk ke gerbang tol Karawang Timur, pengguna perlu menempuh perjalanan sejauh 15 kilometer.

Sementara, untuk masuk ke Gerbang Tol Karawang Barat, pengguna perlu menempuh lagi jarak sepanjang 27 kilometer.

Pada opsi kedua, yang keluar dari Taman Mekar, jarak menuju Gerbang Tol Karawang Barat hanya perlu menempuh jarak 15-16 kilometer. Disini pengguna bisa melalui jalan industri atau jalan san diego hills.

Perlu dicatat, kendaraan yang bisa melalui ruas ini hanya kendaraan golongan I non bus. Waktu tempuh untuk opsi pertama bisa dilewati sekitar 10 menit. Sementara, untuk opsi 2 bisa dilewati selama 40 menit, mengingat pada jalur ini kondisi jalannya masih belum sempurna.

"Jalan tol ini bisa digunakan untuk siang atau malam, sudah ada pengamannya, di Sadang-Kutanegara sudah ada guide rail-nya, Taman Mekar sudah kami siapkan," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mudik Gratis

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km beroperasi secara fungsional pada periode 23 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023. (Jasa Marga)
Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km beroperasi secara fungsional pada periode 23 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023. (Jasa Marga)

Lebih lanjut, Charles menuturkan belum ada tarif yang berlaku untuk Japek II selatan ini. Hanya saja, pengguna jalan perlu melakukan tap out di gerbang tol temporer yang disiapkan Jasa Marga.

Tarif yang berlaku nantinya adalah tarif tol Sadang jika keluar di Gerbang Tol Kutanegara. Namun, pengguna akan dikenakan tarif tol Cipularang ketika keluar ke Taman Mekar.

"Transaksi disini tak ada tarif tol. Jarak tempuh dari (gerbang tol) awal sampai Sadang yang kena tarif," ujarnya.

 


Dibuka Untuk Arus Balik Lebaran 2023

KEPADATAN RUAS JALAN TOL
Foto udara menunjukkan kendaraan memadati Ruas tol Jakarta Cikampek, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Memasuki H-4 Lebaran 2022, volume jumlah kendaraan mengalami peningkatan hingga menyebabkan terjadinya kepadatan lalu lintas arus mudik. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan akan kembali beroperasi secara fungsional untuk periode mudik lebaran 2023 ini. Khususnya untuk mengurai arus balik mudik lebaran ke arah menuju Jakarta.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana menerangkan pengoperasian jalur ini menimbang adanya prediksi kepadatan kendaraan pada lebaran 2023 ini. Sama halnya seperti periode lebaran tahun lalu, dan musim mudik Natal dan Tahun Baru 2023.

"Nataru tahun lalu pun ini disiapkan Jasa Marga sebagai jalur fungsional, ada beberapa indikator, seperti lonjakan lalu lintas di tol Cipularang dan Jakarta-Cikampek bisa dialihkan dan bisa keluar di (gerbang tol) Karawang Timur dan Barat (bisa melalui) fungsional Japek Selatan ini," terangnya di Gerbang Tol Kutanegara, Selasa (11/4/2023).

Dia menyebut, keputusan pembukaan jalur Japek II Selatan ini akan mengikuti instruksi dari kepolisian. Misalnya, terpantau ada kepadatan kendaraan yang keluar ke Gerbang Tol Kalihurip Utama, maka, sebagian kendaraan akan dialihkan melalui jalur ini.

 


Dibuka 24 April 2023

Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Japek II Elevated. Dok PUPR
Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Japek II Elevated. Dok PUPR

Perlu dicatat, pembukaan Japek Selatan II ini difokuskan untuk mengantisipasi lonjakan arus balik mudik lebaran 2023. Artinya, pembukaan diperkirakan akan dimulai pada H+1 Lebaran atau pada 24 April 2023 mendatang.

"Buka tutupnya sesuai diskresi dari kepolisian," ujarnya.

Senada, Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) Charles Lendra mengungkapkan kalau ruas ini dibuka khusus untuk mengantisipasi arus balik mudik lebaran. Dia menegaskan kalau ruas ini bisa digunakan baik siang hari maupun malam hari.

"Jalan tol fungsional Japek II selatan ini untuk arus balik saja. Dan dibuka sesuai diskresi kepolisian, siang dan malam akan siap. Mulainya H+1 ya mungkin 24 April sampai H+10 (lebaran)," paparnya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya