Gibran Rakabuming Raka Dipanggil Hasto Kristiyanto PDI Usai Bertemu Prabowo, Intip Harta dan Gurita Bisnisnya

Gibran memenuhi panggilan di kantor DPP PDI Perjuangan. Wali Kota Solo itu menjelaskan semua kronologi terkait pertemuannya dengan Prabowo.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 22 Mei 2023, 18:38 WIB
Diterbitkan 22 Mei 2023, 18:00 WIB
Gibran Tegaskan Tak Maju Cawapres
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyatakan tak maju cawapres karena usia belum cukup di Balai Kota Solo, Jumat (5/5).(Liputan6com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Jakarta Nama Gibran Rakabuming Raka tengah menjadi sorotan menyusul pertemuannya dengan Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, pada Jumat 19 Mei 2023. Pertemuan yang dihadiri 15 organisasi relawan Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka itu ditandai dengan deklarasi dukungan pencapresan kepada Prabowo.

Selang beberapa hari setelah pertemuan tersebut, Gibran memenuhi panggilan di kantor DPP PDI Perjuangan. Wali Kota Solo itu menjelaskan semua kronologi terkait pertemuannya dengan Prabowo.

Gibran diketahui memberikan penjelasan saat proses pemanggilan kepada Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Komarudin Watubun.

"Hari ini, saya sudah mendapat banyak sekali masukan, nasihat saya juga sudah menjelaskan kronologi dari A sampai Z terkait pertemuan kemarin," kata Gibran di Kantor DPP PDIP, dikutip Senin (22/5/2023). 

Sebelumnya, Gibran telah menyatakan tidak akan maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024. "Umur belum cukup, wis tak jawab. Kan rumor, wis tak jawab, umur belum cukup," jelasnya di Balai Kota Solo, 5 Mei lalu. 

Perihal sosok Gibran, sebelum menjadi Walikota, anak sulung Presiden Joko Widodo ini dikenal   tekun menggeluti bisnis. Tak heran dia memiliki harta tak sedikit.

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara di KPK, atau LHKPN, Gibran Rakabuming Raka melaporkan kekayaannya pada 31 Januari 2022.

Laporan itu mencatat, Gibran mengantongi kekayaan senilai Rp 25.297.783.659. Dalam laporan sebelumnya, harta kekayaan Wali Kota Solo tercatat sebesar Rp 21.152.810.130.

LHKPN juga mencatat, Gibran memiliki harta tidak bergerak, tujuh bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Surakarta dan Sragen senilai Rp 17.339.000.000.

Adapun harta bergerak, delapan unit kendaraan senilai Rp. 682 juta. Kendaraan tersebut mencakup Motor Honda Scoopy tahun 2015 senilai Rp. 7 juta, Motor Honda CB-125 tahun 1974 senilai Rp. 5 juta, Motor Royal Enfield keluaran tahun 2017 senilai Rp. 40 juta.

Kemudian harta Gibran lain ada Mobil Toyota Avanza keluaran tahun 2016 senilai Rp. 90 juta, Toyota Avanza tahun 2012 senilai Rp. 60 juta, Mobil Isuzu Panther tahun 2012 senilai Rp. 70 juta, Mobil Daihatsu Grand Max tahun 2015 Rp. 60 juta, dan Mobil Mitsubishi Pajero Sport tahun 2016 Rp. 350 juta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Miliki Utang Senilai Rp 723,5 Juta

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (dok.Instagram @gibran_walikotasolo/https://www.instagram.com/p/CRxVWlIhcSH/Henry)

Adapun harta bergerak lainnya senilai Rp, 260 juta, kas dan setara kas, Rp 2.188.369.663, dan harta lainnya Rp 5.552.000.000.

Selain itu, Gibran juga tercatat melaporkan utang senilai Rp 723.586.004. 

Kekayaan Gibran pun meningkat sebanyak Rp 4.144.973.529 dari laporan sebelumnya saat dia mendaftarkan diri ke KPUD untuk pencalonan sebagai Wali Kota Surakarta, yakni Rp. 21.152.810.130.

 


Gurita Bisnis yang Digeluti Gibran Rakabuming Raka

Menpora dan Gibran Rakabuming Raka Tinjau Venue
Menpora Zainudin Amali dan Ketua INASPOC Gibran Rakabuming Raka sedang meninjau eks pabrik gula Tjolomadoe yang menjadi venue tenis meja untuk ASEAN Para Games X 2022 di Solo, Senin (20/6).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Selain berkarir di Pemerintahan, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikenal dengan sejumlah bisnis yang digelutinya.

Berikut adalah sederet bisnis yang digeluti Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka :

1. Chilli Pari

Menurut laman Instagramnya, Chilli Pari merupakan bisnis jasa katering makanan untuk acara pernikahan, dan pesta lainnya.

Bisnis tersebut beroperasi di Solo. Selain katering, Chilli Pari juga menawarkan layanan gedung pertemuan, souvenir, undangan, dekorasi, mobil pengantin, rias.

2. Mangkokku

Selain itu, Gibran juga menggeluti bisnis franchise makanan Rice Bowl bernama Mangkokku. Mangkokku pun terlah tersebar di berbagai kota, yaitu Jakarta, Semarang dan Cirebon.


3. Siap Mas

Keripik kentang
ilustrasi keripik /copyright shutterstock.com

Kemudian ada juga bisnis milik Gibran lainnya bernama Siap Mas, yang ia geluti bersama adiknya, Kaesang Pangarep.

Merek camilan ini menjual beragam makanan ringannya, salah satunya Kemripik dan Ngedrink untuk minumannya. Produk Siap Mas pun dapat ditemui di berbagai minimarket.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Siap Mas! (@siapmas)

4. Tugas Negara Bos

Selain kuliner, Gibran juga menggeluti bisnis di bidang konveksi bernama Tugas Negara Bos.

Tugas Negara Bos menjual produk pakaian mulai dari jas hujan hingga kaos dan jaket.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Tugas Negara Bos (@tugasnegarabos)


5. iColor Service

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by iColor Service (@icolor_service)

Selain kuliner dan konveksi, Gibran memperluas bisnisnya ke bidang jasa service gadget. Jasa service tersebut melayani reparasi untuk iPhone, iPad, Macbook, dan iMac hingga produk Apple lainnya.

iColor Service pun sudah tersebar di banyak kota di Indonesia, di antara adalah Jakarta, Bandung, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Malang, Bandung, Surabaya, Medan, hingga Lampung.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya