Banjir Permintaan Chip, Harta Miliarder China Jen-Hsun Huang Meroket Rp 97 Triliun

Huang yang memiliki sekitar 3 persen saham Nvidia memiliki kekayaan bersih sekitar USD 27,5 miliar saat pasar tutup pada hari Rabu.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 28 Mei 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 28 Mei 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi miliarder (iStock)
Ilustrasi miliarder (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Saham perusahaan pembuat chip grafis Nvidia melonjak 24 persen ke rekor tertinggi berkat laporan pendapatan triwulanan yang mengalahkan analis dan permintaan besar untuk chip yang akan menggerakkan revolusi AI.

Alhasil miliarder Tiongkok Jen-Hsun Huang berhasil mengantongi USD 6,5 miliar atau sekitar Rp 97 triliun dalam semalaman.

Dilansir dari Forbes, Jumat (26/5/2023), Huang yang memiliki sekitar 3 persen saham Nvidia memiliki kekayaan bersih sekitar USD 27,5 miliar saat pasar tutup pada hari Rabu. Kemudian Nvidia merilis laporan pendapatan kuartal pertamanya, memperkirakan penjualan sebesar USD 11 miliar untuk kuartal kedua–50 persen lebih banyak dari perkiraan analis–dan melaporkan laba per saham sebesar USD 1,09, itu USD 0,17 lebih tinggi dari yang diperkirakan.

“Industri komputer sedang melalui dua transisi simultan — komputasi yang dipercepat dan AI generatif,” kata Huang dalam siaran pers. Chip Nvidia siap untuk keduanya dan Huang mengatakan perusahaan "meningkatkan secara signifikan" pasokan untuk memenuhi "permintaan yang melonjak".

Jadi, hal itu yang membantu reli saham Nvidia dan bisnis terkait AI lainnya seperti Advanced Micro Devices dan C3.ai. Setelah seharian melakukan trading bullish, kekayaan Huang sekarang mencapai sekitar USD 34 miliar–naik lebih dari 23 persen dalam 24 jam dan cukup untuk menjadikannya orang terkaya ke-37 di dunia, menurut peringkat real-time Forbes.

“Hasil dan panduan Nvidia membuat kami tercengang karena kepemimpinan teknologi dalam AI sedang dimonetisasi dan tampaknya meledak melalui kekhawatiran tesis beruang yang tersisa untuk saat ini,” tulis analis Cowen yang dipimpin oleh Matthew Ramsay, Kamis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perjuangan Membangun Bisnis

Ilustrasi Miliarder. Unsplash/Mathieu Stern
Ilustrasi Miliarder. Unsplash/Mathieu Stern

Ini jalan yang panjang bagi Huang. Dia lahir di Taiwan dan pindah ke Thailand sebagai seorang anak sebelum orang tuanya mengirimnya, pada usia 9 tahun. Dia mengambil jurusan ilmu komputer dan desain chip di Oregon State University dan mendapat gelar master teknik elektro dari Stanford pada 1992.

Setelah menonton game kartun PC, dia dan salah satu pendiri Chris Malachowsky (saat ini pejabat teknologi senior Nvidia) dan Curtis Priem (yang pensiun pada 2003 ) mendirikan Nvidia pada 1993, memata-matai pasar untuk meningkatkan grafik game. Huang, yang telah menjadi CEO sejak awal dan yang menato logo Nvidia di bisep kiri atasnya, menjadi publik bisnis di Nasdaq pada 1999.

"Tidak ada pasar pada 1993, tetapi kami melihat gelombang datang," kata Malachowsky kepada Forbes pada 2016. "Ada kompetisi selancar California yang terjadi dalam jendela lima bulan setiap tahun. Ketika mereka melihat beberapa jenis fenomena gelombang atau badai di Jepang, mereka memberi tahu semua peselancar untuk datang ke California, karena akan ada gelombang dalam dua hari. Itulah yang terjadi. Kami berada di awal."

Terlepas dari perjuangan awal, Nvidia menang di pasar yang baru lahir untuk unit prosesor grafis, atau GPU, yang memungkinkan mesin menghasilkan gambar yang detail dan bersih dengan kecepatan sangat cepat. Teknologi tersebut memicu pasar game PC ke dalam industri raksasa seperti sekarang ini.

 


GPU

Ilustrasi Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML)
Ilustrasi Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML). Kredit: Gerd Altmann from Pixabay

Saat ini, GPU membantu menggerakkan konsol game, kendaraan otonom, dan robotika untuk lebih dari 35.000 pelanggan Nvidia, termasuk Google, Mercedes-Benz, Amazon, dan Meta.

"Semakin banyak konten, semakin banyak minat visual, semakin banyak tenaga pemrosesan yang dibutuhkan orang," kata Huang kepada Forbes pada 2007.

Teknologi Nvidia telah menjadi sangat penting dalam perusahaan yang digerakkan oleh AI; chip yang menggerakkan AI generatif sangat penting untuk layanan baru seperti ChatGPT atau Google Bard. Chip berdaya tinggi ini memiliki kekuatan pemrosesan yang lebih tinggi daripada kebanyakan chip yang ada di pasaran, membuatnya mampu memproses masukan data yang lebih besar dan lebih rumit.

“Kami melihat pesanan luar biasa untuk memperlengkapi kembali pusat data dunia. Jadi saya pikir Anda melihat awal, sebut saja, transisi 10 tahun untuk mendaur ulang atau mengklaim kembali pusat data dunia dan membangunnya sebagai komputasi yang dipercepat," kata Huang.

"Anda akan memiliki perubahan yang cukup dramatis dalam pengeluaran pusat data dari komputasi tradisional dan untuk mempercepat komputasi dengan SmartNIC, smart switch, tentu saja GPU, dan beban kerja akan didominasi oleh AI generatif."

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya