Harga Minyak Dunia Turun ke USD 72,60 per Barel Dampak Pelemahan Data Ekonomi China

Kamis (1/6/2023), harga minyak mentah Brent berjangka untuk pengiriman Agustus turun USD 1,11 menjadi USD 72,60 per barel.

oleh Arthur Gideon diperbarui 01 Jun 2023, 09:30 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2023, 09:30 WIB
Ilustrasi Harga Minyak Dunia. Foto: AFP
Harga minyak jatuh setelah data China menunjukkan aktivitas manufaktur berkontraksi lebih cepat dari yang diharapkan pada bulan Mei. Ilustrasi Harga Minyak Dunia. Foto: AFP

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak dunia turun tajam pada perdagangan Rabu tertekan oleh penguatan dolar Amerika Serikat (AS) dan pelemahan data ekonomi China. Pelemahan data negara importir utama minyak ini menyulut kekhawatiran pelemahan permintaan.

Mengutip CNBC, Kamis (1/6/2023), harga minyak mentah Brent berjangka untuk pengiriman Agustus turun USD 1,11 menjadi USD 72,60 per barel. Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS juga turun USD 1.37 atau 2 persen menjadi USD 68,09 per barel.

Angka penurunan pada Rabu ini melanjutkan penurunan di hari sebelumnya atau pada Selasa yang anjlok lebih dari 4 persen.

Harga minyak dunia jatuh setelah data China menunjukkan aktivitas manufaktur berkontraksi lebih cepat dari yang diharapkan pada bulan Mei. Kontraksi ini terjadi karena melemahnya permintaan sehingga memangkas PMI manufaktur menjadi 48,8 dari 49,2 pada bulan April. Jauh di bawah perkiraan yang ada di kisaran 49,4.

Indeks dolar AS yang mengukur nilai tukar dolar AS terhadap enam mata uang utama dunia lainnya mendapat dukungan dari pendinginan inflasi Eropa dan kemajuan pada tagihan plafon utang bipartisan AS, yang akan diajukan ke DPR untuk diperdebatkan.

DPR akan mengirim draf ke Senat, di mana debat dapat berlangsung hingga akhir pekan, karena batas waktu 5 Juni semakin dekat.

Dolar yang lebih kuat membuat minyak lebih mahal bagi pembeli yang memegang mata uang lain.

Data AS menunjukkan lowongan pekerjaan secara tak terduga naik pada April, menunjukkan kekuatan yang terus-menerus di pasar tenaga kerja yang dapat mendorong Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga pada Juni.

"Kami memiliki data China yang lebih lemah dari perkiraan, situasi batas utang, pengeluaran datar selama dua tahun, dan kemungkinan kenaikan suku bunga bulan depan membebani pasar," kata Direktur Energi Mizuho, Bob Yawger.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pertemuan OPEC

Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP
Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP

Pelaku pasar menunggu pertemuan OPEC+ yang akan berlangsung pada 4 Juni mendatang. Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutu termasuk Rusia ini akan menentukan produksi minyak untuk mengontrol mengontrol harga.

Sinyal beragam oleh produsen utama tentang pengurangan produksi lebih lanjut telah memicu volatilitas harga minyak, namun HSBC, Goldman Sachs dan beberapa analis lain tidak memperkirakan OPEC+ akan mengumumkan pemotongan lebih lanjut pada pertemuan ini.

HSBC melihat permintaan minyak yang lebih kuat dari China dan dunia Barat dari musim panas dan seterusnya akan memicu defisit pasokan di paruh kedua.

“Tindakan yang paling mungkin adalah tetap mengurangi,” kata analis pasar minyak PVM Stephen Brennock, mengenai keputusan OPEC+.

 


Produksi AS

Di AS, produksi lapangan minyak naik pada Maret menjadi 12,696 juta barel per hari, tertinggi sejak Maret 2020, ketika pandemi virus corona mulai mengurangi permintaan energi global, menurut data Administrasi Informasi Energi.

Stok minyak mentah dan bensin AS terlihat turun minggu lalu, sementara persediaan sulingan kemungkinan meningkat, jajak pendapat Reuters awal menunjukkan pada hari Selasa.

Jajak pendapat dilakukan sebelum laporan dari American Petroleum Institute, sebuah kelompok industri, dijadwalkan pada pukul 16:30. EDT (2030 GMT) pada hari Rabu.

Infografis Heboh Kabar China Klaim Natuna hingga Tuntut Setop Pengeboran Migas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Heboh Kabar China Klaim Natuna hingga Tuntut Setop Pengeboran Migas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya