Miliarder Hong Kong Beli Raksasa Properti Senilai Rp 67,5 Triliun

Perusahaan investasi milik miliarder Hong Kong Henry Cheng yaitu Chow Tai Fook Enterprises mengumumkan untuk membeli NWS Holdings, seniah sebuah raksasa properti milik New World Development Company Limited.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 30 Jun 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi miliarder (iStock)
Chow Tai Fook Enterprises saat ini secara langsung memiliki sekitar 2,5 persen saham NWS Holdings. Ilustrasi miliarder (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan investasi milik miliarder Hong Kong Henry Cheng yaitu Chow Tai Fook Enterprises mengumumkan untuk membeli NWS Holdings, seniah sebuah raksasa properti milik New World Development Company Limited. Nilai dari  akuisisi ini mencapai USD 4,5 miliar atau sekitar Rp 67,5 triliun.

Chow Tai Fook Enterprises mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada bursa saham Hong Kong bahwa mereka menawarkan masing-masing 9,15 dolar Hong Kong untuk mengakuisisi per lembar saham yang belum dimilikinya di NWS. Ini termasuk 60,9 persen saham yang dimiliki oleh New World Development yang akan meringankan beban utang pengembang properti tersebut.

Chow Tai Fook Enterprises saat ini secara langsung memiliki sekitar 2,5 persen saham NWS Holdings.

Tidak hanya itu, Chow Tai Fook Enterprises juga mengatakan penawaran tersebut mewakili premi sebesar 14,5 persen dari harga perdagangan terakhirnya sebesar 7,99 dolar Hong Kong sebelum sahamnya ditangguhkan.

Ini juga diterjemahkan menjadi premi 30,9 persen di atas harga penutupan rata-rata 6,99 dolar Hong Kong selama 30 hari perdagangan sebelum penghentian perdagangan, menurut pernyataan itu.

NWS melihat sahamnya melonjak 10,3 persen di sesi Selasa pagi setelah mereka melanjutkan perdagangan.

Tawaran itu akan "segera memperkuat posisi keuangan New World Development" dan "meningkatkan fokus strategis New World Development pada pengembangan properti, investasi properti, dan bisnis terkait properti," tulis pernyataan itu. New World Development akan menerima sekitar 21,8 miliar dolar Hong Kong dari pelepasan saham tersebut.

Chow Tai Fook Enterprises dapat menggunakan haknya untuk menjadikan NWS pribadi jika kondisi tertentu terpenuhi, termasuk mengakuisisi setidaknya 90 persen saham NWS yang belum dimilikinya, menurut pernyataan tersebut. Henry Cheng, putra sulung pendiri New World Cheng Yu-tung , adalah direktur Chow Tai Fook Enterprises, dan ketua New World dan NWS.

 


Pelepasan Aset Non-Inti

Pembelian tersebut dilakukan karena New World Development terus meningkatkan pelepasan aset non-inti untuk menurunkan utang di tengah lonjakan suku bunga dan jatuhnya harga properti. Raksasa real estat itu mengatakan akan melepas aset non-inti senilai 10 miliar dolar Hong Kong selama hingga Juni.

NWS adalah unggulan industri dari New World Development dengan bisnis yang mencakup jalan tol, konstruksi, dan asuransi. Perusahaan melaporkan peningkatan pendapatan 7,8 persen tahun-ke-tahun menjadi 17,6 miliar dolar Hong Kong dalam enam bulan yang berakhir Desember, menurut laporan pendapatan terbarunya. Ini mencatat penurunan laba bersih 26,6 persen menjadi 1,2 miliar dolar Hong Kong selama periode yang sama.

Chow Tai Fook Enterprises berakar pada Perhiasan Chow Tai Fook yang didirikan pada 1920-an. Raksasa investasi swasta itu mengatakan memiliki kepentingan di real estat utama, layanan perhotelan, energi, media, serta perusahaan teknologi yang sedang berkembang, antara lain. Chow Tai Fook Enterprises saat ini dipimpin oleh Patrick Tsang, cucu menantu dari Cheng Yu-tung.

Infografis miliarder dunia
Jumlah miliarder dunia di setiap benua (liputan6,com/Deisy)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya