Deretan Miliarder Ini Jual Saham Terbanyak Sepanjang 2023, Siapa Saja?

Berikut ini 10 miliarder yang paling banyak menjual sahamnya selama paruh pertama 2023 ini.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 09 Jul 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi Miliarder Dunia. Unsplash/Hunter Race
berikut ini 10 miliarder yang paling banyak menjual sahamnya selama paruh pertama 2023 ini. Unsplash/Hunter Race

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 21 orang terkaya di dunia termasuk Larry Ellison dan Rob Walton telah melepaskan saham senilai lebih dari USD 9 miliar jika digabungkan dalam enam bulan pertama 2023. Selain kedua miliarder tersebut, ada lagi beberapa nama yang disebut telah menjual sahamnya paling banyak hingga setengah tahun ini.

Sejak mengundurkan diri dari pekerjaannya di Airbnb pada Juli 2022, salah satu pendiri Joe Gebbia telah meningkatkan penjualan sahamnya. Dia menjual 7,3 juta saham penyewa rumah peer-to-peer seharga USD 890 juta sebelum pajak selama paruh pertama tahun 2023. Itu hampir 40 persen dari semua saham yang dia jual sejak Airbnb go public pada 2020 dan kemungkinan membantu mendanai akuisisi saham minoritas di San Antonio Spurs NBA pada Januari.

Selain itu, Gebbia juga mendirikan Samara, yang membangun unit hunian aksesori bertenaga surya yang dapat digunakan sebagai ruang tambahan atau disewakan oleh pemilik rumah, pada November 2022. Terlepas dari semua penjualan itu, Gebbia masih memiliki 8 persen saham Airbnb, yang merupakan sebagian besar dari perkiraannya sebesar USD 7,9 miliar kekayaan bersih. Dia tetap menjadi anggota dewan Airbnb dan terus memimpin divisi nirlaba Airbnb.org.

Dengan saham yang bangkit kembali dari 2022 saat masa mengerikan, banyak orang terkaya di dunia berada dalam mood jual selama paruh pertama 2023.

Gebbia adalah salah satu dari dua puluh satu miliarder yang menjual saham terdaftar di AS senilai lebih dari USD 100 juta selama enam bulan terakhir. Alasan untuk menjual berkisar dari meninggalkan perusahaan, pembelian kembali saham yang akan mendorong taruhan mereka ke tingkat yang tidak diinginkan, opsi yang akan segera berakhir atau meraup tim olahraga yang baru saja memasuki pasar.

Sementara itu, Josh Harris masuk dalam dua kategori tersebut. Dia menjual saham senilai USD 210 juta di Apollo Global Management, raksasa ekuitas swasta yang ia dirikan bersama pada 1990, selama paruh pertama 2023.

Sejak meninggalkan Apollo pada 2021, Harris telah melepas hampir 30 persen sahamnya seharga USD 830 juta, yang kemungkinan akan membantu mendanai akuisisi yang tertunda oleh kelompok yang dipimpin Harris atas NFL's Washington Commanders dengan rekor USD 6 miliar, serta perusahaan manajemen aset alternatif baru yang diluncurkan Harris September lalu, 26North .

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Miliarder Lainnya

Ilustrasi Miliarder. Unsplash/Mathieu Stern
Ilustrasi Miliarder. Unsplash/Mathieu Stern

Ada pula pewaris Walmart Rob Walton baru-baru ini membeli tim sepak bolanya sendiri, memimpin grup yang membeli Denver Broncos dengan rekor USD 4,65 miliar pada Juni 2022.

Dia juga salah satu dari tiga penjual terbesar tahun ini. Forbes memperkirakan bahwa Rob, Alice, dan Jim Walton, masing-masing menerima 25 persen dari USD 4,5 miliar uang tunai yang dihasilkan dari penjualan saham pengecer oleh Walton Family Holdings Trust.

Keponakan mereka Lukas Walton mendapat peringkat sebagai penjual terbesar kesembilan dalam enam bulan terakhir, berkat perkiraan 8 persen sahamnya di kendaraan.

Setelah memegang saham Walmart mereka selama beberapa dekade, Walton sekarang telah menjual hampir sepersepuluh saham mereka sejak 2016 dengan harga hampir USD 25 miliar.

Meskipun itu pasti akan membantu membeli Broncos, kemungkinan besar tujuan utama dari penjualan Walton baru-baru ini adalah untuk mendanai filantropi mereka dan mempertahankan saham keluarga sekitar 50 persen karena Walmart telah membeli kembali hampir USD 50 miliar sahamnya sendiri selama tujuh setengah tahun terakhir.

Pada pernyataan proksi terbaru, Walton Family Holdings Trust dan kendaraan klan lainnya, Walton Enterprises, memiliki 46 persen saham pengecer.

 


Daftar Miliarder

Ilustrasi Miliarder
Ilustrasi Miliarder (pixabay.com)

Larry Ellison, sementara itu, telah melihat sahamnya di Oracle tumbuh hampir seperlima menjadi sekitar 43 persen, terlepas dari kenyataan bahwa dia menjual sekitar USD 2 miliar sahamnya sejak 2020, termasuk nilai USD 850 juta selama paruh pertama 2023. Itu karena perusahaan perangkat lunak yang didirikan Ellison dan kursi membeli kembali hampir USD 50 miliar dari sahamnya sendiri selama tiga setengah tahun terakhir.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini 10 miliarder yang paling banyak menjual sahamnya selama paruh pertama 2023 ini.

  1. Rob Walton (Walmart) : USD 1,1 miliar
  2. Alice Walton (Walmart) : USD 1,1 miliar
  3. Jim Walton (Walmart) : USD 1,1 miliar
  4. Joe Gebbia (Airbnb) : USD 890 juta
  5. Larry Ellison (Oracle) : USD 850 juta
  6. Dean Solon (Shoals Technologies) : USD 590 juta
  7. Safra Catz (Oracle) : USD 470 juta
  8. Peter Gassnes (Veeva System) : USD 460 juta
  9. Lukas Walton (Walmart) : USD 360 juta
  10. Stephane Bancel (Moderna) : USD 300 juta
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya