Adu Dermawan 2 Pemain Al Nassr Cristiano Ronaldo dan Sadio Mane

Sadio Mane bergabung bersama Cristiano Ronaldo untuk berkarier di liga Arab Saudi melalui klub Al Nassr. Adapun dua pesepakbola ini juga dikenal sebagai sosok dermawan.

oleh Agustina Melani diperbarui 02 Agu 2023, 18:08 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2023, 16:29 WIB
Foto: Sadio Mane Jadi Pemenang Edisi Pertama Penghargaan Socrates
Sadio Mane menerima penghargaan Socrates Award. Penghargaan ini diberikan kepada pesepakbola yang berikan kontribusi di bidang sosial. (AP/Francois Mori)

Liputan6.com, Jakarta - Sadio Mane akhirnya bergabung dengan Al Nassr usai proses transfer dari Bayern Muenchen pada Rabu, 2 Agustus 2023.

Al Nassr menyebutkan, Sadio Mane telah menandatangani kontrak empat tahun. Berdasarkan laporan AFP,  klub Arab Saudi itu menyiapkan dana 40 juta euro atau sekitar Rp 664 miliar untuk membawa pemain Senegal it uke Al Nassr. Demikian dikutip dari Antara, Rabu (2/8/2023).

Sebelum ke Al Nassr, Sadio Mane pindah ke Bayern Munchen pada 2022 dengan harapan tinggi setelah mencetak 120 gol dalam 269 pertandingan untuk Liverpool. Ia memenangkan Liga Champions, Liga Premier, Piala FA, Piala Liga, dan Piala Dunia Klub.

CEO Bayern Muenchen, Jan-Christien Dreesen menyampaikan salam perpisahan kepada Sadio Mane dan berterima kasih atas kerja kerasnya saat membela klub Jerman itu selama satu tahun. “Kami ingin berterima kasih kepada Sadio Mane untuk musim lalu,” ujar Dressen.

“Ini tentu bukan tahun yang mudah baginya, menderita cedera tepat sebelum Piala Dunia dan absen membela timnas Senegal yang sebelumnya dia pimpin dan sukses meraih Piala Afrika serta kualifikasi Piala Dunia,” ia menambahkan.

“Karena waktu istirahat yang lama, dia tidak dapat berkontribusi sebanyak yang kami dan dan dia sendiri harapkan untuk FC Bayern. Itulah mengapa kami memutuskan bersama bahwa dia harus memulai babak baru dalam karernya dan memulai awal yang baru di klub lain,” tutur dia.

Sadio Mane akan bergabung dengan Cristiano Ronaldo di lini serang Al Nassr. Selain Mane, Al Nassr telah rekrut gelandang Marcelo Brozovic dari Inter Milan, Seko Fofana dari Lens, dan bek kiri Alex Telles dari Manchester United.

Bicara mengenai Sadio Mane dan Cristiano Ronaldo yang akan bermain bersama di Al Nassar, menarik untuk mengetahui dua pemain yang dikenal sosok dermawan tersebut. Cristiano Ronaldo telah dikenal sebagai salah satu atlet yang berkontribusi untuk sejumlah donasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sadio Mane Raih Penghargaan Socrates Award

Foto Liga Inggris: Sadio Mane dan 4 Pencetak Hattrick Tercepat di Premier League
5. Sadio Mane (Southampton) - Striker Liverpool ini memegang rekor hattrick tercepat di pentas Premier League dengan catatan waktu 2 menit 56 detik. Gol-gol itu disarangkan Mane ke gawang Aston Villa pada menit 13, 14 dan 16 pada musim 2014/15. (AFP/Glyn Kirk)

Demikian juga Sadio Mane. Bahkan Sadio Mane meraih penghargaan Socrates Award. Penghargaan ini dibuat oleh L’Equpe Group and Peace and Sport untuk mengakui pesepakbola yang terlibat secara sosial.

Pada 17 Oktober 2022, Sadio Mane menerima penghargaan Socrates pertama dari Sandy Heribert dan Didier Drogba. Selain karier olah raga yang mengesankan, Sadio Mane telah berkontribusi pada perubahan sosial yang positif melalui proyek-proyek yang bertujuan untuk kebaikan bersama terutama di Bambali, kampung halamannya Senegal.

Selama beberapa tahun terakhir, ia berkontribusi dalam pembangunan rumah sakit dan sekolah menengah di Bambali. Mane juga signifikan mendukung upaya Senegal dalam perjuangannya melawan COVID-19.

“Saya sangat senang memenangkan penghargaan ini. Ini adalah sesuatu yang sangat istimewa dan memotivasi saya untuk memberikan yang terbaik di dalam dan luar lapangan,” ujar Sadio Mane saat menerima penghargaan itu demikian mengutip dari sportanddev.org.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada keluarga dan rekan timnya. “Dengan trofi ini, saya akan menggandakan usaha saya di lapangan. Melakukan yang terbaik untuk semua orang ini adalah impian anak-anak saya. Saya tahu dari mana saya berasal dan saya tahu realitas saya. Saya berusaha melakukan yang terbaik yang saya bisa,” kata dia.


Deretan Donasi yang Diberikan Sadio Mane

Liverpool Vs Manchester City
Striker Liverpool, Sadio Mane, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Manchester City bersama Virgil Van Dijk pada laga Premier League di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (10/11). Liverpool menang 3-1 atas City. (AFP/Paul Ellis)

Dikutip dari Liverpoolecho.co.uk, saat COVID-19 melanda pada Maret 2020, Mane donasikan 41.000 pound sterling atau sekitar Rp 796,19 juta (asumsi kurs pound sterling 19.419 terhadap rupiah) untuk Senegalese National Committee untuk melawan COVID-19.

Sebelumnya ia juga membangun sekolah, stadion, menyediakan baju, sepatu dan makanan bagi orang yang hidup dalam kemiskinan ekstrem. 

Ia telah membantu mengubah desa yang diperkirakan berpenduduk 2.000 orang, ke tahap di mana Bambali hampir menjadi kota.

Pertama, Sadio Mane membangun rumah sakit umum senilai 455.00 pound sterling atau sekitar Rp 8,83 miliar yang mencakup unit perawatan bersalin. Ayah Mane meninggal saat masih kecil dan kurangnya layanan kesehatan di wilayah asalnya turut berdampak besar terhadap kehidupan Mane.

“Saya ingat adik saya juga lahir di rumah karena tidak ada rumah sakit di desa kami. Itu adalah situasi yang sangat, sangat menyedihkan bagi semua orang. Saya ingin membangunnya untuk memberi harapan kepada orang-orang,” ujar dia kepada Guardian pada 2020.

Dengan kehadiran unit bersalin sangat penting dengan angka kematian ibu di Senegal yang sangat tinggi yaitu 315 kematian per 100.000 kelahiran. Ini dibandingkan hanya 13,4 per 100.000 di Inggris. Jumlah kematian terkait kehamilan bahkan lebih tinggi di daerah pedesaan Senegal dengan 1 dari 19 wanita meninggal saat melahirkan. Dengan investasi Mane akan membuat perbedaan besar di wilayah itu.

Mane juga sumbang 250.000 pound sterling atau sekitar Rp 4,85 miliar untuk sekolah menengah umum gratis dan memberikan laptop dan masing-masing USD 400 kepada siswa berprestasi di SMA Bambali.

 


Sadio Mane Beri 70 Euro per Bulan kepada Keluarga Membutuhkan

Sadio Mane - Bayern Munchen
Penyerang Bayern Munchen Sadio Mane. (Oli SCARFF / AFP)

Untuk dongkrak peluang anak muda di desa, Mane kerap membagikan pakaian olah raga gratis. Termasuk mendonasikan 300 kaos Liverpool jelang final Liga Champions 2018 agar warga desa dapat memakainya.

Mane juga membangun SPBU dan saat ini membantu bangun kantor pos. Ia juga memberikan 70 euro atau sekitar Rp 1,16 juta (asumsi satu euro 16.670 terhadap rupiah). Ia juga memberikan koneksi internet 4G.

“Saya juga memberikan 70 euro per bulan kepada masyarakat miskin di wilayah atau Senegal yang berkontribusi terhadap ekonomi keluarganya. Saya tidak butuh menunjukkan mobil mewah, rumah mewah, perjalanan dan bahkan pesawat. Saya memilih untuk menolong orang dari apa yang sudah diberikan kepada saya,” kata dia dikutip dari Mirror.

Langkah-langkah ini bertujuan untuk membantu meningkatkan konektivitas ke daerah lain dan kurangi  isolasi serta ketidaksetaraan yang sering dialami desa di Senegal.


Cristiano Ronaldo Dikenal sebagai Atlet Paling Dermawan

Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo berhasil menyumbangkan satu gol saat Al Nassr menang 4-1 atas Union Monastirienne pada laga kedua Grup C Liga Champions Arab 2023 di King Fahd Stadium, Arab Saudi, Selasa (1/8/2023) dini hari WIB. (AFP)

Selain Sadio Mane, Cristiano Ronaldo juga sebagai salah satu pesepakbola yang paling terkenal dengan kegiatan amalnya. Sebagai penghargaan atas pekerjaan amanya, ia juga mendapatkan anugerah Athletes Gone Good Award untuk sebagian besar pekerjaan amal.

Ronado dikenal karena sumbangkan USD 83.000 atau sekitar Rp 1,25 miliar (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah 15.163) untuk  dana operasi seorang anak berusia 10 tahun. Demikian mengutip dari laman sportmob.com.

Ia bernilai sekitar USD 108 juta, dan berada di urutan teratas dalam daftar pesepakbola terkenal yang terlibat dalam amal. Pada 2012, Ronaldo kumpulkan 1,5 juta euro atau sekitar Rp 24,9 miliar (asumsi satu euro 16.657 terhadap rupiah) dengan melelang penghargaan sepatu emasnya.

Selain pekerjaan amal lainnya, Ronaldo juga terlibat dengan Save the Children Foundation, sebuah yayasan yang dibentuk untuk kumpulkan dana untuk bantuan gempa di Nepal setelah negara itu dilanda gempa besar pada 2015. Tak hanya itu,  Ia juga kirim bantuan untuk korban gempa di Turki dan Suriah. Donasi tersebut bernilai USD 350.000 atau sekitar Rp 5,3 miliar, demikian dikutip dari Marca.


Daftar Donasi yang Diberikan Cristiano Ronaldo

Foto : Sumbang Gol, Cristiano Ronaldo Bawa Al Nassr Gulung US Monastir di Liga Champions Arab 2023
Pemain Al Nassr, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang US Monastir pada laga kedua Grup C Liga Champions Arab 2023 di King Fahd Stadium, Taif, Selasa (1/8/2023). (twitter/al nassr)

Berikut daftar donasi Cristiano Ronaldo dikutip dari laporan the Richest pada April 2022:

1.Donasi ke Pusat Kanker

Di antara sumbangan pertama yang diberikan oleh Ronaldo adalah untuk membantu pusat kanker dengan donasikan USD 130.000 atau sekitar Rp 1,97 miliar. Tindakan ini setelah ibunya selamat dari kanker payudara pada 2007. Ia pun sangat berterima kasih kepada pusat perawatan di Portugal yang telah merawat ibunya.

2.Donasi ke Rumah Sakit Portugal

Selama pandemi COVID-19, Cristiano Ronaldo setuju mengambil pemangkasan gaji selama empat bulan dari Maret-Juni yang kurangi sekitar USD 4 juta dari gajinya pada 2020.

Jumlah yang dipotong dari gajinya sebagian besari disumbangkan untuk rumah sakit di Portugal sehingga sediakan tempat tidur rumah sakit, kipas angin, ventilator, dan pompa infus.

3.Donasi Tambahan USD 1 Juta untuk Atasi COVID-19

Selain dari pemangkasan gaji, ia memberikan tambahan USD 1 juta ke rumah sakit di Portugal untuk berperang melawan krisis karena COVID-19. Ia telah bekerja sama dengan manajernya Jorge Mendes untuk memberikan sumbangan itu. Presiden Rumah Sakit Santa Maria, Daniel Ferro menyebutkan aksi tanpa pamrih Ronaldo ke media. Daniel Ferro dihubungi Mendes atas nama Ronaldo untuk bantu biayani dua unit perawatan intensif pasien COVID-19.

4.Jual Penghargaan untuk Tujuan Kemanusiaan

Di antara tindakan paling menonjol Cristiano Ronaldo untuk membantu orang lain adalah saat menjual sepatu emasnya dan sumbangkan hasilnya sekitar USD 1,5 juta untuk mendanai banyak sekolah di Gaza. Sepatu emas termasuk penghargaan yang diberikan kepada pencetak gol terbanyak di Eropa yang diberikan pada setiap akhir musim.

 


Sumbangkan Bonus hingga Bantu Korban Gempa di Nepal

Foto: Ekspresi Frustasi Cristiano Ronaldo saat Melawan Al Shabab, Efek Belum Cetak Gol?
Pemain Al Nassr, Cristiano Ronaldo (tengah), berusaha melewati hadangan dua pemain Al Shabab dalam pertandingan pertama Grup C Arab Club Champions Cup 2023 di Stadion King Fahd, Taif, Sabtu (29/7/2023) dini hari WIB. Ini merupakan penampilan Ronaldo yang keempat kalinya dalam laga pramusim bersama Al Nassr dan dirinya belum mencetak satu gol pun. (AFP)

5.Sumbangkan Bonus Liga Champions

Cristiano Ronaldo sumbangkan bonus liga Champions sekitar USD 650.000 atau sekitar Rp 9,85 miliar. Ia sumbangkan seluruh jumlah yang dia terima untuk amal PBB.

6.Donasi untuk Save the Children

Ketika Cristiano Ronaldo menjadi duta Save the Children pada 2012, ia memastikan membagikan kekayaannya untuk lembaga itu. Ia sumbangkan USD 475.000 atau sekitar Rp 7,2 miliar pada 2014. Donasi itu dibagi di tiga yayasan termasuk Unicef, World Vision dan Save the Children.

7.Donasi untuk To Make a Wish

Ronaldo memberikan sumbangan untuk mendanai pembangunan rumah sakit anak di Santiago, Chili. Ronaldo sumbangkan USD 650.000. Ini adalah usaha patungan yang dia buat dengan pengusaha Italia Alessandro Proto untuk membantu kota-kota di Amerika Selatan.

8.Donasi untuk Bantu Nepal

Cristiano Ronaldo sumbangkan dana USD 5,3 juta atau sekitar Rp 80,37 miliar untuk membantu Nepal. Ia memberikan donasi yang sangat besar kepada Save the Children untuk membantu menyediakan bantuan bagi penyintas gempa bumi yang melanda Nepal pada 25 April 2015. Sumbangan tersebut dibuat setelah ia meminta pengikut di Facebook yang berjumlah 100 juta saat itu sumbang ke badan amal untuk bantu korban gempa di Nepal.

Infografis Ragam Tanggapan FIFA Kawal Transformasi Sepak Bola Nasional Pasca-Tragedi Kanjuruhan. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan FIFA Kawal Transformasi Sepak Bola Nasional Pasca-Tragedi Kanjuruhan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya