Jokowi Ajak Dubes Negara ASEAN Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bulan Depan

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan mengajak seluruh Duta Besar (Dubes) negara ASEAN untuk merasakan kereta cepat Jakarta-Bandung bulan depan.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 08 Agu 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 08 Agu 2023, 12:00 WIB
Terowongan Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan mengajak seluruh Duta Besar (Dubes) negara ASEAN untuk merasakan kereta cepat Jakarta-Bandung bulan depan.. Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden

Liputan6.com, Jakarta Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan mengajak seluruh Duta Besar (Dubes) negara ASEAN untuk merasakan kereta cepat Jakarta-Bandung bulan depan.

Seperti diketahui, kereta cepat ini menjadi yang pertama di ASEAN.

Ajakan Jokowi ini disampaikan usai mengajak para duta besar menggunakan transportasi massal Moda Raya Terpadu (MRT) dari Stasiun Bundaran HI menuju Stasiun ASEAN, Jakarta, Selasa.

"Tadi di dalam (MRT), para dubes minta (naik) kereta cepat, bulan depan nanti akan saya ajak juga," kata Jokowi usai menghadiri peringatan HUT ke-56 ASEAN di Gedung Sekretariat ASEAN Jakarta, dikutip dari Antara, Selasa (8/8/2023).

Ajak Naik MRT

Sebelum menghadiri peringatan HUT ke-56 ASEAN, Presiden Jokowi mengajak para dubes menaiki MRT.

Jokowi menerima kartu jelajah berganda edisi khusus ASEAN oleh dirut MRT. Kartu elektronik itu diluncurkan untuk memperingati HUT ke-56 ASEAN.

Jokowi dan para dubes terlihat berbincang di dalam gerbong MRT. Sesampainya di Stasiun ASEAN, Jokowi dan para dubes kemudian berjalan menuju Kantor Sekretariat ASEAN untuk menghadiri ASEAN Day.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sudah Sering

Presiden Jokowi bersama Duta Besar Negara ASEAN dan Mitra ASEAN dalam perjalanan menggunakan MRT dari Stasiun Bundaran HI menuju Stasiun ASEAN
Presiden Jokowi bersama Duta Besar Negara ASEAN dan Mitra ASEAN dalam perjalanan menggunakan MRT dari Stasiun Bundaran HI menuju Stasiun ASEAN, Selasa (8/8/2023). (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Menurut Presiden, momentum dirinya mengajak dubes menaiki MRT sudah bukan pertama kalinya dilakukan. "Naik MRT kan sudah bolak balik," ujarnya.

Oleh karenanya, para dubes pun meminta Presiden Jokowi untuk menjajal kereta cepat yang saat ini sudah diuji coba.

Pengujian prasarana kereta cepat telah dimulai sejak 12 Juni 2023 dan terus berlangsung hingga saat ini di berbagai area operasional kereta cepat relasi Jakarta-Bandung.

Kereta cepat relasi Jakarta-Bandung merupakan layanan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang akan beroperasi dengan kecepatan hingga 350 km per jam.

Kereta cepat relasi Jakarta-Bandung memiliki jalur sepanjang 142,3 kilometer dengan 13 terowongan dan akan menyinggahi empat stasiun, yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

 


Catat! Masyarakat Bisa Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis per September 2023

Potret Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang mulai dikirim ke Indonesia
Potret Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang mulai dikirim ke Indonesia (dok: KCIC)

Untuk memastikan program uji coba pada masa pra operasi kereta cepat relasi Jakarta - Bandung dapat berjalan dengan baik, saat ini PT KCIC terus melakukan persiapan diberbagai sisi.

Sesuai arahan pemerintah, rencananya uji coba pra operasi kereta cepat akan berlangsung mulai awal September 2023. Pada masa tersebut masyarakat dapat mencoba KA Cepat relasi Jakarta - Bandung tanpa dikenakan biaya.

Sebagai moda transportasi KA Cepat pertama di Indonesia maupun di Asia Tenggara, pengoperasian KA Cepat relasi Jakarta - Bandung memerlukan persiapan yang sangat matang.

"Seluruh aspek akan dipersiapkan dengan baik serta mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pelanggan KA Cepat. Adapun Uji coba sarana dan prasarana telah dilakukan dan berjalan dengan lancar," kata Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti, (8/8/2023).Saat ini KCIC juga terus memastikan seluruh kelengkapan pendukung operasional kereta cepat Jakarta-Bandung dapat berjalan dengan baik nantinya saat dioperasikan.

Sertifikasi Saran dan Prasarana

Secara paralel KCIC juga melakukan sertifikasi baik sarana dan prasarana KA Cepat bersama Kementerian Perhubungan. KCIC sepenuhnya mengikuti tahapan tersebut dengan menyiapkan berbagai data dan informasi yang dibutuhkan dalam rangka kelancaran proses sertifikasi.

Seluruh kesiapan baik operasional maupun fasilitas stasiun terus KCIC persiapkan, salah satunya terkait stasiun. Nantinya saat stasiun mulai melayani penumpang maka dipastikan akses yang tersedia telah siap digunakan.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya