Catat Tanggalnya! Masyarakat Bisa Naik Kereta Cepat Gratis Mulai 15-30 September 2023

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengabarkan, uji coba gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan mulai dilakukan pada Jumat, 15 September 2023 hingga 30 September 2023.

oleh Ilyas Istianur PradityaMaulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 14 Sep 2023, 13:36 WIB
Diterbitkan 14 Sep 2023, 13:30 WIB
Intip Depo Tegalluar, Tempat Perawatan Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengabarkan, uji coba gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan mulai dilakukan pada Jumat, 15 September 2023 hingga 30 September 2023.. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengabarkan, uji coba gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan mulai dilakukan pada Jumat, 15 September 2023 hingga 30 September 2023.

"(Uji coba gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung) besok udah mulai, sampai 30 September," ujar Menhub saat ditemui di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (14/9/2023).

Namun, untuk proses uji coba ini akan terlebih dulu diprioritaskan untuk masyarakat lokal yang terdampak pembangunan jalur kereta cepat tersebut.

Menhub mengatakan proses pendataan peserta itu sudah dimulai, namun ia belum tahu berapa jumlah pendaftarnya. "(Proses pendaftaran untuk warga sekitar) udah, udah jalan," imbuhnya.

Penegasan Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadwalkan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan diresmikan pada awal Oktober 2023.

"Ya, awal Oktober (diresmikan)," kata Jokowi usai menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung, Rabu (13/9/2023) kemarin.

Kendati begitu, ia menyebut ketentuan tersebut akan disiapkan oleh manajemen kereta cepat. Jokowi tak ingin dianggap memburu-burui peresmian KCJB.

"Tapi yang menentukan, jangan dipikir saya mengejar-ngejar, yang menetukan tetap dari manajemen kereta cepat," jelas Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apresiasi Jokowi

Presiden Joko Widodo mencoba Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada Rabu (13/9). Uji coba kereta api cepat itu dilakukan dari Jakarta menuju Bandung dan kembali lagi ke Jakarta. Dok KAI
Presiden Joko Widodo mencoba Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada Rabu (13/9). Uji coba kereta api cepat itu dilakukan dari Jakarta menuju Bandung dan kembali lagi ke Jakarta. Dok KAI

Jokowi menuturkan, nantinya dilakukan uji coba KCJB terlebih dahulu untuk masyarakat. Dia ingin masyarakat juga ikut mencoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung secara gratis.

"Tetep, tetep (akan uji coba). Biar orang mencoba, masyarakat mencoba," kata Jokowi.

Usai menjajal moda transportasi baru tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai KCJB sudah bagus. Namun masih ada beberapa yang harus dikerjakan dari sisi sarana prasarana.

"Ya memang belum baru sisa tadi disampaikan ke saya 92 persen. Nanti kan keretanya sudah siap tinggal dimanfaatkan," tutur Jokowi.


Jokowi Sudah Perintahkan Menko Luhut Bangun Kereta Cepat Jakarta Surabaya

Presiden Jokowi Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kiri), Presiden Indonesia Joko Widodo (kanan) tiba di stasiun Halim sebelum melakukan uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung di Jakarta pada 13 September 2023. (Akbar Nugroho Gumay/Antara Foto/AFP)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan instruksi kepada jajarannya untuk melanjutkan proyek Kereta Cepat hingga ke Surabaya.

Arahan itu diberikannya saat Jokowi menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dari Stasiun Halim ke Stasiun Tegalluar pada Rabu (13/9/2023) pagi.

Namun, Luhut menambahkan, perpanjangan proyek Kereta Cepat Jakarta Surabaya sejauh ini masih dalam proses studi.

"Memang Presiden tadi kasih instruksi, kita mulai bikin studi tadi sampai ke Surabaya. Jadi itu akan mempercepat bisnis dari kota ke kota," ujar Menko Luhut dalam acara Digi-Talk Fest di Ritz Carlton Mega Kuningan Hotel, Jakarta, Rabu (13/9/2023).

Luhut mengaku, Jokowi terkesan saat mencoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Pasalnya, waktu tempuh dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang bisa dipangkas hingga kurang dari setengah jam.

"Tadi kita lari 350 km per jam. Jadi sampai di Padalarang itu cuman 20 menit dari Jakarta. Presiden sangat puas dengan itu," kata Luhut.

Oleh karenanya, Luhut memastikan nantinya masyarakat juga bisa ikut serta menaiki Kereta Cepat Jakarta Bandung. Sama seperti yang diutarakan Jokowi, ia menargetkan uji coba itu mulai dibuka pada Oktober 2023 mendatang.

"Itu juga masih dibuka kesempatan bapak/ibu nyoba, kalau enggak keliru nanti bulan Oktober sebelum nanti resmi Kereta Cepat," pungkas Menko Luhut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya