Salah Satu Bank Terbesar di Dunia PHK 300 Karyawan, Bankir Senior Ikut Dipangkas

3 bankir senior dan 1 bankir junior di tim perbankan investasi teknologi di San Francisco telah diberitahu bahwa mereka menjadi salah satu karyawan Barclays yang terdampak PHK.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 05 Okt 2023, 12:40 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2023, 12:40 WIB
PHK
Badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kembali melanda sektor perbankan, kali ini Barclays yang merupakan salah satu bank terbesar di dunia dari sisi aset memulai pemangkasan. (Sumber: IEEE Spectrum)

Liputan6.com, Jakarta - Badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kembali melanda sektor perbankan, kali ini Barclays yang merupakan salah satu bank terbesar di dunia dari sisi aset memulai pemangkasan atau PHK 3 persen tenaga kerja perbankan investasi global.

Mengutip US News, Kamis (5/10/2023) PHK di Barclays merupakan upaya bank untuk merampingkan perusahaan mereka setelah tahun yang penuh gejolak. Penghentian tersebut merupakan bagian dari tinjauan tahunan yang juga mencakup perdagangan dan penelitian, menurut keterangan sumber.

Secara keseluruhan, diperkirakan 300 karyawan terdampak PHK di bank tersebut, menurut sumber.

Dilaporkan, tiga bankir senior dan satu bankir junior di tim perbankan investasi teknologi di San Francisco telah diberitahu bahwa mereka menjadi salah satu karyawan Barclays yang terdampak PHK.

Barclays, sementara itu, enggan memberikan komentar terkait kabar PHK baru tersebut.

Kepala Eksekutif Barclays C.S. Venkatakrishnan telah berusaha untuk menstabilkan waralaba perbankan investasi Barclays setelah perombakan kepemimpinan divisi pada bulan Januari yang menyebabkan eksodus puluhan bankir.

Barclays juga telah mempekerjakan lebih dari 30 bankir investasi dan mempromosikan 20 bankir lainnya di berbagai posisi sejak saat itu.

Reformasi yang dilakukan sejauh ini hanya berdampak kecil.

Barclays berada di peringkat ke-6 dalam tabel liga perbankan investasi global LSEG selama sembilan bulan pertama tahun ini. Itu adalah yang ke 7 pada saat ini tahun lalu.

Venkatakrishnan juga mengupayakan efisiensi di seluruh lembaga pemberi pinjaman asal Inggris tersebut sehingga mereka dapat berinvestasi pada bisnis-bisnis yang diyakini memiliki potensi pertumbuhan tinggi, termasuk pengelolaan kekayaan, kartu kredit AS, dan pembayaran global.

Bank-bank besar lainnya, termasuk Goldman Sachs Group Inc dan Morgan Stanley, juga telah melakukan serangkaian PHK untuk lebih memposisikan diri mereka dalam menghadapi iklim ekonomi yang suram. Barclays memperingatkan pada bulan Juli bahwa margin keuntungannya diperkecil oleh konsumen yang membayar utang akibat tingginya suku bunga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Meta Kembali PHK Karyawan, Kali Ini Sasar Divisi Reality Labs

Meta Sign
Facebook meluncurkan tanda Meta baru mereka di kantor pusat perusahaan di Menlo Park, California, Kamis, 28 Oktober 2021. Facebook Inc. yang diperangi mengubah namanya menjadi Meta Platforms Inc., atau Meta, untuk mencerminkan apa yang CEO Mark Zuckerberg mengatakan komitmennya untuk mengembangkan t

Pemilik Facebook, Meta kembali dikabarkan akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap karyawannya di divisi Reality Labs yang berorientasi metaverse, berfokus pada pembuatan silikon khusus.

Melansir CNBC International, Rabu (4/10/2023) dua sumber yang terkait dengan PHK melaporkan bahwa karyawan yang terdampak dikabarkan tentang pemberhentian tersebut dalam sebuah postingan di forum diskusi internal Meta Workplace.

Postingan tersebut mengatakan mereka akan diberitahu tentang status mereka di perusahaan pada Rabu pagi, menurut salah satu sumber.

Sementara itu, juru bicara Meta menolak mengomentari kabar PHK tersebut.

Belum diketahui juga jumlah karyawan yang terdampak PHK di unit Facebook Agile Silicon Team, atau FAST, yang memiliki sekitar 600 karyawan.

Unit FAST ditugaskan untuk mengembangkan chip khusus untuk menggerakkan perangkat keras augmented reality dan virtual reality yang diproduksi oleh divisi Meta's Reality Labs.

Seperti diketahui, Meta saat ini membuat rangkaian headset realitas campuran yang disebut Quest dan kacamata pintar yang dirancang oleh pembuat kacamata Ray-Ban, yang dapat melakukan streaming video dan berbicara dengan pemakainya melalui teknologi virtual kecerdasan buatan baru.

Mereka mengumumkan versi baru dari kacamata pintar dan headset Quest yang berorientasi konsumen, Quest 3, pada konferensi tahunan Connect pekan lalu.

Perusahaan ini juga sedang membuat kacamata augmented reality yang mampu memproyeksikan objek virtual ke lensa tembus pandang, bersama dengan jam tangan pintar terkait, menurut salah satu sumber.

Namun, Meta kesulitan membuat chip yang dapat bersaing dengan silikon yang diproduksi oleh penyedia eksternal dan telah beralih ke pembuat chip Qualcomm untuk perangkat yang saat ini ada di pasaran, termasuk headset Quest dan kacamata Ray-Ban.


Ford dan GM PHK Ratusan Pekerja yang Mogok Kerja

Ford Motor Co.
Logo Ford Motor

Dua perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, General Motors dan Ford melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap ratusan karyawan mereka.

PHK terjadi imbas perluasan pemogokan pekerja otomotif yang diumumkan oleh serikat pekerja United Auto Workers (UAW).

Mengutip CNN Business, Rabu (4/10/2023) General Motors mengatakan pihaknya memberhentikan 164 pekerja di pabriknya di Parma, Ohio, dan Marion, Indiana.

Pabrik-pabrik tersebut biasanya mengirimkan komponen logam yang diarahkan ke jalur perakitan yang telah ditutup karena pemogokan karyawan pabrik di Wentzville, Ohio, dan pabrik perakitan di Lansing, Michigan.

Di antara kendaraan yang dibuat di pabrik tersebut adalah pikap Chevrolet Colorado dan GMC Canyon serta pikap Chevy Traverse dan Buick Enclave.

Namun, sebagian besar pekerja di Parma dan Marion akan tetap bekerja, memproduksi stempel untuk pabrik lain, karena sebagian besar jalur perakitan GM terus beroperasi.

"Kami telah berulang kali mengatakan bahwa tidak ada yang menang dalam suatu pemogokan, dan ini merupakan bukti lain dari fakta tersebut," kata GM dalam pernyataannya.

"Kami akan terus melakukan tawar-menawar dengan itikad baik dengan serikat pekerja untuk mencapai kesepakatan secepat mungkin,” jelasnya.

Kemudian ada juga Ford yang memberhentikan 330 pekerja di Pabrik Stamping Chicago dan Pabrik Mesin Lima menyusul keputusan serikat pekerja pada hari Jumat untuk menyerang pabrik Perakitan Chicago, yang membuat SUV Ford Explorer dan Lincoln Aviator.

"Sistem produksi kami sangat saling berhubungan, yang berarti pemberhentian yang ditargetkan UAW mempunyai dampak yang tidak langsung terhadap fasilitas yang secara tidak langsung menjadi sasaran penghentian pekerjaan," jelas Ford dalam pernyataannya.

Sebelumnya, Ford telah memberhentikan 600 pekerjanya di pabriknya di Wayne, Michigan yang tidak melakukan pemogokan.


Biaya Tunjangan

Ilustrasi PHK atau Berhenti Kerja. Foto: Unsplash/ Scott Graham
Ilustrasi PHK atau Berhenti Kerja. Foto: Unsplash/ Scott Graham

Dilaporkan, UAW telah menghabiskan biaya USD 500 dalam seminggu sebagai tunjangan mogok kerja kepada lebih dari 25.000 anggotanya yang kini melakukan pemogokan terhadap dua produsen mobil tersebut.

Sebanyak 3.300 anggota yang diberhentikan juga akan menerima USD 500 per minggu dari serikat pekerja, karena dalam sebagian besar kasus, mereka tidak mendapat tunjangan pengangguran, dan perusahaan juga tidak membayar biaya yang menutupi sebagian besar kesenjangan antara pekerja

Total gaji yang hangus di antara anggota UAW, sebelum tunjangan mogok, kini mencapai USD 325 juta selama dua minggu pertama pemogokan yang dimulai tanggal 15 September, menurut perkiraan dari Anderson Economics Group, sebuah perusahaan riset di Michigan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya