BKPM Yakin Perang Israel-Hamas Tak Ganggu Investasi Indonesia

BKPM terus memantau dinamika geopolitik global. Termasuk dari sisi arus investasi yang masuk ke Indonesia. Namun, hingga saat ini, tak ditemukan pengaruh langsung dari eskalasi konflik Hamas dengan Israel yang terjadi.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 11 Okt 2023, 19:30 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2023, 19:30 WIB
Gaza Palestina
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dalam pidatonya pada Senin malam bahwa pasukan negaranya “baru saja memulai” tanggapan mereka. (Satellite image ©2023 Maxar Technologies via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Pecahnya konflik Israel-Palestina disebut tak mengganggu arus investasi ke Indonesia. Juru Bicara Menteri Investasi/BKPM Tina Talisa menjamin perang Israel-Hamas tak berpengaruh terhadap investasi.

Tina menyampaikan, pihaknya terus memantau dinamika geopolitik global. Termasuk dari sisi arus investasi yang masuk ke Indonesia. Namun, hingga saat ini, tak ditemukan pengaruh langsung dari eskalasi konflik yang terjadi.

"Tapi sejauh ini baik itu konflik di Timur Tengah antara kita lihat kondisi di Palestina itu tidak berpengaruh secara langsung kepada indonesia ," ujar dia saat ditemui di St Regis, Jakarta, Rabu (11/10/2023).

Dengan begitu, dia masih optimistis target investasi Indonesia di akhir tahun 2023 ini masih bisa tercapai. Meski begitu, Tina mengaku turut prihatin atas konflik Israel-Palestina yang kian memanas.

"Jadi kami masih optimistis bahwa investasi akan tercapai seperti komitmen pak Bahlil insyaAllah tahun target tercapai di akhir tahun," kata dia.

"Tapi tentu kita sama-sama juga terus memantau perkembangannya dan kita juga sangat-sangat turut prihatin dengan apa yang terjadi," sambung Tina.

Aliansi Negara

Perang Israel-Hamas diketahui juga membentuk poros sejumlah negara yang menyatakan mendukung salah satu pihak. Tapi, Tina menyebut, meski ada aliansi-aliansi itu, Indonesia tak ikut terpangaruh dalam konteks investasi.

Dia mencontohkan, kerja sama dagang antara Indonesia dan Taiwan yang terus berjalan. Padahal pada saat yang sama, tidak ada terjalin kerja sama diplomatis antar kedua negara.

"Kita memang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan tapi dalam konteks investasi seperti kita sama-sama ketahui ada beberapa investor yang sudah lama ada dari Taiwan maupun yang baru akan masuk dari Taiwan ke Indonesia artinya dalam konteks ini kita bisa melakukan sebuah peran baik itu politik bebas aktif dan juga ekonomi yang bebas aktif," bebernya.

"Terkait yang tadi dimaksud tentu ini perlu kita dalami lebih jauh tapi sejauh ini belum ada arah bahwa itu akan mengubah trajectory atau peta dari investasi Indonesia," sambung Tina Talisa.


Kata Menko Airlangga

Gaza Palestina
Militer Israel mengatakan pihaknya melakukan ratusan serangan udara dalam semalam, dan serangan tersebut menarget kompleks militer Hamas, gudang senjata, dan pusat komando di Gaza. (Satellite image ©2023 Maxar Technologies via AP)

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjamin arus investasi ke Indonesia tak terganggu imbas memanasnya situasi global. Mulai dari invasi Rusia ke Ukraina, hingga perang Hamas-Israel.

Dia mengatakan perang Rusia-Ukraini maupun Hamas-Israel tak berpengaruh terhadap investasi di Indonesia dan Asia Tenggara. Menurutnya, wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia malah stabil dari sisi arus investasi.

"Yang kalau Indonesia kan salah satu regional yang dan ASEAN 20 tahun terakhir stabil," kata dia saat ditemui di Hotel St Regis, Jakarta, Rabu (11/10/2023).

 


Episentrum Pertumbuhan

Israel Kerahkan Puluhan Tank ke Perbatasan Gaza
Tentara Israel berjalan melewati tank di dekat perbatasan Gaza-Israel, Jumat (19/10). Pengerahan kekuatan militer terjadi berselang sehari usai roket Palestina menghancurkan sebuah rumah di selatan Israel. (AP Photo/Ariel Schalit)

Tak cuma soal dampak perang Hamas-Israel yang baru pecah, dampak perang Rusia-Ukraina pun disebut tak berdampak banyak. Pasalnya, kata Airlangga, episentrum pertumbuhan dunia bergeser ke Asia.

"Jadi walaupun (konflik) Ukraine dan yang lain dan Indonesia optimis, karena stability terus bergeser epicentrum-nya ke Indo-Pasific," ungkap dia.

Secara umum, Airlangga mengatakan menurut survei salah satu lembaga, Indonesia jadi negata yang profit atas investasinya relatif lebih baik dari negara lain.

"Kedua, untuk mengirim dividen sesudah keuntungan relatif tak ada hambatan dan relatif tenaga kerja kita bekerja dengan baik," ujarnya.

"Itu menjamin investasi di Indonesia aman dan investasi di Indonesia memberikan return yang lebih baik dari rata-rata negara di Asia," sambung Menko Airlangga.

Infografis Perang Hamas Vs Israel Kembali Berkecamuk. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Perang Hamas Vs Israel Kembali Berkecamuk. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya