Fraksi PKB Tunjuk Bos Lion Air Rusdi Kirana Jadi Wakil Ketua MPR

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI) sepakat menunjuk Wakil Ketua Umum PKB, Rusdi Kirana, menjadi wakil ketua MPR RI periode 2024-2029.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 03 Okt 2024, 09:00 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2024, 09:00 WIB
Dicalonkan Jadi Menteri, Pemilik Lion Air Malah Minta Jadi Dubes
Bos Maskapai Lion Air Rusdi Kirana (tengah).

Liputan6.com, Jakarta Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI) sepakat menunjuk Wakil Ketua Umum PKB, Rusdi Kirana, menjadi wakil ketua MPR RI periode 2024-2029.

Ketua Fraksi PKB Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Jazilul Fawaid mengatakan pihaknya sudah sepakat untuk mengusulkan nama bos Maskapai Lion Air itu.

"Sudah (sepakat), nanti akan disampaikan secara resmi dalam Paripurna MPR untuk ditetapkan dan dilantik menjadi wakil ketua MPR RI," kata Jazilul kepada wartawan di Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Sementara itu, Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR RI Ahmad Basarah menyatakan, wakil ketua MPR 2024-2029 dari PDIP akan dijabat oleh Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul.

"Nama tokoh senior partai, Insinyur Bambang Wuryanto," kata Basarah.

Ahmad Basarah menyebut dirinya sudah dua periode menjabat sebagai pimpinan MPR RI, sehingga perlu adanya pergantian.

"DPP PDIP sudah memutuskan setelah menugaskan saya sebagau wakil ketua MPR RI selama 2 periode berturut-turut, wakil ketua MPR 2014-2019 dan 2029-2024. Maka saatnya belaku asas bergiliran," kata Basarah.

Sementara itu, kursi ketua MPR akan dijabat Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Wakil Ketua dari Partai Golkar adalah Kahar Muzakir, dari Partai NasDem diisi oleh Lestari Moerdijat, dari PKS diisi Hidayat Nur Wahid (HNW), PAN Eddy Soeparno, sementara Partai Demokrat belum membocorkan nama yang diusulkan untuk duduk di posisi pimpinan MPR RI.


Anak Menkumham Jadi Wakil Ketua MPR

Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Sulawesi Tengah, Abcandra Muhammad Akbar Supratman, terpilih sebagai Wakil Ketua MPR RI periode 2024-2029 mewakili unsur DPD RI.
Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Sulawesi Tengah, Abcandra Muhammad Akbar Supratman, terpilih sebagai Wakil Ketua MPR RI periode 2024-2029 mewakili unsur DPD RI. (Dok. Tangkapan Layar YouTube DPD RI)

Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Sulawesi Tengah, Abcandra Muhammad Akbar Supratman, terpilih sebagai wakil ketua MPR RI periode 2024-2029 mewakili unsur DPD RI. Abcandra berhasil mengungguli Fadel Muhammad yang berada di posisi kedua dalam pemilihan tersebut.

Keputusan ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPD RI, Tamsil Linrung, setelah proses pemungutan dan penghitungan suara putaran kedua yang dihadiri 143 anggota, yang berlangsung sejak Rabu malam (2/10/2024).

"Hasil dari putaran kedua, Abcandra Akbar 93 suara, dan Fadel Muhammad 50 suara. Dengan demikian, yang suara terbanyak dan dinyatakan terpilih untuk mewakili DPD di MPR RI sebagai Wakil Ketua MPR RI adalah Abcandra Akbar," ujar Tamsil saat memimpin Rapat Pleno Kelompok DPD di MPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, pada Kamis dini hari (3/10/2024).

Pada putaran pertama, Abcandra memperoleh 45 suara, diikuti oleh Fadel Muhammad dengan 38 suara, Daud Yordan 29 suara, Agustin Teras Narang 17 suara, Ahmad Nawardi 13 suara, dan Maya Rumantir satu suara.

"Maka kita akan melakukan pemungutan suara kembali untuk putaran kedua, dan yang masuk ke putaran kedua adalah Abcandra dengan Fadel Muhammad," kata Tamsil.

Dengan demikian, politikus kelahiran 1 Oktober 1998 itu akan mendampingi Ahmad Muzani, yang telah disepakati sebagai ketua MPR RI dalam Rapat Pimpinan Gabungan Sementara MPR RI pada Rabu malam (2/10/2024).

Baca juga Profil Abcandra Muhammad Akbar Supratman, Anak Menkumham yang Terpilih Jadi Wakil Ketua MPR

Infografis Komposisi Anggota DPR, DPD, dan MPR Periode 2024-2029 yang Baru Dilantik
Infografis Komposisi Anggota DPR, DPD, dan MPR Periode 2024-2029 yang Baru Dilantik
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya