Bus JR Connexion Buka Rute ke 117 Perumahan Elit di Bodetabek, Mana Saja?

Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan menambah rute Bus Jabodetabek Residence Connexion (JRC) di 117 permukiman di sekitar Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek).

oleh Tira Santia diperbarui 14 Jan 2024, 20:00 WIB
Diterbitkan 14 Jan 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi bus
Salah satu hal yang penting saat liburan ialah memilih kendaraan. Apakah memakai kendaraan pribadi maupun transportasi lainnya? Kalau dipikir, memang banyak orang lebih memilih kendaraan pribadi untuk liburan.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan menambah rute Bus Jabodetabek Residence Connexion (JRC atau JR Connexion) di 117 permukiman di sekitar Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek).

Plt Kepala BPTJ Suharto menjelaskan, penambahan rute akan dilakukan secara bertahap mulai tahun ini hingga tahun 2026. Disisi lain, penambahan rute Bus JR Connexion merupakan bagian dari strategi untuk mendorong masyarakat berpindah dari kendaraan pribadi ke transportasi massal.

“Ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mencapai target 60 persen moda share penggunaan angkutan umum massal di tahun 2029, sesuai yang diamanatkan dalam Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ),” kata Suharto, Minggu (14/1/2024).

Diketahui, sejak diluncurkan pada tahun 2017 oleh BPTJ, JR Connexion telah melayani 23 permukiman di kawasan Bodetabek. Diantaranya yaitu di Kota Wisata, Legenda Wisata, dan Sentul City di Kabupaten Bogor, serta Grand Wisata di Bekasi.

“Pada tahun 2024 ini kami bersama dengan sejumlah operator akan merumuskan dan berupaya menambah rute pelayanan JR Connexion di 40 permukiman. Kemudian pada tahun 2025 di 40 permukiman dan pada tahun 2026 di 37 permukiman. Sehingga total yang dilayani sebanyak 140 pemukiman pada tahun 2026," ujarnya.

Permukiman

Adapun berdasarkan data Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) terdapat sebanyak 2.010 permukiman di kawasan Jabodetabek.

“Dari data tersebut, telah dipilih sebanyak 117 permukiman di kawasan Bodetabek yang belum mendapatkan layanan JR Connexion. Beberapa diantaranya yaitu, perumahan Morizen dan Kota Harapan Indah di Bekasi, serta Discovery Bintaro Jaya dan Alam Sutera di Tangerang,” ujarnya.

Rencananya, nanti JRC tersebut akan melayani destinasi yang dianggap menjadi tujuan terbesar di Jakarta, diantaranya Gambir, Menteng, Tanah Abang, Senen dan Sawah Besar.

Jabodetabek Residence Connexion (JRC) merupakan layanan bus untuk memfasilitasi warga di sekitar pemukiman penyangga ibukota menuju pusat kegiatan bisnis (CBD) di Jakarta dan sebaliknya.

Kelebihan Bus JR Connexion dibandingkan bus reguler adalah jadwal yang pasti dan tempat pemberhentian hanya di maksimal 3 titik sehingga waktu tempuh menjadi lebih pendek. Selain itu, sistem pembayarannya juga bisa dilakukan secara cashless.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


BPTJ Luncurkan JR Connexion Rute Bogor-Jakarta

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi telah meluncurkan angkutan pemukiman JR Connexion di ITC Mangga Dua, Jakarta.
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi telah meluncurkan angkutan pemukiman JR Connexion di ITC Mangga Dua, Jakarta.

Sebelumnya, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) meluncurkan layanan angkutan umum massal komuter berbasis bus Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion) ke Kota Bogor. Layanan JR Connexion ini mulai diuji-coba pada Senin 3 Agustus 2020.

Terdapat dua rute yang akan diujicoba sekaligus. Pertama Taman Sari Persada, Bogor – Blok M, Jakarta dan kedua Taman Sari Persada, Bogor – Juanda, Jakarta.

Untuk keberangkatan bus beroperasi dari Taman Sari Persada pada pukul 05.30 WIB, 06.00 WIB dan 09.00 WIB. Sementara untuk rute sebaliknya, baik dari Blok M maupun Juanda, bus beroperasi pada pukul 16.30 WIB, 17.20 WIB dan 20.00 WIB.

Pada uji coba operasional layanan JR Connexion ini, Perum PPD sebagai operator mengoperasikan layanan lima unit bus besar.  Masyarakat Taman Sari Persada dan sekitarnya dapat memanfaatkan layanan ini dengan tarif promo sebesar Rp 15 ribu.

“Dengan layanan ini, sekarang masyarakat yang tinggal di Taman sari Persada dan sekitarnya tidak hanya dapat memanfaatkan layanan KRL, namun juga layanan JR Connexion untuk beraktivitas harian menuju wilayah Jakarta,” ujar Direktur Angkutan BPTJ Aca Mulyana dalam keterangan resmi, Jumat (31/7/2020).

Sesuai dengan karakteristiknya, JR Connexion merupakan layanan point to point yang melayani masyarakat dari permukiman menuju pusat perkantoran, pusat perdagangan, maupun pusat industri.

“Mengingat layanan ini bersifat point to point, JR Connexion hanya akan melayani penumpang dari titik keberangkatan dan titik tujuan,” jelas Aca.

 


Target Moda Share

Siap Beroperasi, Menhub Resmikan Bus JR Connexion
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memecahkan kendi menandakan telah beroprasinya Jabodetabek Residence Connexion di Jakarta, Selasa (14/2). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain itu layanan JR Connexion juga merupakan upaya pemerintah dalam mencapai target 60 persen moda share penggunaan angkutan umum massal di tahun 2029. Ini sesuai dengan yang diamanatkan dalam Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ).

Menurut Aca, sejak Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2018 tentang RITJ disahkan, BPTJ bersama seluruh stakeholder terus berupaya mengajak masyarakat berpindah dari kendaraan pribadi ke angkutan umum massal.

Upaya untuk mencapai target tersebut menemui tantangan yang tidak ringan karena adanya pandemi Covid-19. Hal ini mengingat kapasitas angkutan umum massal wajib dibatasi guna menegakkan protokol kesehatan atau physical distancing.

Mengacu pada kondisi tersebut, Aca menegaskan kepada operator JR Connexion untuk dapat selalu menerapkan standar protokol kesehatan sehingga kepercayaan masyarakat dalam memanfaatkan angkutan umum massal dapat senantiasa terjaga.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya