Wamentan Sudaryono Siap Kebut Program Swasembada Pangan

Wamentan Sudaryono siap sepenuhnya mendukung upaya Kementerian Pertanian dalam mencapai swasembada pangan di Indonesia.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 19 Jul 2024, 13:31 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2024, 13:31 WIB
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono (Kanan) usai menghadiri acara pelantikan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/7/2024).
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono (Kanan) usai menghadiri acara pelantikan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/7/2024). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

 

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono menegaskan bahwa sebagai pejabat baru, dirinya siap sepenuhnya mendukung upaya Kementerian Pertanian dalam mencapai swasembada pangan di Indonesia.

"Karena itu, saya selalu menekankan bahwa kesuksesan saya adalah keberhasilan Menteri Pertanian (Andi Amran Sulaiman). Apa pun perintah yang diberikan oleh Menteri, saya siap dan setia menjalankannya," ujar Sudaryono dalam acara pisah sambut antara Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi dan Sudaryono di Jakarta dikutipp dari Antara, Jumat (19/7/2024).

Ia mengajak seluruh jajaran di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mendukung penuh upaya swasembada yang sedang diupayakan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melalui penyediaan benih, pupuk, alat dan mesin pertanian (alsintan), serta solusi cepat pompanisasi.

Menurut Sudaryono, berbagai program ini harus dijalankan dengan cepat agar Indonesia dapat menjadi lumbung pangan dunia di masa depan.

Kunci Kemajuan Bangsa

Dia menekankan bahwa sektor pertanian adalah kunci bagi kemajuan bangsa dan ketahanan negara. Baginya, ketersediaan pangan tidak dapat dilihat dari satu sisi saja, melainkan harus dikerjakan dari berbagai aspek.

"Kita mungkin bisa mengendarai mobil, tetapi ingat kita tidak bisa bergerak jika tidak makan. Oleh karena itu, kita semua harus menyadari bahwa pangan adalah kebutuhan utama semua orang. Pangan tidak bisa hanya menjadi slogan kedaulatan pangan, tetapi harus benar-benar kita wujudkan," ujarnya.

Sudaryono menambahkan bahwa kehadirannya di Kementan didorong oleh niat baik dan tekad kuat untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. Dia berharap, semua pejabat di Kementan terus memberikan masukan dan pemahaman tentang pertanian nasional.

"Semangat saya datang ke sini adalah untuk mengabdi dengan niat baik," tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Maju Pilkada Jateng

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) di Istana Negara Jakarta, Kamis, (18/7/2024).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) di Istana Negara Jakarta, Kamis, (18/7/2024). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah (Jateng) Sudaryono mengatakan, dirinya tidak akan maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jateng 2024. Hal ini dikarenakan Sudaryono telah dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Wakil Menteri Pertanian (Wamentan).

"Tentu dengan penugasan yang baru ini untuk Pilkada Jawa Tengah, saya sudah mendapatkan instruksi untuk tidak maju di Pilkada Jateng," jelas Sudaryono usai pelantikan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Mantan ajudan Presiden terpilih, Prabowo Subianto ini mengaku akan fokus membantu pekerjaan Menteri Pertanian. Sudaryono menuturkan dengan beban pekerjaan tersebut, maka dirinya tak bisa lagi berkampanye untuk calon gubernur (cagub) Jawa Tengah.

"Sekarang ini juga beban tugasnya juga enggak ringan begitu sehingga untuk pencalonan gubernur dengan pelantikan ini, saya nyatakan, saya tidak (maju Pilkada). Partai Gerindra tidak mengusung saya, dan saya tidak berkampanye untuk gubernur lagi," tuturnya.

Kendati elektabilitasnya di berbagai survei cukup tinggi, Sudaryono mengaku tak masalah mundur dari bursa cagub dari Partai Gerindra. Dia menegaskan siap ditugaskan dimana saja.

"Jadi apa pun kan tujuannya untuk pengabdian ya, jadi ya kita di mana pun kita ditugaskan, kita siap," ujar Sudaryono.

 


Masuk Bursa Pilgub Jateng

Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono saat tiba di Istana Negara Jakarta, Kamis (18/7/2024).
Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono saat tiba di Istana Negara Jakarta, Kamis (18/7/2024). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Nama Sudaryono sendiri masuk bursa bakal calon gubernur Jawa Tengah 2024. Seluruh pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra se-Jawa Tengah (Jateng) yang berasal dari 35 kabupaten/kota secara bulat memberikan dukungan kepada Sudaryono maju sebagai calon Gubernur pada Pilkada serentak mendatang.

Bahkan masing-masing pengurus DPC Partai Gerindra se-Jateng siap berjuang total memenangkan mantan ajudan presiden terpilih Prabowo Subianto tersebut merebut kursi Jateng 1.

Sudaryono diketahui juga merupakan Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI). Dia juga pernah menjadi ajudan pribadi Prabowo Subianto.

Saat ini survei Sudaryono sebagai calon Gubernur Jateng juga cukup moncer. Di mana namanya selalu masuk dalam tiga besar di beberapa lembaga survei.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya