Harga Minyak Dunia Anjlok, Potensi Harga BBM Turun Lagi

Minyak mentah AS turun lebih dari 1% pada hari Rabu, jatuh di bawah USD 70 per barel

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 05 Sep 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 08:30 WIB
Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP
Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP

Liputan6.com, Jakarta Minyak mentah AS turun lebih dari 1% pada hari Rabu, jatuh di bawah USD 70 per barel dan memunculkan spekulasi bahwa OPEC+ dapat menunda peningkatan produksi minyak yang dijadwalkan dimulai bulan depan.

Patokan minyak mentah AS mencapai level terendah sesi di USD 68,83, level terendah sejak 13 Desember, setelah anjlok lebih dari 4% pada hari Selasa. Minyak mentah AS dan patokan global Brent telah menghapus semua keuntungan untuk tahun 2024.

"Dengan pertumbuhan permintaan yang tidak pasti dan gangguan pasokan signifikan tampaknya tidak mungkin terjadi, semua mata kembali tertuju pada OPEC+," kata Svetlana Tretyakova, analis senior di Rystad Energy, dalam sebuah catatan pada hari Rabu. "Sampai OPEC+ memperjelas strateginya, sentimen bearish secara keseluruhan akan tetap ada."

Berikut adalah harga penutupan energi pada hari Rabu, dikutip dari CNBC, Kamis (5/9/2024):

  • West Texas Intermediate

Kontrak Oktober: 69,20 per barel, turun USD 1,14 atau 1,62%. Sejak awal tahun, minyak mentah AS turun 3,4%.

  • Brent

Kontrak November: USD 72,70 per barel, turun USD 1,05 atau 1,42%. Sejak awal tahun, patokan global ini turun 5,6%.

 

Harga minyak berada di bawah tekanan setelah aktivitas manufaktur yang lemah di AS dan China memicu kembali kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi. Pasar saham juga mengalami penjualan pada hari Selasa, dengan S&P 500 mencatatkan hari terburuknya sejak gejolak awal Agustus.

“Kisah China telah menjadi hambatan besar bagi minyak tahun ini,” kata Helima Croft, kepala strategi komoditas global di RBC Capital Markets, kepada CNBC dalam acara "Squawk on the Street" pada hari Rabu.

"Permintaan China yang mengecewakan — kita melihatnya dalam bentuk impor minyak yang lebih rendah, tingkat pemanfaatan kilang yang lebih rendah," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Renacna Peningkatan Produksi OPEC

Ilustrasi harga minyak dunia hari ini (Foto By AI)
Ilustrasi harga minyak dunia hari ini (Foto By AI)

Sementara itu, OPEC+ berencana untuk meningkatkan produksi minyak pada bulan Oktober, dan kesepakatan untuk menyelesaikan perselisihan politik di Libya dapat mengakhiri gangguan pasokan dari negara Afrika Utara tersebut.

Laporan pada hari Jumat menunjukkan bahwa delapan anggota OPEC+ masih berencana untuk meningkatkan produksi sebesar 180.000 barel per hari pada bulan Oktober, tetapi kelompok tersebut telah menjelaskan pada bulan Juni bahwa keputusan tersebut dapat dibalik tergantung pada kondisi pasar.

"Reaksi pasar terhadap cerita-cerita pasokan ini menunjukkan betapa lemahnya sentimen di pasar minyak saat ini," kata Giovanni Staunovo, seorang ahli strategi di UBS, kepada kliennya dalam sebuah catatan pada hari Rabu.

Namun, tiga sumber mengatakan kepada Reuters pada hari Rabu bahwa kelompok tersebut mungkin sekarang mempertimbangkan untuk menunda peningkatan produksi bulan Oktober.

“Kami juga tidak akan terlalu memperhatikan laporan peningkatan produksi bulanan ini,” tulis Staunovo. "Dengan harga yang sekarang tertekan, kemungkinan peningkatan tersebut akan dihentikan."

Penjualan minyak mentah tetap penting untuk membiayai proyek modernisasi ekonomi Saudi Arabia, Vision 2030, kata Croft.

"Saya tidak berpikir ini adalah harga optimal bagi banyak anggota OPEC," katanya.

Juga tidak jelas apakah kesepakatan di Libya benar-benar akan bertahan, kata Staunovo. Secara fundamental, pasar tetap kekurangan pasokan karena persediaan minyak telah menurun sejak Mei meskipun permintaan di China lemah, katanya.

UBS percaya pasar terlalu pesimistis dan harga Brent akan pulih ke $80 per barel dalam beberapa bulan mendatang. "Oleh karena itu, kami terus merekomendasikan investor yang mencari risiko untuk menjual risiko penurunan harga dalam minyak mentah," kata Staunovo.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya