Diresmikan Jokowi Hari Ini, Smelter Freport di Gresik Bakal Serap 2.000 Orang

Presiden Direktur PTFreeport Indonesia, Tony Wenas sebelumnya mengungkapkan, smelter yang hari ini diresmikan adalah smelter kedua PTFI di Gresik yang merupakan single line terbesar di dunia.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 23 Sep 2024, 20:45 WIB
Diterbitkan 23 Sep 2024, 20:45 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan smelter tembaga PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur. (Arief/Liputan6.com)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan smelter tembaga PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur. (Arief/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik Jawa Timur, Senin (23/9/2024). Smelter ini berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik.

"Pekerjaan yang sangat berat adalah mengajak perusahaan pertambangan membangun smelter, " kata Jokowi.

Salah satu faktornya adalah, investasinya tidak kecil, yakni hingga Rp 56 triliun. "Dengan pembangunan ini, iseng-iseng saya berhitung, revenue berapa, penerimaan negara di pusat dan daerah. Kira-kira Rp 80 triliun," kata Jokowi.

"Penerimaan kita makin besar dan meningkatkan dibanding mengekspor raw material arau bahan mentah."

Selain revenue, keberadaan smelter juga akan membuka lapangan pekerjaan yang sangat besar. "Ini adalah pelaksanaan hilirisasi yang akan membuat GDP kita tidak bertumpu pada konsumsi domestik tapi dari perusahaan."

Smelter PTFI akan menghasilkan 900 ribu ton katoda tembaga, kurang lebih 50 ton emas dan 210 ton perak per tahunnya.

Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas sebelumnya mengungkapkan, smelter yang hari ini diresmikan adalah smelter kedua PTFI di Gresik yang merupakan single line terbesar di dunia.

"Ini adalah bagian dari program hilirisasi yang dicanangkan Presiden Jokowi," kata dia. Tembaga yang dihasilkan, tambah Tony Wenas, akan mendorong program electronic vehicle (EV).

Tony Wenas menambahkan, pada operasionalnya, smelter tersebut akan mempekerjakan 2.000 orang, 1.800 kontraktor dan sisanya adalah karyawan langsung.

"Selama proses konstruksi, proyek pembangunan smelter telah mempekerjakan 40.000 tenaga kerja," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mulai Dibangun Oktober 2021

Bakal Diresmikan Presiden Jokowi, Seperti Ini Penampakan Smelter Freeport Indonesia di Gresik
Terletak di Gresik, Jawa Timur, PT Smelting merupakan fasilitas smelter tembaga pertama di Indonesia. (Sumber foto: Corporate Communication PT Freeport Indonesia)

Proyek smelter, yang pendirian tiang pancang atau ground breaking pertamanya dihadiri Jokowi pasa Oktober 2021, makan waktu sekitar 3 tahun 4 bulan.

Dari tambang tembaga bawah tanah terbesar di Papua, kata Tony Wenas, konsentrat dibawa ke smelter single line terbesar.

"PTFI menjadi perusahaan tambang tenaga hulu hilir terbesar di dunia," kata Tony Wenas.

Sebelum ke Gresik, Presiden Jokowi mengunjungi rovinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk meresmikan smelter tembaga dan pemurnian logam mulia PT Amman Mineral Internasional Tbk.

Presiden juga dijadwalkan akan meresmikan injeksi bauksit perdana Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) PT Borneo Alumina Indonesia di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat pada Selasa (24/9) pagi.


Sudah Beroperasi 55 Tahun

Sebelumnya, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa Freeport telah beroperasi selama 55 tahun tanpa membangun smelter, meskipun sumber daya yang dihasilkan, seperti tembaga dan emas, sangat berharga nilainya.

"Karena yang di sana itu bukan hanya tembaga, ada barang yang lain yang harganya lebih tinggi, yaitu emas," kata Presiden saat membuka Kongres Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) XXII dan Seminar Nasional 2024 di Surakarta, Jawa Tengah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya