Mengeker Peluang Bisnis dan Waralaba di Tengah Target Pertumbuhan Ekonomi 8%

Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi 8% per tahun dengan mendukung industri domestik, memperkuat infrastruktur dan meningkatkan peran Indonesia dalam rantai pasokan global.

oleh Septian Deny diperbarui 02 Okt 2024, 14:45 WIB
Diterbitkan 02 Okt 2024, 14:45 WIB
Gubernur BI Optimis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Membaik
Suasana pemukiman dan gedung pencakar langit diambil dari kawasan Grogol, Jakarta, Rabu (11/11/2020). Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengaku optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan akan lebih baik pasca pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

 

Liputan6.com, Jakarta Indonesia berada dalam jalur menuju Indonesia Emas 2045, dengan visi menjadi negara maju di berbagai sektor. Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi 8% per tahun dengan mendukung industri domestik, memperkuat infrastruktur dan meningkatkan peran Indonesia dalam rantai pasokan global.

Di tengah upaya ini, FLEI Business Show 2024 hadir sebagai platform utama yang mempertemukan investor global dengan para pelaku bisnis lokal dan internasional. Acara ini akan berlangsung pada 25-27 Oktober 2024 di Jakarta Convention Center dan diselenggarakan oleh Panorama Media, bekerja sama dengan Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), KADIN, serta Franchise Academy Indonesia.

Dengan menghadirkan ratusan exhibitor dari berbagai sektor, FLEI Business Show diharapkan dapat menjadi titik temu penting bagi bisnis di Indonesia untuk berinovasi dan tumbuh di pasar yang semakin kompetitif.

Dengan re-branding menjadi FLEI Business Show 2024, pameran ini menghadirkan visi yang lebih luas dan inklusif. Pameran ini menawarkan cakupan yang lebih luas, mencakup waralaba, lisensi, dan berbagai solusi bisnis seperti reseller, distributor, hingga kemitraan.

"Kami tidak hanya fokus pada waralaba dan lisensi, tetapi juga menciptakan platform yang lebih komprehensif untuk pelaku bisnis dari berbagai sektor. Melalui acara ini, kami ingin memperkuat jaringan bisnis, mendorong kolaborasi strategis, dan membuka peluang investasi baru," kata Project Manager FLEI Rulief Harjianto dikutip Rabu (2/10/2024). 

Dengan target pertumbuhan ekonomi 8%, pemerintah Indonesia berfokus pada penguatan infrastruktur untuk memastikan Indonesia berperan lebih besar dalam rantai pasokan global. Sementara untuk pertumbuhan pasar domestik, di butuhkan peranan besar dari wiraswasta khususnya serta dunia usaha umumnya.

 

 


Pertumbuhan Usaha

Pertumbuhan Ekonomi DKI Jakarta Turun 5,6 Persen Akibat Covid-19
Deretan gedung perkantoran di Jakarta, Senin (27/7/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta mengalami penurunan sekitar 5,6 persen akibat wabah Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Ketua Umum WALI dan Wakil Ketua KADIN Levita Ginting Supit menekankan di sini lah letak pentingnya acara seperti FLEI Business Show dalam mendorong pertumbuhan usaha domestik.

"Acara ini memberikan peluang besar bagi sektor waralaba dan lisensi untuk berkontribusi pada perekonomian nasional. Sektor makanan dan minuman, yang didominasi generasi muda, menjadi salah satu sektor dengan pertumbuhan tertinggi," ujarnya.

Maraknya pameran waralaba, kemitraan, dan lisensi di Indonesia membuktikan bahwa bisnis ini mampu bertahan di tengah berbagai tantangan. FLEI Business Show 2024 akan menghadirkan beberapa program dan inovasi baru yang dirancang untuk menjadi platform yang lebih baik dan bermanfaat bagi semua pelaku bisnis.

"Dengan pemulihan ekonomi di sektor seperti akomodasi, restoran, dan layanan bisnis pasca-pandemi, peluang ekspansi melalui waralaba semakin besar. Waralaba telah terbukti menjadi model bisnis yang tangguh, terutama di sektor makanan dan minuman, yang terus mengalami permintaan tinggi," ungkap Franchise Academy Indonesia Burang Riyadi. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya