Ada Pekerjaan di Kampung Bandan, 4 Perjalanan KRL Bekasi dan Cikarang Dibatalkan

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter, bersama KAI Daop 1 Jakarta akan melakukan rekayasa pola operasi KRL Commuter Line. Terkait adanya kegiatan peningkatan keandalan prasarana perkeretaapian berupa penggantian wesel di Stasiun Kampung Bandan.

oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana diperbarui 13 Okt 2024, 08:00 WIB
Diterbitkan 13 Okt 2024, 08:00 WIB
Ada Pergantian Wesel, KRL Beroperasi Hanya Sampai Stasiun Manggarai
Kereta commuter line melintas di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (13/2/2020). PT KCI melakukan rekayasa perjalanan KRL Bogor dan Bekasi terkait penggantian wesel atau persimpangan rel di stasiun Gambir dan Jakarta Kota. (merdeka.com/Magang/Muhammad Fayyadh)

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter, bersama KAI Daop 1 Jakarta akan melakukan rekayasa pola operasi KRL Commuter Line. Terkait adanya kegiatan peningkatan keandalan prasarana perkeretaapian berupa penggantian wesel di Stasiun Kampung Bandan.

Pekerjaan itu dilakukan selama empat hari, yakni sejak Sabtu (12/10/2024) malam dan pada 15, 18, serta 26 Oktober 2024.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus menyampaikan, kegiatan ini penting untuk meningkatkan keandalan prasarana perkeretaapian yang berfokus pada keselamatan dan kelancaran pelayanan perjalanan KRL di masa depan.

Joni menambahkan, penggantian prasarana wesel tersebut akan dilakukan pada malam hari, mulai pukul 21.00 WIB hingga pukul 03.00 WIB, dan jalur rel akan ditutup.

"KAI Commuter akan melakukan penyesuaian pola operasi dengan membatalkan empat perjalanan Commuter Line Bekasi/Cikarang pada malam tanggal-tanggal tersebut dan menambah dua perjalanan feeder Kampung Bandan-Jakarta Kota," jelas Joni, Minggu (13/10/2024).

Joni mengimbau seluruh pengguna KRL untuk menyesuaikan jadwal perjalanan pada malam tanggal-tanggal tersebut. Sehubungan dengan kegiatan peningkatan keandalan prasarana perkeretaapian yang berlangsung di Stasiun Kampung Bandan.

"Rekayasa pola operasi perlu dilakukan untuk menjamin keselamatan dan mengantisipasi kepadatan antrian perjalanan KRL Commuter Line di Stasiun Kampung Bandan selama pekerjaan berlangsung," tuturnya.

Jadwal Perjalanan KRL yang Dibatalkan

Berikut empat jadwal perjalanan KRL Commuter Line Bekasi/Cikarang yang dibatalkan pada 12, 15, 18, dan 26 Oktober 2024:

  1. Commuter Line No. 5592 relasi Kampung Bandan-Bekasi, jadwal pemberangkatan pukul 21.18 WIB
  2. Commuter Line No. 4109 relasi Bekasi-Jakarta Kota, jadwal pemberangkatan pukul 22.28 WIB
  3. Commuter Line No. 5160 relasi Kampung Bandan-Cikarang, jadwal pemberangkatan pukul 21.24 WIB
  4. Commuter Line No. 4111 relasi Kampung Cikarang-Jakarta Kota, jadwal pemberangkatan pukul 23.14 WIB

Sedangkan untuk perjalanan tambahan KA feeder Kampung Bandan-Jakarta Kota pada tanggal-tanggal tersebut, antara lain:

  1. Commuter Line No. D1/R5773 relasi Kampung Bandan-Jakarta Kota, jadwal pemberangkatan pukul 21.12 WIB
  2. Commuter Line No. D1/R5591 relasi Kampung Bandan-Jakarta Kota, jadwal pemberangkatan pukul 21.22 WIB

Ada lonjakan, KAI Commuter Tambah Kembali 6 Perjalanan ke Bogor

Jadwal Perjalanan KRL Commuterline
Hal ini menyusul berlakunya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 yang baru. (Liputan6.com/Johan Tallo)

KAI Commuter kembali menambah perjalanan tambahan untuk perjalanan Commuter Line Bogor guna mengantisipasi penumpukkan penumpang.

Tercatat hingga pukul 20.00 WIB, tercatat total volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 985.700 orang.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus,melaporkan, setidaknya 6 perjalanan tambahan Commuter Line relasi Depok/Bogor-Jakarta Kota pada sore hingga malam ini, yang sebelumnya sudah mengoperasikan 4 perjalanan tambahan pada pagi hingga siang hari tadi.

Sehingga total penambahan perjalanan sebanyak 10 perjalanan.

“Penambahan perjalanan ini untuk antisipasi kepadatan pengguna yang akan pulang di stasiun-stasiun sekitar tempat perayaan HUT TNI ke-79,” kata Joni dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/10/2024).

Joni juga mengatakan, KAI Commuter sempat memberlakukan sistem buka tutup antrean yang akan masuk ke area peron Stasiun Juanda. Hal ini untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan pengguna yang menunggu keberangkatan kereta,

 

Stasiun Juanda

Subsidi KRL Berbasis NIK Bakal Bikin Kelas Menengah Makin Tertekan
Hingga kini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih mengkaji skema tarif hingga data acuan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Karena, volume pengguna di Stasiun Juanda mencapai 42.917 orang, sedangkan volume kedatangan di Stasiun Juanda sebanyak 105.811 orang. KAI Commuter menghaturkan terima kasih kepada seluruh pengguna yang dengan tertib dan mengikuti arahan petugas saat menggunakan Commuter Line.

Untuk memberikan layanan dan keamanan penggunanya, KAI Commuter melakukan penambahan personil pengamanan dari internal dan unsur TNI di Stasiun Juanda dan Gondangdia serta penambahan petugas-petugas layanan di area stasiun.

KAI Commuter tetap mengimbau kepada seluruh pengguna Commuter Line untuk tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan, selalu ikuti arahan dan instruksi dari petugas di stasiun. Bagi pengguna yang membawa anak, pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan selama dalam perjalanan.

“Jangan memaksakan naik kereta jika kondisinya sudah padat. Informasi jadwal perjalanan dan posisi kereta dapat diakses melalui aplikasi C-Access,” tutup Joni.

 

Infografis Polemik Operasional KRL Jabodetabek saat Pandemi Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Polemik Operasional KRL Jabodetabek saat Pandemi Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya