Kurangi Emisi Karbon, IDSurvey dan UI Promosikan Hutan Kota

Hutan kota diharapkan tidak hanya berfungsi sebagai ruang hijau, tetapi juga sebagai pusat penelitian ilmiah yang berfokus pada konservasi lingkungan dan keanekaragaman hayati.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 15 Okt 2024, 23:45 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2024, 23:39 WIB
PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey.
PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey.

Liputan6.com, Jakarta IDSurvey, sebagai holding BUMN Jasa Survei menegaskan komitmennya dalam mendukung keberlanjutan lingkungan melalui pengembangan ruang hijau di kawasan perkotaan.  Salah satu langkah konkritnya adalah dengan berkolaborasi bersama Universitas Indonesia (UI) dalam pengembangan Arboretum UI yang berlokasi di Hutan Kota Universitas Indonesia, Depok, pada 10 Oktober 2024.

Program ini bertujuan untuk menciptakan hutan kota yang tidak hanya berfungsi sebagai ruang hijau, tetapi juga sebagai pusat penelitian ilmiah yang berfokus pada konservasi lingkungan dan keanekaragaman hayati.

Arboretum UI dirancang sebagai ekosistem yang mendukung penyerapan air, penyerapan karbon, dan pendidikan lingkungan.

Inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat perkotaan dengan memberikan kontribusi nyata dalam mengurangi dampak perubahan iklim.

"Hutan kota seperti Arboretum UI ini bukan hanya solusi bagi lingkungan, tetapi juga pusat edukasi dan penelitian yang mampu mendorong inovasi untuk keberlanjutan di masa depan," ungkap Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT SUCOFINDO, Evi Afiatin, Selasa (15/10/2024).

Promosi Hutan Kota

IDSurvey melalui proyek ini mempertegas perannya sebagai pemimpin dalam promosi hutan kota, yang menjadi bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Dukungan IDSurvey terhadap pengembangan Arboretum UI mencerminkan visi perusahaan untuk menciptakan dampak lingkungan yang positif sekaligus mempromosikan edukasi dan penelitian.

 

Ruang Terbuka Hijau

Kampus Universitas Indonesia (UI) (Doc. Universitas Indonesia)
Kampus Universitas Indonesia (UI) (Doc. Universitas Indonesia)

Proyek ini juga berfokus pada pengembangan ruang terbuka hijau yang akan dilengkapi dengan fasilitas seperti perpustakaan botani, laboratorium karbon, dan area forest healing, menjadikannya pusat multifungsi yang inovatif.

Hutan kota, seperti Arboretum UI, memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekologi, mengatasi polusi, dan menjadi ruang edukasi yang memberikan dampak jangka panjang.

Dengan semakin bertambahnya ruang hijau di kawasan perkotaan, masyarakat perkotaan akan semakin terdorong untuk peduli terhadap pelestarian lingkungan.

Kolaborasi strategis dengan Universitas Indonesia juga menjadi langkah signifikan dalam mewujudkan visi UI sebagai kampus hijau yang berkelanjutan.

Selain menjadi pusat penelitian akademik, Arboretum UI diharapkan mampu menjadi contoh bagi pengembangan hutan kota lainnya di seluruh Indonesia. Hal ini sejalan dengan misi IDSurvey untuk mendorong inisiatif keberlanjutan yang berdampak luas bagi lingkungan dan masyarakat.

Rencana peletakan batu pertama untuk Arboretum UI akan dilakukan pada akhir tahun 2024, dengan target penyelesaian pada pertengahan 2025.

IDSurvey dan Universitas Indonesia bersama-sama berkomitmen untuk menjadikan proyek ini sebagai contoh keberhasilan pengembangan ruang hijau di kawasan perkotaan yang mendukung keanekaragaman hayati serta menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya