Mengenal Dody Hanggodo, Pengusaha Kandidat Calon Menteri Prabowo

Dody Hanggodo tercatat sebagai pengusaha. Pada 2020 lalu, dia terdaftar sebagai komisaris di PT Senabangun Anekapertiwi, sebuah perusahaan di bidang perkebunan sawit.

oleh Arief diperbarui 17 Okt 2024, 13:30 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2024, 13:30 WIB
Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengunggah momen bersama calon menteri selama pembekalan di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. (Instagram @prabowo).
Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengunggah momen bersama calon menteri selama pembekalan di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. (Instagram @prabowo).

Liputan6.com, Jakarta - Sederet profesional, termasuk dari kalangan pengusaha, turut menjadi sasaran pemanggilan Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Salah satunya adalah pengusaha, Dody Hanggodo.

Tak banyak latar belakang yang bisa ditelusuri mengenai Dody Hanggodo, yang menjadi calon menteri di kabinet Prabowo-Gibran periode 2024-2029. Sosok Dody terlihat mendatangi kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Bahkan, Dody juga terlibat dalam agenda pembekalan calon menteri, calon wakil menteri, dan calon kepala badan yang digelar di Hambalang, Bogor. Lantas, siapa Dody Hanggodo?

Menurut penelusuran Liputan6.com, nama Dody Hanggodo tercatat sebagai pengusaha. Pada 2020 lalu, dia terdaftar sebagai komisaris di PT Senabangun Anekapertiwi, sebuah perusahaan di bidang perkebunan sawit.

Senabangun Anekapertiwi ini merupakan anak usaha dari PT Pradiksi Gunatama Tbk (PGUN). PGUN disebut-sebut sebagai emiten yang berada dalam lingkaran Jhonlin Group, yang dimiliki oleh konglomerat Kalimantan, Haji Isam.

Pada 2022, PGUN akhirnya melakukan merger dengan Senabangun Anekapertiwi. Setelah itu, nama Dody Hanggodo tak lagi terlihat dalam jajaran manajemen perusahaan.

 

Mengaku Siap Jadi Menteri

Usai bertemu Prabowo pada Senin 14 Oktober 2024, Dody mengaku membahas sejumlah hal mengenai Asta Cita Presiden Terpilih tersebut. Hanya saja, dia tidak mengungkap secara rinci apa yang dibahas keduanya.

"Pertemuan empat mata Prabowo dengan para calon menteri itu durasinya bervariasi. Ada yang hanya tiga menit dan lima menit, bahkan lebih dari itu," ujar Dody, dikutip Kamis (17/10/2024).

Mengenai perbincangan empat mata dengan Prabowo, Dody menjelaskan Ia lebih membahas tentang masa depan Indonesia Emas 2045.

"Secara feneral tentang Asah Cita Mencapai Indonesia Emas 2045," papar Bapak dari Aushaf Fajr Herdiansyah ini yang juga Calon Wakil Bupati Kabupaten Nganjuk.

Selanjutnya, Prabowo menanyakan mengenai kesiapan Dody Hanggodo untuk memajukan Indonesia di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran.

"100 persen saya bersedia, kemudian obrolan mengenai Asah Cita, hanya General saja belum mengerucut, lebih kediskusi dan pertemuan secara formalitas," ujar Dody.

 

Kementerian Pekerjaan Umum

Dia menyebut tidak ada pembicaraan mengenai posisi di Kementerian Pekerjaan Umum. Dia menyerahkan ke Prabowo soal kejelasan nantinya.

"Baru tadi secara general aja sih, nanti aja deh biar diumumkan beliau sendiri lah, saya ini siapa gitu," pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya