Maspion Berancang-ancang Bangun Pelabuhan Kontainer

Maspion Group berencana membangun pelabuhan kontainer di Gresik, Jawa Timur demi menciptakan efektifitas produksi dan distribusi.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 11 Nov 2013, 17:18 WIB
Diterbitkan 11 Nov 2013, 17:18 WIB
ekspor-indonesia-130911c.jpg
Maspion Group berencana membangun pelabuhan kontainer Gresik, Jawa Timur demi menciptakan efektifitas produksi dan distribusi.

Direktur Utama Maspion Group Alim Markus menyatakan pembangunan pelabuhan kontainer tersebut rencananya dibangun awal 2014 dan rampung di 2015.

"Tahun depan awal kita mau bikin pelabuhan kontainer di Gresik kawasan industri Maspion, jadi nanti 2015 akan bisa digunakan," ujar dia di Jakarta, Senin (11/11/2013).

Alim menyebutkan pelabuhan yang akan berkapasitas dermaga 100 ribu ton per tahun ini nantinya difungsikan menjadi pelabuhan alternatif mengingat pelabuhan kontainer di Surabaya yang sudah cukup padat.

"Karena saya melihat Pelabuhan Surabaya over kapasitas, jadi pelabuhan di Gresik itu peluang. Jadi saya kira kalau bagi pelayaran seluruh pelayaran kalau ada masuk barang dan keluar barang lebih baik di Gresik. Karena bongkar muatnya jelas, tidak perlu antri, costnya itu dana kita bisa murah," kata dia.

Namun sayang, saat dikonfirmasi mengenai berapa investasi yang diperlukan untuk membangun pelabuhan tersebut, Alim enggan mengatakannya. "Investasi? Itu rahasia," kata Alim.

Lebih lanjut menurut Alim, pelabuhan alternatif ini akan masuk dalam salah satu target pelabuhan yang dibangun Maspion. Pada 2015, perusahaan menargetkan memiliki 16 pelabuhan pribadi.

"Yang mana pelabuhan Maspion di kawasan industri Maspion, sekarang itu ada pelabuhan manfaat under construction 12, sehingga tahun depan 2014 ada 16 pelabuhan, 2015 itu kontainer," tutupnya. (Yas/Nur)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya