Subhan Rebut Posisi Enam di Hari Pertama Reli Australia

Subhan sengaja tidak menggeber mobilnya sebagai strategi, selain belum nyaman dengan setelan mobil.

oleh Defri Saefullah diperbarui 12 Sep 2014, 20:44 WIB
Diterbitkan 12 Sep 2014, 20:44 WIB
Subhan Aksa
Subhan Aksa saat akan memulai start di Reli Malaysia (Istimewa)

Liputan6.com, Coffs Harbour: Pilihan Subhan Aksa untuk tidak habis-habisan di hari pembuka Reli Australia, Jumat (12/9/2014) membuahkan hasil lumayan. Ia finish urutan 6 kelas WRC2 atau secara umum di posisi ke-17 dari 79 peserta seri ke-10 kejuaraan dunia FIA 2014 World Rally Championship (WRC) itu.

Pada enam special stage (SS) awal yang berlangsung di lintasan gravel, Ubang konsisten menjaga irama kecepatannya dan finish 3 kali di posisi ke-6 dan tiga kali posisi 7 dari 14 pereli yang turun dengan mobil spesifikasi WRC2. Ubang tak sepenuhnya bertahan tapi juga tak menyerang.

Hasilnya,  Subhan berhasil finis tanpa kerusakan mobil seperti dikhawatirkan sejak awal. Pereli asal Makassar Sulsel ini pun berhasil lewati trauma tahun lalu dimana dirinya harus keluar dari trek gara-gara kerusakan mobil

“Hasil sementara ini cukup puas, sesuai target. Paling tidak ya lebih bagus dari tahun lalu," ujarnya seperti rilis yang diterima media, Jumat (12/9/2014).

Selain sengaja tidak menggeber mobil karena strategi, Subhan juga merasa masih belum nyaman dengan setelan mobil pada SS awal. Dia pun langsung meminta perbaikan di beberapa titik saat masuk service park.

“Rutenya tricky banget. Kita buat berbagai perubahan setingan, terutama kaki-kaki mobil," lanjutnya.

Dua SS terakhir pada sesi Jumat adalah super special stage (SSS) yang berlangsung di tengah kota dan memang di-setting sebagai hiburan buat penonton dan disiarkan langsung televisi. Jarak tempuh kedua SSS ini masing-masing hanya 1,56 km.

Tapi, tingkat kesulitannya tinggi karena desain trek dikreasi agar peserta bisa tampil atraktif. Lintasannya pun campuran gravel dan aspal kasar sehingga munculkan kesulitan dalam pemilihan ban dan suspensi. 

Apalagi, beberapa bagian masih digenangi air hujan sehingga sensasinya lebih terasa buat penonton. Hasilnya, Ubang kembali finish urutan 6 di dua kesempatan itu.


Baca Juga:
Siswa SMP Ini Akan Berlatih di Ajax dan Barcelona
Strategi Parkir Bus Mourinho Bisa Dimainkan di FIFA 15
Kalah Seksi, Pacar Cantik Casillas Kehilangan Pekerjaan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya