Bantai Dortmund, Juventus Mulus ke Perempat Final

Tevez memborong dua gol kemenangan Juventus.

oleh Thomas diperbarui 19 Mar 2015, 04:35 WIB
Diterbitkan 19 Mar 2015, 04:35 WIB
Dortmund vs Juventus
Dortmund vs Juventus (AFP)

Liputan6.com, Dortmund- Juventus tampil luar biasa di leg kedua 16 besar Liga Champions. I Bianconeri mencukur tuan rumah Borussia Dortmund tiga gol tanpa balas sehingga berhak lolos ke babak perempat final dengan keunggulan agregat 5-1.

Pada laga yang digelar di Signal Iduna Park, Kamis (19/3/2015) dinihari WIB, Carlos Tevez menjadi bintang kemenangan Juve. Mantan pemain Manchester United ini mencetak dua gol dan satu assist.

Dituntut meraih kemenangan setelah kalah 1-2 di leg pertama, Dortmund turun dengan formasi 4-2-3-1. Pierre Emerick Aubamayeng didukung Henrikh Mkhitaryan,  Maro Reus dan Kevin Kampl. Sedangkan Juve kembali mengandalkan kuartet Paul Pogba, Claudio Marchisio, Roberto Pereyra dan Arturo Vidal karena Andrea Pirlo masih tidak bisa main.

Bermain di kandang sendiri, Dortmund memulai laga dengan buruk. Gawang Dortmund malah kebobolan di menit ketiga. Tevez melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti. Bola gagal dibendung kiper Roman Weidenfeller.

Keberhasilan mencuri gol tanang membuat Juve memperketat pertahanan mereka. Nyaris seluruh pemain Juve membantu pertahanan. I Bianconeri lebih banyak mengandalkan serangan balik.

Walau lebih banyak bertahan, Juve sempat memiliki peluang menggandakan skor pada menit 16. Tendangan jarak jauh bek kanan Stephan Lichtsteiner memaksa Weidenfeller jatuh bangun menepisnya.

Petaka menimpa Juventus di pertengahan babak pertama. Pogba mengalami cedera dan tak bisa melanjutkan pertandingan. Massimiliano Allegri pun terpaksa mengganti formasi menjadi 3-5-2 dengan memasukkan bek Andrea Barzagli menggantikan Pogba.

Keluarnya Pogba membuat Dortmund makin leluasa menguasai jalannya pertandingan dan menekan Juve. Namun Dortmund dibuat mati kutu oleh Juve. Praktis tak ada peluang berarti yang mampu diciptakan Dortmund hingga turun minum. Skor 0-1 berhasil dipertahankan Juve hingga babak pertama usai.

Simak ulasan babak kedua di halaman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Kedua

Dortmund vs Juventus
Dortmund vs Juventus (AFP)

Situasi tak banyak berubah diawal babak kedua. Dortmund tetap mengendalikan permainan, tapi kesulitan menciptakan peluang berbahaya didepan gawang Juventus.

Asyik menyerang, pertahanan Dortmund hampir kecolongan di menit 50. Serangan balik cepat Juve yang dibangun Tevez hampir dimaksimalkan Alvaro Morata untuk menggandakan skor. Tapi sepekan Morata masih bisa digagakan Weidenfeller.

Enam menit kemudian, Morata kembali menyia-nyiakan peluang emas yang didapatnya. Tendangan rendah eks pemain Real Madrid itu dengan gemilang ditepis Weidenfeller dengan menggunakan kakinya.

Dortmund baru bisa mencatatkan tembakan ke arah gawang untuk kali pertama di laga ini pada menit 63. Tembakan jarak jauh Kampl masih tetap ke arah Gianluigi Buffon.

Lini belakang Dortmund kembali kecolongan saat menerapkan perangkap off-side di menit 70. Tevez berhadapan langsung dengan Weindenfeller. Pemain Argentina ini tidak egois dan memilih mengumpankan bola kepada Morata. Dengan mudah, Morata menceploskan si kulit bundar ke gawang kosong.



Keunggulan dua gol membuat Juve merasa aman. Allegri pun berani memberi kesempatan debut kepada Alessandro Matri yang masuk menggantikan Morata.

Dortmund akhirnya bisa memaksa Buffon jatuh bangun menyelamatkan gawangnya di menit 78. Sundulan pemain pengganti Adrian Ramos dengan susah payah ditepis Buffon.

Memasuki menit 79, Juve makin menjauh. Tevez kembali mencatatkan namanya di papan skor. Mendapat umpan terobosan dari Pereyra, Tevez melepaskan tembakan keras yang mengecoh Weidenfeller.

Skor 3-0 bertahan hingga peluit panjang ditiup. Juventus pun berhak lolos ke perempat final.

Susunan Pemain:

Dortmund: Weidenfeller, Subotic, Hummels, Papastathopoulos, Schmelzer (Kirch 46'), Bender (Ramos 63'), Gundogan, Reus, Kampl, Mkhitaryan (kuba 63'), Aubameyang

Juventus: Buffon, Chiellini, Bonucci, Lichtsteiner, Evra, Pogba (Barzagli 27'), Marchisio, Vidal, Pereyra, Morata (Matri 78'), TĂ©vez (Pepe 81')

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya