Legenda Barcelona Sarankan Rooney Pindah Posisi

Xavi Hernandez menyarankan Wayne Rooney bermain sebagai gelandang.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 28 Okt 2015, 15:28 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2015, 15:28 WIB
Manchester United vs Ipswich Town
Ekspresi Wayne Rooney mencetak gol ketiga ke gawang Ipswich Town dalam laga putaran ketiga Piala Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Kamis (24/9/2015) dini hari WIB. (Action Images via Reuters/Ed Sykes)

Liputan6.com, Manchester - Ketajaman Wayne Rooney dalam urusan mencetak gol bersama Manchester United (MU) musim ini merosot. Ia baru mencetak dua gol dalam sembilan penampilannya di Liga Premier Inggris.

Kondisi tersebut meningkatkan keraguan atas kemampuan Rooney memimpin barisan penyerang MU. Meski demikian, Manajer MU Louis van Gaal masih membela performa striker 30 tahun tersebut.

Terkait performa Rooney, Xavi Hernandez punya saran. Legenda Barcelona itu percaya Rooney masih mempunyai sisa karier yang panjang. Hanya saja, Xavi menyarankan Rooney untuk bermain lebih ke tengah.

"Secara pribadi saya pikir Rooney masih punya banyak yang bisa ditawarkan, tetapi mungkin sudah waktunya bagi dia untuk beradaptasi," kata Xavi seperti dilansir Soccerway, Rabu (28/10/2015).

"Anda telah mencapai usia tertentu dan Anda tidak dapat memainkan permainan seperti sebelumnya. Anda tidak dapat mencakup area yang pernah Anda lalukan dulu. Tapi pemain cerdas beradaptasi dan tidak ada yang meragukan Rooney memiliki kecerdasan sepak bola yang sangat baik," ujarnya.

"Mungkin sudah waktunya untuk striker baru di Manchester United yang dapat berlari selama 90 menit. Namun Rooney akan sangat berbahaya dalam peran yang lebih dalam. Dia memiliki visi dan operan-operan akurat untuk memainkan peran itu dengan baik," ucap Xavi.

"Jika dia bisa beradaptasi, tak ada alasan mengapa dia tidak bisa bermain di level atas selama lima atau enam musim lagi. Tapi sebagai pemain Anda harus mengakui bahwa tubuh Anda berubah dan tidak bisa melakukan apa yang dulu pernah dilakukan."

Xavi, yang bermain di bawah Louis van Gaal saat di Barcelona, ​​tahu manajer asal Belanda itu tidak peduli dengan nama besar pemain. "Wayne Rooney adalah pemain yang saya kagumi untuk waktu yang lama. Dia adalah pemain yang luar biasa dengan kemampuan yang luar biasa," ujar Xavi yang kini bermain untuk klub Qatar, Al Sadd.

"Van Gaal tidak menghormati nama sekali pun. Tidak peduli jika Anda adalah pemain terbaik di dunia, jika dia ingin menjatuhkan Anda dari tim, maka dia akan menjatuhkan Anda dari tim." (Bog/Rco)**

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya