Menghitung Peluang 4 Wakil Indonesia di Superseries Finals 2015

Superseries Finals adalah turnamen tutup tahun yang merupakan puncak dari rangkaian turnamen superseries (premier) dalam semusim.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 08 Des 2015, 18:30 WIB
Diterbitkan 08 Des 2015, 18:30 WIB
20150812- Hendra/Ahsan di BWF World Championships 2015-Jakarta
Hendra Setiawan (kiri)/M Ahsan bersalaman saat laga melawan Baptise Careme/Ronan Labar (Perancis) di Total BWF World Championships 2015 di Jakarta, Rabu (12/8/2015). Hendra/Ahsan unggul 19-21, 21-17, 21-18. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia mengirimkan empat wakil ke ajang BWF Dubai World Superseries Finals 2015. Mereka adalah ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, serta dua pasangan ganda campuran, yakni Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto.

Superseries finals adalah turnamen tutup tahun yang merupakan puncak dari rangkaian turnamen superseries (premier) dalam semusim. Hanya delapan pemain/pasangan dengan peringkat superseries terbaik dalam semusim yang bisa tampil di turnamen ini. Untuk tahun ini, turnamen akan berlangsung di Hamdan Sports Complex, Dubai, 9-13 Desember.

Baca Juga

  • Wolfsburg Vs MU: Memori Enam Tahun Silam
  • 7 Fakta Menarik Wolfsburg Vs Manchester United
  • Pantang Menyerah, Pembalap Indonesia Dorong Motor ke Garis Finis

Tahun lalu, Indonesia juga meloloskan empat wakilnya ke turnamen ini. Ketika itu, Hendra/Ahsan dan Greysia/Nitya terpaksa mundur karena cedera di babak penyisihan pertama. Sementara Tontowi/Liliyana gagal melaju ke semifinal karena cuma sekali menang. Tommy Sugiarto juga gagal karena tak memenangkan satu dari tiga laga. Sedangkan Praveen/Debby belum masuk rangking delapan besar.

Lantas, bagaimana peluang keempat wakil Indonesia untuk tahun ini?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Di Grup Berat, Hendra/Ahsan Punya Peluang ke Semifinal

20150824-M Ahsan (kiri) dan Hendra Setiawan 2
M Ahsan (kiri) dan Hendra Setiawan (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan berada di grup berat. Pasangan Juara Dunia 2013 dan 2015 ini tergabung di Grup A bersama Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong (Korea), Zhang Nan/Fu Haifeng (Tiongkok), dan Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa (Jepang).

Di laga pertama, Rabu (9/12/2015) besok, Hendra/Ahsan lebih dulu menghadapi Hiroyuki/Kenichi. Kedua pasangan ini tercatat telah delapan kali bertemu, di mana semua partai dimenangkan Hendra/Ahsan. Partai ini jadi kesempatan Hendra/Ahsan untuk meraih kemenangan.

Selanjutnya, Hendra/Ahsan akan menghadapi musuh bebuyutan, Lee/Yoo. Saat ini, rekor pertemuan kedua pasangan 6-4 untuk keunggulan Lee/Yoo. Pada pertemuan terakhir di semifinal Kejuaraan Dunia 2015 pada Oktober lalu, Hendra/Ahsan menang 21-17 dan 21-19. Ini adalah kali pertama Hendra/Ahsan bisa menang dua game langsung.

Terakhir, Hendra/Ahsan menghadapi Zhang/Fu. Sejauh ini, kedua pasangan sudah bertemu tujuh kali dan lima di antaranya dimenangkan Zhang/Fu. Dalam empat pertemuan terakhir, Zhang/Fu selalu menang dari Hendra/Ahsan.

Yang menjadi masalah adalah performa Hendra/Ahsan menurun usai meraih gelar Juara Dunia 2015. Pada ajang Indonesian Masters 2015, pekan kemarin, misalnya, pasangan ini cuma mencapai perempat final. Namun, peluang Hendra/Ahsan melaju ke semifinal tetap terbuka.


Greysia/Polii Berpeluang ke Semifinal

Nitya/Greysia Melaju ke Semi Final Indoensia Open 2015
Ganda putri Indonesia Nitya Krishinda Maheswari dan Greysia Polii melaju ke semi final BCA Indonesia Open Superseries Premier 2015, Jakarta, Jumat (5/6/2015). Nitya/Greysia mengalahkan ganda putri Tiongkok Luo Ying/Luo Yu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tahun lalu, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari gagal lolos ke semifinal Superseries Finals. Ganda putri terbaik Indonesia itu terpaksa mundur karena cedera di babak penyisihan pertama.

Tahun ini, Greysia/Nitya kembali ambil bagian dalam turnamen tutup tahun tersebut. Juara Korea Open Superseries 2015 ini berada di Grup B bersama Tian Qing/Zhao Yunlei (Tiongkok), Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl (Denmark), serta Eefje Muskens/Selena Piek (Belanda).

Di laga perdana, Greysia/Nitya menghadapi Eefje/Selena. Kedua pasangan ini tercatat belum pernah berhadapan. Selanjutnya, pasangan peringkat empat dunia itu akan menantang Tiang/Zhao. Sejauh ini, skor pertemuan keduanya 1-4 untuk keunggulan Tiang/Zhao.

Terakhir, Greysia/Nitya bertemu Christinna/Kamilla. Dalam lima pertemuan, Greysia/Nitya unggul 4-1 atas wakil Denmark itu. Tapi pada pertemuan terakhir di Japan Open, November lalu, Greysia/Nitya kalah dari Christinna/Kamilla.

Kesempatan Greysia/Nitya untuk meraih tiket ke semifinal adalah dengan mengalahkan Eefje/Selena dan Christinna/Kamilla.


Tontowi/Liliyana Bisa Raih Tiket Semifinal

20150813- Tontowi Ahmad/ Liliyana Natsir BWF 2015-Jakarta
Ganda campuran Indonesia, Tontowi /Liliyana mengembalikan bola ke pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying di Total BWF Championships 2015, Jakarta, Kamis (13/8/2015). Tontowi Ahmad/LiliyanaNatsir unggu l21-8 21-13. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Indonesia mengirimkan dua wakil di nomor ganda campuran pada ajang BWF Dubai World Superseries Finals 2015. Kedua wakil itu adalah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto. Tontowi/Liliyana berada di Grup A, sementara Praveen/Debby masuk Grup B.

Di Grup A, Tontowi/Liliyana tergabung bersama Zhang Nan/Zhao Yunlei (China), Lee Chun Hei/Chau Hoi Wah (Hong Kong), dan Chris Adcock/Gabrielle Adcock (Inggris). Sedakan di Grup B, Praveen/Debby bersaing dengan Liu Cheng/Bao Yixin (China), Ko Sung-hyun/Kim Ha-na (Korea), dan Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (Denmark).

Peluang Tontowi/Liliyana untuk lolos ke semifinal sangat terbuka. Di laga pertama, Tontowi/Liliyana akan melawan Chris/Gabriell. Dari sembilan kali berhadapan, pasangan yang akrab disapa Owi/Butet ini tercatat tujuh kali menang. Terakhir di ajang Korea Open pada September lalu.

Selanjutnya, Tontowi/Liliyana ditantang Lee/Chau. Dalam pertemuan terakhir di BCA Indonesia Open, Juni silam, Owi/Butet menang atas pasangan Hong Konh ini. Itu merupakan kemenangan keempat mereka atas Lee/Chau dari lima kali berhadapan.

Terakhir, Owi/Butet menghadapi Zhang/Zhao. Dalam tujuh pertemuan terakhir, Owi/Butet selalu kalah dari jagoan Tiongkok tersebut. Kemenangan terakhir Owi/Butet terjadi di All England 2014.

Tahun lalu, Owi/Butet gagal meraih tiket semifinal setelah hanya meraih satu kemenangan dari tiga laga.


Tampil Perdana, Praveen/Debby Berpeluang Lolos Fase Grup

Total BWF World Championships 2015
Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Debby Susanto melangkah ke babak kedua Total BWF World Championships 2015 di Istora Senayan, Jakarat, Selasa (11/8/2015). (Liputan6.com/Badmintonindonesia.org)

Di Grup B, peluang Praveen/Debby meraih tiket semifinal juga terbuka. Apalagi, performa pasangan peringkat delapan dunia ini terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Pada laga perdana, Praveen/Debby akan menantang Liu/Bao. Pada pertemuan terakhir di Tiongkok Open 2015, Juli lalu, Praveen/Debby mampu mengalahkan pasangan peringkat tiga dunia itu lewat pertandingan seru tiga game. Itu adalah kemenangan pertama Praveen/Debby atas Liu/Bao dari tiga pertemuan.

Selanjutnya, Praveen/Debby menghadapi Ko/Kim. Pasangan ini sudah enam kali bertemu dan skor imbang 3-3. Di pertemuan terakhir pada Tiongkok Open, November lalu, Praveen/Debby menang atas Ko/Kim.

Terakhir, Praveen/Debby bertemu Joachim/Christinna. Sejauh ini, Joachim/Chirstinna masih unggul 6-2 dari delapan kali berhadapan dengan Praveen/Debby. Tapi, di dua pertemuan terakhir tahun ini, Praveen/Debby selalu menang dari pasangan Denmark tersebut. Jadi, peluang Praveen/Debby lolos ke semifinal pada penampilan perdana di turnamen ini tetap terbuka.

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya