Tiongkok dan Jepang Tetap Turun di Kualifikasi Thomas dan Uber

Padahal kedua negara tersebut sudah otomatis lolos ke babak utama Piala Thomas dan Uber 2016.

oleh Cakrayuri Nuralam diperbarui 07 Jan 2016, 22:15 WIB
Diterbitkan 07 Jan 2016, 22:15 WIB
20150811-Lin Dan Pecundangi Wakil Amerika Serikat-Jakarta
Pebulutangkis unggulan kelima, Lin Dan (Tiongkok) berusaha mengembalikan bola ke Sattawat Pongnairat (USA) di Total BWF Championships 2015, Jakarta, Selasa (11/8/2015). Lin Dan unggul 21-8, 21-11 atas Sattawat Pongnairat. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Tiongkok dan Jepang akan tetap tampil di babak kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2016 yang akan berlangsung di Hyderabad, India pada 15 hingga 21 Februari mendatang. Padahal kedua negara ini sudah memiliki tiket langsung menuju babak utama yang akan berlangsung 12-22 Mei 2016.

Tiongkok mendapat kemudahan karena merupakan tuan rumah putaran final Thomas dau Uber Cup 2016. Sedangkan Jepang merupakan juara bertahan.

Baca Juga

  • Nadal Sebut Zidane Memang 'Jodoh' Madrid
  • PBSI Bidik 2 Emas di Olimpiade Brasil
  • Gol Evan Dimas Picu Kericuhan, Ini Kata Pelatih Bireuen All Star

"Kedua negara itu akan turun di babak kualifikasi dengan kekuatan tim. Mereka ingin mengambil poin dan babak kualifikasi menjadi kesempatan besar bagi mereka," ujar Kepala Bidamg Pembinaan dan Preatasi PBSI, Rexy Mainaki di Jakarta, Kamis (7/1/2016).

Poin itu bisa menambah nilai mereka di Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil pada Agustus mendatang. Meski Tiongkok dan Jepang ikut kualifikasi, slot untuk masuk ke partai final tidak berkurang.

"Kalau mereka hanya main di partai final saja, poinnya hanya 7000. Kalau main sejak babak kualifikasi, mereka bisa mendapat lebih dari 8000 poin," kata Rexy.

Kehadiran Tiongkok dan Jepang tidak menyurutkan tim Indonesia untuk lolos ke putaran final di Kunshan, Tiongkok. Terlebih lagi, PBSI sudah mematok target tinggi di ajang ini.

"Target kami adalah meloloskan kedua tim ini dengan posisi terbaik. Kami juga sudah menyiapkan pelatihan khusus," kata CdM Piala Thomas dan Uber, Ahmad Budiarto di Pelatnas Cipayung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya