Menunggu Debut Rio Haryanto di F1

Rio menjadi pembalap Indonesia pertama yang sukses menembus F1.

oleh Jonathan Pandapotan Purba diperbarui 18 Mar 2016, 12:10 WIB
Diterbitkan 18 Mar 2016, 12:10 WIB
Rio Haryanto (Formula1.com)
Rio Haryanto (Formula1.com)

Liputan6.com, Melbourne - Pembalap Indonesia Rio Haryanto akan melakoni debut di Formula 1, Minggu (20/3/2016). Publik Indonesia sangat menantikan bagaimana debut putra Tanah Air tersebut.

Baca Juga

  • 5 Fakta Kemenangan Muenchen Vs Juventus: Guardiola Superior
  • Barcelona Vs Arsenal: Blaugrana Catat Rekor Baru
  • Ekspresi Rossi Satu Ruangan dengan Marquez di Qatar

Rio menjadi pembalap Indonesia pertama yang sukses menembus F1. Ia juga menjadi satu-satunya wakil Asia di F1 tahun ini.

Berkat dukungan pemerintah dan rakyat Indonesia, pembalap 23 tahun itu akhirnya berhasil mengamankan satu kursi F1 bersama Manor Racing.

"Ada dukungan yang luar biasa ketika saya kembali ke Indonesia kemarin. Bisa bertarung di F1 adalah hal yang besar dan saya sangat bangga," kata Rio seperti dilansir Supersport.

"Terjun di F1 merupakan mimpi saya sejak lama, jadi saya menikmati setiap menit di sini. Dukungan dari fans sangat berarti dan saya ingin melibatkan mereka dalam setiap langkah saya," ujar Rio.
Rio Haryanto dan rekan setimnya, Pascal Wehrlein, mengendarai mobil MRT05 saat latihan bebas pertama F1 GP Australia di Sirkuit Albert Park, Australia, Jumat (18/3/2016). (Reuters/Jason Reed)
Sebagai pembalap debutan, Rio tidak berani memasang target terlalu muluk. Apalagi adaptasinya dengan mobil terbaru Manor, MRT05 relatif singkat.

"Saya baru di F1, jadi banyak hal yang harus saya pelajari secepat mungkin. Saya juga ingin membangun hubungan baik dengan tim, kita tunggu saja di balapan nanti," kata Rio antusias.
Rio Haryanto2 - AFP - JOSEP LAGO
Rio sebelumnya sudah menjalani tes pramusim bersama Manor di Barcelona. Hasilnya, ia melahap 228 lap selama pramusim di Sirkuit Catalunya.

Selama empat hari menjalani tes pramusim Rio tidak tampil maksimal. Selain kerusakan pada mobil, ia juga sempat mengalami dua kali insiden yang mengakibatkan mobilnya keluar lintasan.

"Kami latihan memang cuma empat hari. Namun dari empat hari itu kami berlatih segalanya, single lap, simulasi balap, simulasi kualifikasi, latihan start dan berhenti, beberapa prosedur balap lainnya," ujar Rio dalam laman Facebook Manor Racing.

"Tentu saja sebenarnya dibutuhkan waktu yang lebih panjang untuk persiapan. Tapi saya sudah siap," katanya menambahkan.
Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, mengalami insiden saat menjalani sesi latihan bebas pertama F1 GP Australia, Jumat (18/3/2016). Rio sempat masuk ke gravel sepuluh menit sebelum sesi latihan berakhir. (AFP/Paul Crock)
Pembalap asal Solo itu juga menegaskan tidak terkendala masalah fisik jelang balapan akhir pekan nanti. Meski ia harus mampir dulu ke Indonesia untuk menjalani sejumlah acara dengan media, sponsor, dan juga media.

"Saya masih punya banyak agenda namun sudah diatur di sela-sela jadwal latihan saya. Tentu saya tidak akan mengeluh karena menjadi pembalap F1 merupakan mimpi sejak lama," ujar Rio.
Rio Haryanto (Formula1.com)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya